Biografi Seniman ( Ni Nyoman Catri )

This post was written by pandejuniawan on November 7, 2012
Posted Under: Tak Berkategori

NAMA: I NYOMAN CATRI

UMUR: 49th

ALAMAT: BR.SILADAN,DS.SIANGAN,GIANYAR

PEKERJAAN: PENJAHIT PAKAIAN TARI

 

Beliau adalah sosok seniman alam yang dimana beliau adalah pencipta tari-tarian pendet sakral di desa Siangan,tari Pendet yang diciptakan beliau sering dipentaskan dalam acara odalan dipura tepatnya pada saat ngaturan piodalan. Beliau pada saat ini sudah banyak menciptakan tari Pendet di desa Siangan kurang lebih tujuh hasil karya yang di ciptakan beliau di desa Siangan. Pendet yang diciptakan beliau yaitu,

Pendet kuning(1981)

            Pendet bang(1981)

            Pendet brahma(1984)

Pendet rerajang(1984)

            Rerajangan ayu(1984)

            Ayu alit(1988)

            Brahmantya(1990)

Menurut pertanyaan yang saja ajukan terhadap beliau,beliau mengatakan bahwa setiap beliau menciptakan tari tersebut bukan dari asal-asalan,melainkan karna ada sesosok wanita yang mendatangi beliau dalam mimpi untuk membuat tari yang harus di sakralkan.

Beliau adalah siswa tamatan sekolah dasar di desa Siangan pada tahun 1976,beliau hanya bisa bersekolah hanya sampai sekolah dasar saja,karna pada saat itu pendidikan sangat sulit didapatkan.

Beliau mulai belajar menari pada umur empat tahun karena dorongan dari teman-teman dan ibu beliau Ni Made Lokek(alm),pada saat itu beliau belajar menari dengan seorang senior tari dari desa beliau yang bernama I Made Sukra(alm).hingga sekarang beliau masih aktif dalam bidang seni,kususnya seni tari di desa tersebut.

Hidup beliau sekarang sudah di damping oleh sosok seorang lelaki dan di anugerahi dua orang anak laki-laki dan perempuan,

Nama suamai: Pande WayanSsutedja

            Nama anak laki-laki: I Kadek Pande Juniawan

            Nama anak perempuan: Ni Putu Pande Parieni

Hasil karya beliau sampai sekarang masih dipakai atau ditarikan pada saat upacara piodalan di pura di desa Siangan. Beliau adalah inspirasi saya dalam bidang seni dan dalam bidang pekerjaan di dunia ini.

Harapan beliau untuk kedepannya,beliau berharap banyak seniman yang melestarikan tari-tari kuno yang bisa menjadi cirikhas kesenian di Bali ini.

Comments are closed.