Gong Kebyar

Juni 3rd, 2013

Pengerian gong kebyar

Gong Kebyar  adalah  salah satu perangkat/barungan gambelan Bali yang terdiri dari lima nada ( panca nada ) dengan laras pelog.
Gong Kebyar bagi masyarakat Bali sudah tidak asing lagi, karena hampir seluruh desa maupun banjar yang ada di Bali memiliki satu perangkat/ barungan Gong Kebyar. 

   Oleh karenanya gong kebyar menjadi satu barungan gambelan yang tergolong baru jika dibandingkan dengan jenis-jenis gambelan yang ada saat ini seperti misalnya, gambelan Gambang, Gong Gde, Slonding, Semara Pegulingan dan masih banyak yang lainnya.

 

Jenis-Jenis Gambelan gong kebyar

Di Bali ada dua macam bentuk perangkat dan gaya utama gambelan gong kebyar yaitu gambelan gong kebyar Bali Utara dan gambelan gong kebyar Bali Selatan. Kedua gambelan gong kebyar ini perbedaannya terletak pada :

ž  Tungguhan gangsa, Bali Utara bentuk bilah penjain dan dipacek sedangkan Bali Selatan menggunakan bentuk bilah kalorusuk dan digantung.

ž  Gambelan Bali Utara  suaranya lebih besar dari suara gambelan Bali Selatan, meskipun dalam patutan yang sama.

 

Barungan gong kebyar yaitu

ž  Dua buah  pengugal/giying

ž  Empat buah  pemade/gansa

ž  Empat buah  kantilan

ž  Dua buah  jublag

ž  Dua buah  Penyacah

ž  Dua buah jegoggan

ž  Satu buah  reong/riyong

ž  Satu buah  terompong

ž  Satu pasang gong lanang wadon

ž  Satu buah kempur

ž  Satu buah kemong gantung

ž  Satu buah bebende

ž  Satu buah kempli

ž  Satu buah (pangkon) ceng-ceng ricik

ž  Satu pasang kendang lanang wadon

ž  Satu buah kajar

 

 

Fungsi Gong Kebyar

Sebagaimana kita ketahui bahwa Gong Kebyar itu telah berfungsi sebagai pembaharu dan pelanjut tradisi. Sebagai pembaharu maksudnya adalah lewat gong kebyar para seniman kita telah berhasil menciptakan gending-geding baru yang lepas dari tradisi yang sudah ada.

Leave a Reply