Sedikit tentang Semiotika
By Wahyu DwikusumaSemiotik/Semiologi: Berasal dari bahasa Yunani → Semeion, yang artinya “Tanda”
Jadi, Semiotika artinya adalah ilmu yang mempelajari sistem tanda (Bahasa, Kode, Sinyal)
Menurut Charles Sanders Pierce,
seorang filsuf Jerman, ada tiga jenis tanda dalam semiotika, yaitu:
- Ikon
- Indeks
- Simbol
IKON
Tanda yang menggambarkan kemiripan dengan suatu objek/benda yang diwakilinya
Contoh:
|
|
INDEKS
Tanda yang memiliki hubungan sebab akibat, indikasi dengan sesuatu yang diwakilinya
Contoh:
Matahari Terbenam dengan Sore Hari |
Mendung dengan akan turun Hujan
Tertawa dengan Senang |
SIMBOL
- Suatu Tanda yang ditentukan oleh suatu aturan yang berlaku umum, kesepakatan bersama atau konvensi
- Simboljugamelambangkan ide abstrak
Contoh:
Simbol peringatan anti pembajakan
Simbol Majalah playboy |
Simbol Negara Indonesia
Simbol Institut Seni Indonesia Denpasar
|
Intinya….
- Semiotik tidak mengajarkan bagaimana mendesain.
- Dalam proses desain, Semiotika berfungsi evaluatif (setelah ada produk atau bendanya).
- Desainer memerlukan pengetahuan Semiotika untuk melihat dan membahas desain menggunakan parameter filosofis.
Naaaahhh…
Sekarang coba kita praktekin di desain yang baru-baru ini dibuat….
TATA MOTOR PRESENTS
Desain Iklan Mobil terbaru dari Tata Motors bernama “Tata Pixel”
Desain Iklan Mobil Tata Pixel yang dapat dikaji dari teori Semiotika. Dimana semiotika adalah ilmu tentang tanda, mengkaji dan meneliti iklan berdasarkan tanda-tanda yang terdapat dalam iklan tersebut. Tanda menurut Charles Sander ‘s Pierce ada tiga, diantaranya :
- Ikon
Ikon adalah sesuatu yang melaksanakan fungsi sebagai penanda yang serupa dengan bentuk obyeknya (terlihat pada gambar/foto/lukisan). Dalam Desain iklan Tata Pixel diatas, Ikon yang terlihat adalah gambar/foto mobil Tata Pixel yang terdapat di bagian kanan dengan disertai Headline disudut kanan atas “TATA PIXEL”. - Indeks
Indeks adalah sesuatu yang melaksanakan fungsi penanda sebagai penanda yang mengisyaratkan petandanya. Selanjutnya Indeks yang terdapat dalam desain iklan diatas adalah garis-garis silver yang terdapat pada bagian bawah ilustrasi mobil tersebut. Garis-garis ini mengindikasikan bahwa mobil ini dapat melaju dengan cepat. - Simbol
Simbol adalah sesuatu yang melaksanakan fungsi sebagai penanda yang oleh kaidah secara konvensi telah lazim digunakan dalam masyarakat. Simbol yang terdapat dalam desain iklan ini adalah lambing atau logo dari Tata Motors, yang terletak di pojok kiri atas bagian dari iklan. Logo ini adalah identitas dari Tata motors yang dapat dikenali masyarakat tanpa melihat wujud produk Tata Motors.
Okee.. Sekian dulu.. Sering-sering meninjau desain yaaaa teman-teman… Saya mau main dulu… Mwahahahaha..