Produk Desainer Interior

Oleh I Kadek Dwi Noorwatha

Produk adalah salah satu yang ditawarkan oleh desainer interior yang bernilai ekonomis. Seorang konsultan desain interior menawarkan jasa dan pengetahuannya dalam bidang desain interior yang memecahkan masalah dalam eksisting dan harapan klien. Bentuk fisiknya berupa dokumen proyek interior. Seorang kontraktor menawarkan jasa untuk mengerjakan secara fisikal sebuah interior atau elemennya sehingga terbangun dan dapat dihuni oleh civitas penggunanya. Produk akhirnya adalah interior yang terbangun. Menurut (Grimley dan Love, 2007: 22) untuk dapat memahami produk desainer interior harus memahami dulu setiap fase standar dari proses desain. Karena design fee dapat ditentukan dari capaian setiap fase dari proses desain interior tersebut seperti yang tampak pada tabel 1.

Tabel 1. Fase dari Proses Desain

Sumber: Grimley dan Love, 2007: 22

Fase standard tersebut dijadikan dasar bagi desainer untuk menentukan fee design, jadi setiap fase yang telah mampu diselesaikan dijadikan dasar untuk penentuan nominal pengupahan. Untuk memahami jenis pengupahan desainer interior Indonesia menurut HDII dapat dilihat di artikel sebelumnya.

REFERENSI

Image Source: envato.com

Grimley, Chris dan Love, Mimi, 2007, The Interior Design Refference + Spesification Book, Massachussets: Rockport Publishing



Leave a Reply