header image

Dharma & Karma…

Posted by: noc-isi | November 11, 2011 | 332 Comments |

Mari berbicara tentang Dharma dan Karma…

 

Ok….Kita mulai dengan mengambil sebotol coca cola dingin…

dan mulailah mencari tempat yg nyaman.

 

Baiklah…Kita mulai dengan Karma :

Karma..

 

Karma adalah apa yg anda rasakan ketika anda meneguk coca cola..

anda minum coca cola, dan tentu saja rasa coca cola yg anda rasakan…

……………………..

 

Dan sekarang Dharma….

Dharma….

 

anda minum coca cola dingin saat cuaca panas seperti ini ??

Tidak suka coca cola? carilah minuman lain yg anda sukai….

Kata mudah yang bisa mengartikan apa itu dharma adalah..

“enjoy your life !”

 

Dharma & Karma adalah kehidupan itu sendiri…..

 

Maaf..coca cola saya sudah habis..

lain kali saja.

under: Hang Blank

test tags

Posted by: noc-isi | April 22, 2010 | 55 Comments |

test tag

under: System Log
Tags:

Test Remote Update

Posted by: noc-isi | April 18, 2010 | 1 Comment |

Test Remote from WP 4 BB

under: Coding
Tags:

Kesepian Kita

Posted by: noc-isi | April 11, 2010 | 166 Comments |

Ingatkah kawan kita pernah saling memimpikan?
Berlari-lari ‘tuk wujudkan kenyataan
Lewati, segala keterasingan
Lalui jalan sempit yang tak pernah bertuan

Ingatkah kawan kita pernah berpeluh cacian
Digerayangi dan digeliati kesepian
Walaupun, sejenak nafas dari beban
‘Tuk lewati ruang gelap yang teramat dalam
Hidup ini, hanya kepingan, yang terasing dilautan
Memaksa kita, memendam kepedihan

Tapi kita juga pernah duduk bermahkota
Pucuk-pucuk mimpi yang berubah jadi nyata
Dicumbui, harumnya putik-putik bunga
Putik Impian yang membawa kita lupa
Hidup ini, hanya kepingan, yang terasing dilautan
Memaksa kita, merubah jadi tawa

under: Hang Blank
What if I fell to the floor Couldn’t take all this anymore.
What would you do?
What if I wanted to fight, Beg for the rest of my life
What would you do?
You say you aren’t wanted me, You say you aren’t needed me anymore,
What are you waiting for?
say it !
I’m not running from you
I tried to be someone else,
But nothing seemed to change. I know now, this is who I really am inside.
Finally found myself, Fighting for a chance.
I know now, this is who I really am.
Come break me down. I am finished with you.
Look in my eyes, You’re killing me.
All I wanted was you.
Come break me down
bury me !
under: Hang Blank

dan perbedaan…

Posted by: noc-isi | April 10, 2010 | 1 Comment |

Saat kau MENYUKAI seseorang, kau ingin memilikinya untuk keegoisanmu sendiri.

Saat kau MENYAYANGI seseorang, kau ingin sekali membuatnya bahagia dan bukan untuk dirimu sendiri.

Saat kau MENCINTAI seseorang, kau akan melakukan apapun untuk kebahagiaannya walaupun kau harus mengorbankan jiwamu.

Saat kau MENYUKAI seseorang dan berada di sisinya maka kau akan bertanya,”Bolehkah aku menciummu?”

Saat kau MENYAYANGI seseorang dan berada di sisinya maka kau akan bertanya,”Bolehkah aku memelukmu?”

Saat kau MENCINTAI seseorang dan berada di sisinya maka kau akan menggenggam erat tangannya…

SUKA adalah saat ia menangis, kau akan berkata “Sudahlah, jangan menangis.”

SAYANG adalah saat ia menangis dan kau akan menangis bersamanya.

CINTA adalah saat ia menangis dan kau akan membiarkannya menangis di pundakmu sambil berkata, “Mari kita selesaikan masalah ini bersama-sama.”

SUKA adalah saat kau melihatnya kau akan berkata, “Ia sangat cantik dan menawan.”

SAYANG adalah saat kau melihatnya kau akan melihatnya dari hatimu dan bukan matamu.

CINTA adalah saat kau melihatnya kau akan berkata, “Buatku dia adalah anugerah terindah yang pernah Tuhan berikan padaku..”

Pada saat orang yang kau SUKAi menyakitimu, maka kau akan marah dan tak mau lagi bicara padanya.

Pada saat orang yang kau SAYANGi menyakitimu, engkau akan menangis untuknya.

Pada saat orang yang kau CINTAi menyakitimu, kau akan berkata, Tak apa dia hanya tak tau apa yang dia lakukan.”

Pada saat kau SUKA padanya, kau akan MEMAKSANYA untuk menyukaimu.

Pada saat kau SAYANG padanya, kau akan MEMBIARKANNYA MEMILIH.

Pada saat kau CINTA padanya, kau akan selalu MENANTINYA dengan setia dan tulus…

SUKA adalah kau akan menemaninya bila itu menguntungkan.

SAYANG adalah kau akan menemaninya di saat dia membutuhkan.

CINTA adalah kau akan menemaninya di saat bagaimana keadaanmu.

SUKA adalah hal yang menuntut.

SAYANG adalah hal memberi dan menerima.

CINTA adalah hal yang memberi dengan rela.

under: Hang Blank

MP3 Upload

Saat Saat Menyebalkan.mp3 [Tipe-X]

18 – Yume no Tsubasa

Armin Van Buuren

Photo Gallery

under: System Log

Sistem Informasi, Sebuah Analogi..

Posted by: admin | February 4, 2010 | 68 Comments |

Sebuah analogi dimulai di sebuah universitas yang menjalankan Sistem Informasi (SI) terpusat & terpadu.

Dengan mengunakan SI, management menjadi begitu sederhana bahkan tidak perlu Les KUMON untuk mengerti

sesimple A+B+C=D

Sistem Informasi (SI)             : Sudah waktunya teman, kita buat laporan bulanan..
Operator (OP)A                       : Siap ! Tik..Tik Beep (Memasukkan Data)
Operator (OP)B                       : Siap ! saya sudah melakukannya minggu kedua segera setelah data diterima.
Operator (OP)C                       : Siap ! Tik..Tik Beep (Memasukkan Data)
Sistem Informasi (SI)             : OK, saya akan menferifikasi data anda… +1 point untuk OPB data sudah terferifikasi sesaat setelah anda memasukkan data.
Sistem Informasi (SI)             : Tik.. Tik..Beep.. (calculating data)
Sistem Informasi (SI)             : OK, data telah terferifikasi.. +1 point untuk OPA dan OPC. Data lain juga telah kami simpan.. OPA memasukkan data jam 11 hari ini, OPB jam 17 2 minggu lalu, OPC memasukkan data jam 12 hari ini…. +1 point lembur untuk OPB.
Sistem Informasi (SI)             : (EMAIL) Laporan kepada pengambil keputusan: Laporan bulan ini telah selesai dan terferifikasi. Data kinerja adalah sebagai berikut: OPA memasukkan data jam 11 hari ini, OPB jam 17 2 minggu lalu, OPC memasukkan data jam 12 hari ini. Perubahan slip gaji sudah dilakukan, OPB mendapat tambahan uang lembur.
Pengambil Keputusan (PK)     : (Reply) Terima Kasih, Laporan telah diterima, akan kami convert dengan system pelaporan pusat. Untuk gaji Operator OPA,OPB,OPC +lembur OPB kami approve.

So simple..??…. wait…. Itu belum semuanya…..

Ditempat yang sama…. Bulan sesudahnya….

Sistem Informasi (SI)             : Sudah waktunya teman, kita buat laporan bulanan..

Operator (OP)A                       : Siap ! Tik..Tik Beep (Memasukkan Data)
Operator (OP)B                       : Siap ! Tik..Tik Beep (Memasukkan Data)
Operator (OP)C                       : ……
Sistem Informasi (SI)             : OK, saya akan menunggu data anda… sambil mecoba menunggu kontak dari OPC. Data anda akan kami proses setelah menunggu data dari OPC pada batas akhir waktu entry data..
Sistem Informasi (SI)             : OPC .are you there ??… kami menunggu data anda…
Operator (OP)C                       : ……
Sistem Informasi (SI)             : OPC, kami akan terus mengontak anda dengan 3x sequence berulang sampai batas akhir pengumpulan data…. Peringatan 1 sent !
…..
Sistem Informasi (SI)             : OPC .are you there ??… kami menunggu data anda…
Operator (OP)C                       : ……
Sistem Informasi (SI)             : OPC, kami akan terus mengontak anda dengan 3x sequence berulang sampai batas akhir pengumpulan data…. Peringatan 2 sent !
……
Sistem Informasi (SI)             : OPC .are you there ??… kami menunggu data anda…
Operator (OP)C                       : Belum selesai bos.. maaf!
Sistem Informasi (SI)             :OK!  OPC, Batas waktu telah berakhir 3x sequence sampai pada batas akhir pengumpulan data…. Peringatan 3 sent !
Operator (OP)C                       : maaf!
Sistem Informasi (SI)             : OK, batas pengumpulan data telah berakhir.. data belum lengkap, kami akan melakukan prosedur untuk mndapatkan nilai D dengan menggunakan aturan, data dokumentasi sebelumnya, dan berbagai prosedur tambahan pengujian data.
Data tersebut akan kami kalkulasi untuk mendapatkan nilai C, sampai data valid C masuk ke database kami.
Sistem Informasi (SI)             : Tik.. Tik..Beep.. (calculating data)

Sistem Informasi (SI)             : OK, Perkiraan data C telah didapatkan, dengan menggunakan perediksi data D. kami akan memferifikasi ulang sampai data C masuk dalam database kami.
+1 point untuk OPA dan OPB, -1 point untuk OPC  Data lain juga telah kami simpan.. OPA memasukkan data jam 11 3 hari yg lalu, OPB jam 12 3 hari yg lalu, OPC  belum memasukkan data setelah 3 kali peringatan terlampaui.

Sistem Informasi (SI)             : (EMAIL) Laporan kepada pengambil keputusan: Laporan (sementara) bulan ini telah selesai dan terferifikasi,  data ini dianggap valid sampai data C masuk ke database kami.
Data kinerja adalah sebagai berikut: OPA memasukkan data jam 11 3 hari yg lalu, OPB jam 12  3 hari yg lalu, OPC  Tidak memasukkan data dalam 3x peringatan.

Pengambil Keputusan (PK)     : (Reply) Terima Kasih, Laporan telah diterima, akan kami convert dengan system pelaporan pusat. Untuk gaji Operator + SP1 bagi OPC kami approve.

Di universitas lain… tanpa Sistem Informasi….

Hari terakhir sebelum bulan baru….

Pengambil Keputusan (PK)     : Besok akan ada pemeriksaan!  kita harus bikin laporan !
Operator (OP)A                       : Aduh mesti begadang nih,… data ini mana ya ?
Operator (OP)B                       : Aduh kayaknya bakalan lembur,… data itu mana ya ?
Operator (OP)C                       : Untung saya sudah kumpulkan data dan buat laporan… tapi softcopynya ilang.. mesti ketik lagi
Pengambil Keputusan (PK)     : OK, saya tunggu datanya… tolong diselesaikan sebelum jam 17 soalnya saya mesti verifikasi lagi. Tenang ada uang lemburnya.
OPA, OPB, OPC                       : Siap!

Jam 17:30 kemudian…

OPA, OPB, OPC                       : Data A sudah selesai pak!  saya copy laporan bulan lalu, data B ngak ketemu datanya pak.. entah nyelip dimana masalahnya yang kemarin bukan saya yang buat, Data C siap! .. saya tinggal ketik ulang aja kok !
Pengambil Keputusan (PK)     : Aduh bagaimana ini?, Kalau begitu gunakan Data bulan lalu saja…
OPA, OPB, OPC                       : Bulan lalu bukan kami yang mengerjakan…
Pengambil Keputusan (PK)     : Itu gampang saya punya prinan laporannya.  kalian tinggal ketik ulang saja… saya tunggu besok pagi..
OPA, OPB, OPC                       : !@#$%^&*()……..

Keesokan hari setelah habis makan siang dengan pemeriksa dan sehabis jalan jalan di pusat oleh oleh…….

OPA, OPB, OPC                       : Bagaimana laporannya ?
Pengambil Keputusan (PK)     : Aman!..

OPA, OPB, OPC                       : sukurlah…. Terus lemburan kami?….
Pengambil Keputusan (PK)     : Belum ada dananya!..

OPA, OPB, OPC                       : !@#$%^&*()……..

Bulan depan setelah kejadian itu….

Pengambil Keputusan (PK)     : Besok akan ada pemeriksaan lagi!  kita harus bikin laporan !
Operator (OP)A                       : Okelah kalo begitu ! (logat tegal)
Operator (OP)B                       : Okelah kalo begitu ! (Logat bali kental)
Operator (OP)C                       : Besok saya ada upacara adat pak…..
Pengambil Keputusan (PK)     : OK saya tidak mau tau, saya tunggu datanya… tolong diselesaikan sebelum jam 17 soalnya saya mesti verifikasi lagi. Tenang ada uang lemburnya.
OPA, OPB, OPC                       : OKELAH KALO BEGITUUUU !!

Jam 17:30 kemudian…

OPA, OPB, OPC                       : ZzzZZZzzzzzZZZ (Dirumah Masing Masing)
Pengambil Keputusan (PK)     : Aduh bagaimana ini?, Kalau begitu saya gunakan Data bulan lalu saja…
OPA, OPB, OPC                       : ZzzZZZzzzzzZZZ (Dirumah Masing Masing)
Pengambil Keputusan (PK)     : Itu gampang saya punya laporannya bulan lalu. Tinggal belikan baju barong, kacang asin rahayu, baju Joger dan makan malam di Kedonganan.
OPA, OPB, OPC                       : ZzzZZZzzzzzZZZ (Dirumah Masing Masing)…. Grookkk kizzsssssssss….

Keesokan hari ………

Pemeriksa                               : !@#$%^&*()_+qwertyuiop[]asdfghjkl;’zxcvbnm,.QWERTYUIOP{}|ASDFGHJKL:”ZXCVBNM<>?
Pengambil Keputusan (PK)     : Maaf pak………
Pemeriksa                               : Anda semua di pindahkan menjaga gong dan lukisan !!!!!

OPA, OPB, OPC, Pengambil Keputusan (PK) : OKELAH KALO BEGITUUUU !!!!!!

under: Error Codes
Tags:
bagian kedua dari beberapa coretan

Sistem Informasi yang digunakan ISI Denpasar mengunakan metode terpusat yang dikemas dengan memamfaatkan teknologi yang sedang menjadi trend dewasa ini yaitu teknologi berbasis web.

Sistem informasi tersebut dikemas sedemikian rupa bersama dengan layanan lainnya sehingga penguna system informasi tidak akan merasa terbebani dengan system ini karena merupakan bagian dari pekerjaan atau tugas utama dari pengguna.

system informasi ISI Denpasar tebagi menjadi 4 bagian yaitu

1. PENGGUNA/OPERATOR

Pengguna/operator adalah orang yang berinteraksi langsung dengan system tersebut yaitu pegawai, dosen dan mahasiswa, serta  pengguna layanan yang dapat berfungsi sebagai pengawasan pada management ISI Denpasar yaitu Masyarakat umum, dan stakeholder.

Pengguna sistem informasi ISI Denpasar.

  1. PEGAWAI
  2. DOSEN
  3. MAHASISWA
  4. MASYARAKAT & STAKEHOLDER

2. INTERAKSI

Interaksi Sistem Informasi ISI Denpasar terdiri dari : Input, User Interface dari system aplikasi, imput hardware seperti cctv, card reader, finger print, dll. Interaksi lainnya dari proses pengumpulan data juga didapat dari proses interaksi tanpa bantuan campur tangan manusia seperti interaksi antar sub bagian system informasi yaitu antara system system informasi yang ada dan aplikasi layanan penunjang lainnya.

Yang menjadi bagian terpenting dari kekhususan Sistem Informasi di ISI Denpasar adalah keterpaduan antara system system informasi yang ada dengan layanan penunjang lainnya seperti web, email, chating service. Sistem Informasi ISI Denpasar memadukan layanan yang sudah umum di internet dengan system aplikasi sehingga pada level pengguna tidak akan merasa terbebani dengan system baru dimana diharapkan meningkatkan pemamfaatan Sistem Informasi pada kinerja manajemen secara keseluruhan. Contoh paling trend saat ini adalah penggunan jejaring social yaitu facebook sebagai sarana menyapaikan pengumuman dengan sinkronisasi otomatis pada web resmi ISI Denpasar. Contoh lainnya adalah ketika dosen dan mahasiswa melakukan aktifitas pembelajaran melalui portal akademik yang menyediakan fasilitas virtual class. Disini proses interaksi yang terjadi akan di loging oleh sistem yang kemudian dicatat sebagai presence daftar hadir pada proses belajar mengajar.

3. PROSES

Dalam Sistem Informasi ISI Denpasar proses/prosesing adalah kegiatan atau aktifitas yang terjadi dalam sistem informasi baik dalam pengumpulan data, pengolahan, penyimpanan, pencarian kembali dan lain lain.

Sistem Informasi ISI Denpasar mencatan /meloging segala bentuk interaksi antar pengguna, antar sub sistem informasi, atau antar pengguna dan system itu sendiri untuk digunakan sebagai sumber data dalam penentuan urutan (charting) untuk kemudian data tersebut digunakan sebagai acuan dalam pengambilan keputusan. Contoh aktifitas ini adalah pada penentuan pemberian lembur pada pegawai atau dosen. Dimana system akan mencatat waktu masuk dan keluar serta apa saja yang dikerjakan. Berbekal data tersebut system secara otomatis melakukan pengurutan pada data tersebut berdasarkan parameter yang ditentukan.

4. PENAMPIL

Sistem Informasi ISI Denpasar yang diharapkan dapat sebagai tulang punggung manajemen pengelolaan kampus, memberikan titik berat pada proses penampil. Proses penampil ini sangat panting bagi system informasi ini karena berbagai data dokumentasi dari berbagai kegiatan yang dilakukan di ISI Denpasar adalah berupa karya. Semakin banyak data yang dapat dikumpulkan pada proses interaksi pada system ini akan menjadi tolak ukur bagi kinerja civitas bahkan dapat digunakan sebagai barometer perkembangan seni itu sendiri.

Proses penampil pada Sistem ISI Denpasar memiliki perbedaan yang signifikan dari universitas lainnya. Kebutuhan akan penyimpanan yang sangat besar dan keragaman jenis data yang disimpan mempunyai tantangan tersendiri dari konsep penyusunan system informasi itu sendiri. Selain data yang berguna bagi system belajar mengajar di universitas, pemamfaatan kembali (reuseable), data tersebut juga memiliki nilai jual yang tinggi, sehingga pengamanan data penyimpanan yang berhubungan dengan hak kekayaan intelektual menjadi isu tersendiri bagi konsep pembentukan dan pengembangan Sistem Informasi ISI Denpasar.

Proses penampil Sistem informasi ISI Denpasar juga berusaha menyediakan data yang siap di alihkan ke system yang dijalankan oleh Pemerintah dalam hal ini DEPDIKNAS  seperti: EPSBED, SIMKEU, Pengelolaan Aset, termasuk pula procurement bagi proses pelelangan Negara dan lain lain. Selain itu Sistem Informasi ISI Denpasar juga menampilkan berbagai laporan yang berguna bagi pengawasan kinerja, internal dan pengambilan keputusan. Baik bagi eksekutif, managerial, stakeholder bahkan masyarakat umum sesuai dengan Tri Dharma perguruan tinggi.

Dalam penyusunan, penerapan dan pengembangan Sistem Informasi ISI Denpasar, system informasi bergantung pada infrastruktur yang menjadi dasar dari pembentukan, penerapan dan pengembangan Sistem Informasi yang disesuaikan dengan keadaan dan kekhususan ISI Denpasar sebagai universitas seni dan disesuaikan dengan budaya, etos kerja dan pola pikir serta kecendrungan yang ada.

Bersambung……
under: Coding
Tags:

Sistem Informasi ISI Denpasar

Posted by: noc-isi | February 3, 2010 | 56 Comments |
Bagian pertama dari beberapa coretan…

Institut Seni Indonesia Denpasar (ISI Denpasar) sebagai salah satu Universitas seni merupakan bagian strategis bagi perkembangan pendidikan khususnya seni di Indonesia. Kekhususan pada bidang seni terutama seni bali, merupakan salah satu asset strategis bagi seni Indonesia bahkan dunia.

ISI Denpasar mempunyai tanggung jawab untuk melestarikan, mengembangkan, dan meningkatkan mutu seni, serta nilai- nilai budaya bangsa Indonesia. Institut Seni Indonesia Denpasar meyakini seni dapat berfungsi menjaga keseimbangan hidup dan memperkokoh jati diri untuk menghadapi dampak globalisasi yang semata – mata berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi

Dalam rangka menjawab tantangan tersebut, universitas telah mencanangkan visi, misi dan sasaran jangka panjang yang dituangkan dalam sebuah dokumen Rencana Strategis ISI Denpasar. Untuk mendukung visi universitas menjadi universitas kelas dunia dibutuhkan dukungan suatu sistem yang dapat mengintegrasikan keseluruhan sistem yang telah dan akan dikembangkan dimasa mendatang.

ISI Denpasar melalui Puskom Membangun sebuah sistem informasi terpusat dan terpadu yang mampu mengakomodir keseluruhan fungsi yang ada di universitas yang memiliki struktur organisasi yang kompleks serta jumlah stakeholder yang besar, baik dari sisi pengelola maupun pelanggan, dimana kondisi setiap unit berbeda-beda dengan berbagai proses bisnis yang beragam menuntut adanya pengelolaan dan pengembangan yang spesifik untuk masing-masing kepentingan. Pengembangan dan implementasi teknologi informasi dan komunikasi yang memungkinkan akses informasi universitas dari mana saja, kapan saja serta dengan ragam piranti akses yang senantiasi berkembang dengan cepat berimplikasi munculnya tatanan baru dengan nilai, tradisi dan budaya yang berbeda dengan tatanan tradisional.

Sistem Informasi yang dikembangkan ISI denpasar adalah suatu sistem informasi (SI) atau information system (IS) yang merupakan aransemen dari orang, data, proses-proses, dan antar-muka yang berinteraksi mendukung dan memperbaiki beberapa operasi sehari-hari dalam suatu bisnis termasuk mendukung memecahkan soal dan kebutuhan pembuat-keputusan manejemen dan para pengguna

Sistem Informasi ISI Denpasar tersusun dari sekumpulan hardware, software, brainware, prosedur dan atau aturan yang diorganisasikan secara integral untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat guna memecahkan masalah dan pengambilan keputusan.

Dalam penerapannya Sistem Informasi ISI Denpasar mengalami kendala yang fundamental selain kendala lain yang biasa ditemukan di berbagai penerapan Sistem Informasi yaitu budaya tradisional yang melekat pada seni itu sendiri. Pemamfaatan tik sangatlah sulit diterapkan pada level pengguna karena adanya anggapan dimana teknologi tidak dapat berjalan bersama dengan perkembangan seni. Bagi beberapa pihak penyerapan teknologi dalam bidang seni ditenggarai akan merusak kemurnian seni itu sendiri.

Masalah lain dalam penerapan TIK ditemukan pula dalam level management dan pengambil keputusan, dimana sulitnya merubah tradisi dan budaya kerja yang sudah berjalan sejak lama. Bagi sebagain pihak penerapan TIK khususnya SI dalam level managerial akan merusak tatanan budaya, etos kerja dan system pengambilan keputusan yang mengunakan system terpusat yang selama ini diterapkan dalam pengelolaan manajemen kampus. SI dianggap tidak cukup flexible untuk menjawab masalah yang ada pada tingkat management.

Dengan melihat berbagai masalah serta factor kekhsusan tersebut Sistem Informasi ISI Denpasar disusun berdasarkan 3 bagian utama yaitu interaksi, proses, dan penampil yang menjadi bagian dari proses utama sebuah system informasi, dimana akan terjadi Proses yang menjalankan fungsi mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk kepentingan tertentu.

BAGIAN UTAMA PENYUSUN SISTEM INFORMASI ISI DENPASAR

Bagian penyusun Sistem Informasi ISI Denpasar dibagi menjadi 3 bagian :

1. INTERAKSI

Interaksi pada sistem informasi adalah proses yang terjadi antara penguna dengan sistem, sistem dengan sistem dan penguna dengan pengguna. Pada proses inilah sistem akan melakukan proses pengumpulan data. Data yang dikumpulkan sistem pada proses ini akan digunakan sebagai salah satu pengukuran kinerja pada proses sistem informasi, yang akan menyediakan data lanjutan pada bagian lain sistem informasi yang akan digunakan sebagai sumber acuan pada proses sistem lainnya seperti contohnya pada sistem penentuan reward & punishment, kinerja secara keseluruhan, dan pelaporan.

Proses interaksi terjadi pada data yang human readable atau data yang dapat langsung digunakan oleh pengguna, data yang dapat langsung diproses oleh sistem tanpa memerlukan proses lebih lanjut serta data hasil proses layanan yang diinginkan oleh pengguna itu sendiri.

Proses interaksi terjadi secara interaktif dan berlangsung dua arah. Terdapat satu sisi sebagai peminta data dan sisi lainnya sebagai penyedia data. Peminta data dan penyedia data dapat bertukar posisi pada proses interktif tersebut secara langsung. Sebagai contoh ketika pengguna meminta data email kepada sistem, disini terjadi adalah pengguna sebagai peminta data sedangkan sistem sebagai penyedia data. Akan terjadi sebaliknya pada proses interaksi dimana pada proses selanjutnya sistem akan meminta username dan password pada pengguna untuk bisa mengakses layanan email, dimana pada proses ini pengguna adalah penyedia data sedangkan sistem adalah peminta data. Proses ini adalah proses yang paling sederhana dalam proses interaksi. Pada sistem informasi akan terdapat banyak proses yang kompleks dan berjalan bersamaan baik pada sistem dengan penguna atau pada sistem dengan bagian bagian pendukungnya seperti user interface, aplikasi, database, server layanan dan lain lain.

Interaksi pada system informasi dapat berupa :

  1. Mail/surat
  2. Dokumen
  3. Chat (percakapan)
  4. Web
  5. Aplikasi

2. PROSES

Proses adalah kegiatan atau aktifitas yang terjadi dalam sistem informasi baik dalam pengumpulan data, pengolahan, penyimpanan, pencarian kembali dan lain lain.

Proses dalam sistem informasi dibagi menjadi 3 bagian penting yaitu ;

1. Logging

Logging adalah pencatatan seluruh aktifitas yang berhubungan dengan interaksi terhadap sistem informasi itu sendiri seperti; waktu akses, lama akses apa saja yang diakses dan lain lain.

2. Documenting/Dokumentasi

Documenting atau dokumentasi adalah proses dimana sistem akan mengumpulkan data dari proses interaksi yang terjadi pada sistem informasi, baik yang merupakan data langsung maupun data tidak langsung. Pada proses ini sistem akan menyimpan data dengan sistem database dengan pengelompokan tertentu untuk memudahkan penemuan kembali.

3. Charting

Proses charting atau pengurutan data dilakukan sistem berdasarkan kriteria tertentu yang telah ditentukan. Pengurutan disini diperlukan sistem untuk melakukan penilaian pada data untuk menentukan sistem penilaian pada penentuan urutan data.

Proses pengumpulan data atau harvesting dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan cara atau proses mendapatkan data tersebut. Yaitu:

1. Langsung.

Data langsung adalah dimana data tersebut didapat dari interaksi langsung pengguna dengan sistem informasi, baik data dalam bentuk jadi ataupun data mentah dimana data tersebut belum terurut terelasi dan acak.

2. Tidak Langsung.

Data tidak langsung adalah data yang diperoleh sistem dengan membandingkan data yang diperoleh dari sistem itu sendiri yaitu berupa data log ataupun data yang diperoleh dengan mengurutkan, mengelompokkan dan melakukan relasi pada data acak. Data tidak langsung ini juga bisa diperoleh sistem dengan menghubungkan dan merelasikan data langsung dengan data tidak langsung.

3. SISTEM PENAMPIL

Sistem penampil adalah system dimana system informasi akan menampilkan data yang dimilikinya baik melalui permintaan ataupun menampilkan secara looping/berulang pada data yang telah ditentukan.

Pada system penampil pengguna dapat berinteraksi secara langsung secara interaktif pada system informasi atau pasif, dimana penguna hanya bisa melihat data yang telah dipilih oleh operator.

Hal mendasar yang membedakan pengguna pada system penampil dengan pengguna pada interaksi adalah bahwa pengguna pada system penampil tidak bisa mengubah data yang terdapat pada system informasi. Walaupun penguna dapat memasukkan data pada system informasi, data tersebut lebih bersifat loging dan hanya jika system yang meminta. Adapun data yang dinput oleh penguna system penampil lebih bersifat permintaan pada pencarian kembali data yang dimiliki oleh system informasi dengan pembatasan pada data tertentu saja. Contohnya adalah dimana penguna sisitem penampil meminta system informasi untuk menampilkan data karya mahasiswa berurutan berdasarkan tahun . pengguna system penampil hanya dapat melihat dan menggunakan data tersebut tetapi tidak dapat mengubah data pada system informasi.

Contoh hasil dari system penampil:

  1. Web
  2. Cetak
  3. Media
  4. Data
Berasambung……
under: Coding
Tags:

Older Posts »

Categories