Salah satu tokoh seni yang multi talenta di desa keramas

Desember 29th, 2011
by nyomansaskara

I Gusti Agung Wiyat S. Ardi atau sering di sapa dengan panggilan Gung Wiyat adalah salah satu dari beberapa tokoh-tokoh seniman asal desa keramas. Beliau lahir dan besar di Puri Anyar keramas gianyar pada tanggal 03 februari 1946. Beliau mulai berkeluarga pada tahun 1967. Beliau memiliki dua istri yang bernama A.A. Oka suadi dan A.A. Manik. Istri pertama berasal berasal dari puri anyar keramas, sedangkan istri ke dua berasal dari puri taman bali bangli. Istri pertama adalah seorang guru SD di desa keramas, dan istri kedua adalah seorang kepala sekolah di TK Negeri Internasional bangli. Dari pernikahan pertama, beliau di karuniai 3 orang anak, dan dari pernikahan ke dua beliau di karuniai seorang anak. Adapun nama-nama anak I Gusti Agung Wiyat S. Ardi  di antaranya bernama :

  • Anak pertama bernama I Gusti Agung Kimfajar Wiyati Oka
  • Anak kedua bernama I Gusti Agung Kasturi Wiyati Oka
  • Anak ketiga bernama I Gusti Agung Adistana Awiyata
  • Anak ke empat bernama I Gusti Agung GD Adi Laksmana Awiyata

Pada tahun 1965, beliau ikut di dalam klompok Drama yang cukup popular di Bali yaitu ‘Drama Gong Bali Dwipa’. Di dalam Drama Gong Bali Dwipa ini, beliau berperan sebagai Raja Bagaspati. Rja Bagaspati ini memiliki karakter antagonis. Beliau sangatlah piawai dalam memerankan karakter sebagai Raja Bagastati ini. Seiring berjalannya waktu, karena beliau ingin lebih memperdalam ilmu di bidang seni dan ingin menjadi seorang seniman yang professional, Beliau memulai pendidikan seninya di ASTI pada tahun 1972, dan lulus sebagai sarjana muda pada tahun 1977.

Di STSI beliau mengambil jurusan seni tari. Tapi beliau juga piawai dalam bermain gambelan, salah satunya beliau sangatlah piawai dalam memainkan instrument suling. Beliau adalah salah satu penari yang cukup dikenal pada masanya. Pada tahun 1989 beliau melanjutkan pendidikan di bidang agama hindu, dan lulus pada tahun 1997 dengan gelar sarjana agama hindu. Beliau juga adalah seorang penulis ternama. Hobby menulis ini sudah di geluti dari tahun 1965. Berbagai jenis penghargaanpun sudah pernah di raih  oleh beliau. Adapun beberapa tulisan dan penghargaan yang sudah pernah beliau peroleh, diantaranya adalah :

  1. Warsa 1965, ngawit ngripta “cerpen” mabhasa Indonesia, kaunggahang ring BALI POST, puisi-puisi taler wenten kamuat ring Majalah KARTINI Jakarta.
  2. Warsa 1989, molihang juara 1 penulis “cerpen” mabhasa Bali mamurdha TOH, sinarengan molihang juara 1 penulis “puisi” mabhasa bali mamurda SIBAK PETENGE MANADI GALANG.
  3. Warsa 1991, juara II penulis penulis “cerpen” mamurda KAMBEN POLENG MAURAB GETIH, sinarengan molihang juara harapan “cerpen” mamuerdha AAS.
  4. Warsa 1995, juara II ngripta “cerpen” mamurdha ACINTYA
  5. Warsa 1997, juara I ngripta “cerpen” mamurdha BOGOLAN
  6. Warsa 1999, Penulis Terbaik Naskah Drama Gong mamurdha GUSTI AYU KLATIR
  7. Warsa 2000, polih anugrah WIJA KESUMA saking pemerintah kabupaten Gianyar
  8. Warsa 2001, polih penghagaan GANCAGE saking Yayasan Rancage Badung risampune nerbitang lan ngwedarang buku mamurdha GENDING GIRANG SISI PAKERISAN
  9. Warsa 2001, ngripta buku mamurdha KIDUNG GURIT KSATRIYA MARUTI, marupa satua babad matembang Sekar Alit. Ping tiga molihang juara III, apisan juara harapan menulis lagu pop mabhasa Bali ring Pesta Kesenian Bali
  10. Warsa 2002, nerbitang mimah ngewedarang pupulan ‘sandiwara’ mabhasa Bali mamurda BOGOLAN. Sandiwara sane mamurda Bogolan sampun naenin kasolahang ring KSHIRARNAWA sareng Theater PALGUNA , asapunika taler ‘sandiwara’ sane mamurda MANDOR BAWAK, sampun naenin kasolahang TVRI Denpasar, taler sareng Theater PALGUNA
  11. Warse 2004, nyalin lan negesin PRASNIKA PARWA lan SWARGA ROHANA PARWA ngangge aksare Bali
  12. Warsa 2004, nyalin miwah negesin KAPI PARWA lan TANTRI KAMANDAKA (palawakya), ngangge aksara Bali
  13. Warsa 2004, ngripta miwah nerbitang ‘novel’ mabhasa Bali mamurda BUKIT BUUNG BUKIT MENTIK
  14. Warsa 2006, nyalin miwah negesin WIRATA PARWA ngangge aksara Bali
  15. Warsa 2008, nyali lan negesin UTARA Kanda NGANGGE Aksara Bali
  16. Warsa 2009, ngripta lan nerbitang ‘antologi cerpen’ mabhasa Bali mamurdha DA NAKONANG ADAN TIANGE. (molihang RANCAGE 2010)

Demikian beberapa penghargaan yang sudah pernah di raih oleh I Gusti Agung Wiyat S. Ardi dari tahun 1965-2009. Beliau juga pernah menjabat sebagai Kepala SPG Saraswati Gianyar dari tahun 1989-1991, dan juga pernah menjabat sebagai Kepala SMA Saraswati Gianyar dari tahun 1993-1997. Dan sekarang  Beliau juga adalah seorang guru Bahasa Inggris di SMK Saraswati Gianyar.

Posted in Lainnya | Comments (55)

  • gay voice chat berkata:

    gay chat rooms free in illinois https://newgaychat.com/