Subscribe via RSS

Sedikit tentang Semiotika

By Wahyu Dwikusuma

Semiotik/Semiologi: Berasal dari bahasa Yunani → Semeion,  yang artinya “Tanda”

Jadi, Semiotika artinya adalah ilmu yang mempelajari sistem tanda (Bahasa, Kode, Sinyal)

 

Menurut Charles Sanders Pierce,
seorang filsuf Jerman, ada tiga jenis tanda dalam semiotika, yaitu:

  • Ikon
  • Indeks
  • Simbol

 

IKON

Tanda yang menggambarkan kemiripan dengan suatu objek/benda yang diwakilinya

Contoh:

 Picture2Peta dan Wilayah Geografisnya

 

Picture3Lukisan dengan gagasannya

 

Picture1Foto dengan obyeknya

 

 

INDEKS

Tanda yang memiliki hubungan sebab akibat, indikasi dengan sesuatu yang diwakilinya

Contoh:

Picture5

 Matahari Terbenam dengan Sore Hari

Picture4

Mendung dengan akan turun Hujan

 

Picture6

 Tertawa dengan Senang

 

SIMBOL

  • Suatu Tanda yang ditentukan oleh suatu aturan yang berlaku umum, kesepakatan bersama atau konvensi
  • Simboljugamelambangkan ide abstrak

Contoh:

Picture10Simbol peringatan anti pembajakan

 

 

 

Picture9

Simbol Majalah playboy

Picture8

Simbol Negara Indonesia

 

 

Picture7

Simbol Institut Seni Indonesia Denpasar

 

 

 

 

Intinya….

  • Semiotik tidak mengajarkan bagaimana mendesain.
  • Dalam proses desain, Semiotika berfungsi evaluatif (setelah ada produk atau bendanya).
  • Desainer memerlukan pengetahuan Semiotika untuk melihat dan membahas desain menggunakan parameter filosofis.

 

Naaaahhh…

Sekarang coba kita praktekin di desain yang baru-baru ini dibuat….

 

TATA MOTOR PRESENTS

tata_pixel

Desain Iklan Mobil terbaru dari Tata Motors bernama “Tata Pixel”

Desain Iklan Mobil Tata Pixel yang dapat dikaji dari teori Semiotika. Dimana semiotika adalah ilmu tentang tanda, mengkaji dan meneliti iklan berdasarkan tanda-tanda yang terdapat dalam iklan tersebut. Tanda menurut Charles Sander ‘s Pierce ada tiga, diantaranya :

  1. Ikon
    Ikon adalah sesuatu yang melaksanakan fungsi sebagai penanda yang serupa dengan bentuk obyeknya (terlihat pada gambar/foto/lukisan). Dalam Desain iklan Tata Pixel diatas, Ikon yang terlihat adalah gambar/foto mobil Tata Pixel yang terdapat di bagian kanan dengan disertai Headline disudut kanan atas “TATA PIXEL”.
  2. Indeks
    Indeks adalah sesuatu yang melaksanakan fungsi penanda sebagai penanda yang mengisyaratkan petandanya. Selanjutnya Indeks yang terdapat dalam desain iklan diatas adalah garis-garis silver yang terdapat pada bagian bawah ilustrasi mobil tersebut. Garis-garis ini mengindikasikan bahwa mobil ini dapat melaju dengan cepat.
  3. Simbol
    Simbol adalah sesuatu yang melaksanakan fungsi sebagai penanda yang oleh kaidah secara konvensi telah lazim digunakan dalam masyarakat. Simbol yang terdapat dalam desain iklan ini adalah lambing atau logo dari Tata Motors, yang terletak di pojok kiri atas bagian dari iklan. Logo ini adalah identitas dari Tata motors yang dapat dikenali masyarakat tanpa melihat wujud produk Tata Motors.

Okee.. Sekian dulu.. Sering-sering meninjau desain yaaaa teman-teman… Saya mau main dulu… Mwahahahaha..

Comments are closed.