RSS Feed
Jun 29

Seni Musik Sebagai Ekspresi Jiwa

Posted on Minggu, Juni 29, 2014 in Tulisan

Manusia diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa memiliki rasa estetika atau rasa keindahan yang tinggi, jika dibandingkan dengan makhluk ciptaanNya yang lain. Dengan rasa keindahan inilah manusia dapat menciptakan karya seni yang tentunya dapat dinikmati oleh manusia itu sendiri. Berbagai macam karya seni telah diciptakan oleh manusia dan setiap seni memiliki nilai keindahannya masing-masing seperti misalnya dalam seni rupa memiliki keindahannya sendiri dan dalam seni pertunjukan juga memiliki keindahannya sendiri.
Seni adalah sebuah ungkapan pemikiran dan perasaan seseorang yang dapat dinikmati dengan dilihat atau didengarkan untuk kepuasan hati seseorang. Salah satu dari seni tersebut adalah seni musik. Seni musik adalah sebuah karya seni yang tercipta oleh nada-nada dari sebuah alat seperti misalnya gitar, piano, biola, saxophone. Di dalam seni musik terdapat ritme, melodi, dan harmonisasi nada yang akan membentuk sebuah komposisi yang indah dan dapat menyentuh hati atau perasaan ketika mendengar musik tersebut.
Sebuah karya musik diciptakan dengan pemikiran dan perasaan, dengan dipergunakkannya pemikiran dan perasaan tersebut maka secara tidak langsung musik dapat mengekspresikan jiwa kita, misalnya dalam mencipta sebuah komposisi musik atau pun lagu kita mengutamakan pemikiran dan perasaan hati yang sedang dirasakan, misalnya sedih atau senang dan kemudian dituangkan dalam melodi musik tersebut hingga terciptalah sebuah musik dari pengekspresian dari jiwa kita.
Sebagian dikalangan para musisi dalam mengekspresikan sebuah komposisi musik atau pun lagu, mereka tidak mengerti nilai moral yang harus diperhatikan dalam sebuah instrumen atau lagu tersebut. Pada akhirnya sebuah karya musik yang mereka ciptakan tersebut mengandung nilai moral yang negatif dan dengan nilai moral negatif inilah yang berdampak buruk kepada para pendengar musik atau penggemar mereka yang meniru nilai moral tersebut dengan hal yang negatif. Dengan adanya kasus seperti inilah yang membuat saya mengangkat judul ini dan tentunya untuk pembelajaran musik sebagai ekspresi jiwa yang baik untuk para musisi dan penikmat musik.

1. Pengertian Seni
Kata seni tentunya sudah tidak asing lagi untuk kita dan ini sudah diterapkan hampir dalam kehidupan sehari-hari. Seni tersebut berupa ekspresi manusia yang berunsurkan keindahan bersifat nyata dan dapat dinikmati oleh seseorang. Seni tercipta dari buah pemikiran dan perasaan seseorang yang dituangkan pada suatu media dan dapat dinikmati oleh yang melihat atau mendengarkan seni tersebut.
Seni berasal dari bahasa sansekerta yaitu sani yang berarti persembahan, pemujaan dan pelayanan. Kata tersebut berkaitan erat dengan upacara keagamaan. Menurut kajian di eropa yang mengatakan art yang berarti artivisual adalah suatu media yang melakukan suatu kegiatan tertentu.

1.1. Definisi seni menurut beberapa para ahli
Seiring berjalannya waktu, banyak definisi seni yang diungkapkan oleh beberapa ahli. Berikut adalah beberapa definisi seni menurut para ahli, yaitu :
a. Aristoteles
Seni adalah bentuk yang pengungkapannya dan penampilannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan dan seni itu adalah meniru alam.
b. Alexander Baum Garton
Seni adalah keindahan dan seni adalah tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.
c. Ki Hajar Dewantara
Seni adalah perbuatan manusia yang timbul dari hidupnya, perasaan, dan bersifat indah sehingga dapat menggetarkan jiwa manusia.
d. Prof. Drs. Suwaji Bastomi
Seni adalah aktivitas batin dengan pengalaman estetis yang dinyatakan dalam bentuk agung, mempunyai daya untuk membangkitkan rasa takjub dan haru.

1.2. Beberapa cabang seni
Seni memiliki beberapa cabang, karena seni ada yang hanya dapat dinikmati dengan cara dilihat saja, ada juga yang hanya dapat didengarkan saja dan juga ada yang dapat dinikmati dengan cara dilihat dan didengarkan. Beberapa cabang seni tersebut adalah sebagai berikut :
a. Seni pertunjukkan : Seni musik, seni tari, dan seni theater
b. Seni Rupa : Seni lukis, seni patung, seni dekorasi, dan seni kriya
c. Seni sastra : Puisi, dan prosa

2. Pengertian seni musik
Salah satu dari cabang seni pertunjukkan adalah seni musik. Seni musik adalah sebuah karya seni yang tercipta oleh nada-nada dari sebuah alat seperti misalnya gitar, piano, biola, saxophone, dan alat musik lainnya. Di dalam seni musik terdapat ritme, melodi, dan harmonisasi nada yang akan membentuk sebuah komposisi yang indah dan dapat menyentuh hati atau perasaan ketika mendengar musik tersebut.
Seni musik adalah seni yang mendunia, karena seni musik memiliki not balok dan not angka yang telah diakui di seluruh dunia. Dengan demikian seni musik dapat menjadi suatu bahasa yang universal.

2.1. Beberapa jenis seni musik
Seni musik memiliki beberapa jenis atau tepatnya disebut dengan nama genre (aliran). Genre musik adalah pengelompokan musik sesuai dengan kemiripannya satu sama lain. Sebuah genre dapat didefinisikan oleh teknik musik, gaya, konteks, karakter, dan tema musiknya.
Beberapa genre musik tersebut, yaitu :
a. Musik clasik adalah komposisi musik yang lahir dari budaya Eropa sekitar tahun 1750-1825. Biasanya musik klasik digolongkan melalui periodisasi tertentu, mulai dari periode klasik, diikuti oleh barok, rokoko, dan romantik. Pada era inilah nama-nama besar seperti Bach, Mozart, atau Haydn melahirkan karya-karyanya yang berupa sonata, simfoni, konserto solo, string kuartet, hingga opera. Namun pada kenyataannya, para komposer klasik sendiri tidak pernah menggolong-golongkan jenis komposisi yang mereka gubah. Penggolongan yang kita kenal sekarang dilakukan semata-mata untuk mempermudah, terutama untuk kepentingan akademis.
b. Musik Blues adalah sebuah aliran m usikvokal dan instrumental yang berasal dari Amerika Serikat. Nama blues lahir dari istilah blue yang dikonotasikan dengan perasaan frustatif dan melankolis. Musik blues berangkat dari musik-musik spiritual dan pujian yang muncul dari komunitas mantan budak-budak Afrika di Amerika Serikat. Musik blues mulai berkembang pesat pada abad ke-19 M.
c. Musik Rock adalah genre musik populer yang mulai diketahui secara umum pada pertengahan tahun 50an. Akarnya berasal dari rhythm and blues, musik country dari tahun serta berbagai pengaruh lainnya. Selanjutnya, musik rock juga mengambil gaya dari berbagai musik lainnya, termasuk musik rakyat (folk music), jazz dan musik klasik. Musik Rock adalah salah satu genre dalam khasanah musik populer dunia yang biasanya didominasi oleh vokal, gitar, drum, dan bas. banyak juga dengan penambahan instrumen seperti keyboard, piano maupun synthesizer. Musik rock biasanya mempunyai beat yang kuat dan didominasi oleh gitar, baik elektrik maupun akustik. Bunyi khas dari musik rock sering berkisar sekitar gitar listrik atau gitar akustik, dan penggunaan back beat yang sangat kentara pada rhythm section dengan gitar bass dan drum, dan keyboard seperti organ, piano atau sejak 70-an, synthesizer. Dalam bentuk murninya, musik rock mempunyai tiga chords, bakcbeat yang konsisten dan mencolok dan melody yang menarik.
d. Musik country adalah campuran dari unsur-unsur musik amerika serikat bagian selatan, lebih tepatnya di daerah pegunungan appalacia. Musik ini lahir dari lagu rakyat Amerika utara dengan menggunakan campuran aransemen musik Kelt dan musik Gospel. Penyebaran musik country diawali pada abad ke 19, diawali oleh kelompok-kelompok imigran Amerika serikat yang berasal dari berbagai daerah di eropa seperti Irlandia, Britania, Jerman, Spanyol, dan Italia. Kelompok-kelompok imigran tadi sebagian besar tinggal di wilayah Texas, disana mereka menyatu dengan orang-orang Mexico Amerika dan para penduduk asli Amerika Serikat.
e. Musik jazz adalah musik fundamental dalam hidup manusia dan cara mengevaluasi nilai-nilai tradisionalnya. Tradisi jazz berkembang dari gaya hidup masyarakat kulit hitam di Amerika yang tertindas. Awalnya, pengaruh dari tribal drums dan musik gospel, blues serta field hollers (teriakan peladang). Proses kelahirannya telah memperlihatkan bahwa musik jazz sangat berhubungan dengan pertahanan hidup dan ekspresi kehidupan manusia.
f. Musik pop adalah musik yang bermula dar Perang Dunia I pada tahun 1918. Di Amerika Serikat, aliran musik ini mulai di gemari pada tahun 1920. Nama musik pop itu sendiri berasal dari kata populermaka tidak heran jika dari masa ke masa aliran musik ini selalu banyak peminatnya. Tokoh yang mengenalkan istilah pop itu adalah Lawrence Alloway, seorang pengamat seni rupa terinspirasi nama pop dari gerakan seni rupa di Amerika dan Inggris. Musik pop mulai di kenal pada tahun 1920 juga sebagai musik pengiring dansa tango yang bertangga nada minor dan melankolis.

Genre musik diatas memiliki ciri hasnya tersendiri, misalnya seperti musik clasik yang selalu menonjolkan dinamikanya atau keras dan lembutnya, musik blues dengan penggunaan nada-nada pentonicnya dan ketika menyanyikan lagu blues sedikit seperti berteriak-teriak, musik rock dengan temponya dan komposisi musiknya pun keras, musik country dengan temponya dan komposisi musiknya yang selalu seperti menunjukan keceriaan, musik pop dengan kelembutan komposisi musiknya, dan musik jazz dengan peralihan-peralihan nadanya yang lincah dan dinamis. Dari semua ciri has dari masing-masing genre tersebut para penikmat musik dapat memilih selera mereka sendri.

.
3. Seni musik sebagai ekspresi jiwa
Dari pembahasan diatas mengenai seni dan juga penjabaran tentang seni musik berserta semua alirannya, semua hal itu tidak akan memiliki nilai keindahan apabila dalam menciptakan karya seni tersebut tidak menggunakan pengekspresian jiwa. Ekspresi jiwa adalah sebuah ungkapan hati yang tulus dari apa yang kita rasakan. Ekspresi jiwa dimiliki oleh seitap manusia, karena dalam kehidupan ini ketika kita ingin mengungkapkan sesuatu kita selalu berdasarkan pemikiran, hati, dan perasaan.
Semua seni termasuk seni musik sangat berkaitan erat dengan ekspresi jiwa. Bila kita ibaratkan, ekspresi jiwa adalah roh dari seni tersebut. Seni musik akan tercipta menjadi indah dan memiliki nilai kualitas yang tinggi.
Dalam pengekspresian jiwa ada nilai-nilai moral yang harus diperhatikan dalam pembuatan sebuah karya seni musik. Ketika kita membuat sebuah komposisi musik atau lagu agar memiliki pesan moral yang bagus disamping memiliki cita rasa keindahan yang tinggi. Terkadang sebagian dari musisi, mereka tidak memahami tentang nilai-nilai moral yang harus terkandung dalam karyanya dan tidak tahu dampak untuk para pendengar musik dan penggemar mereka. Tentunya dalam sebuah karya, akan menjadi bagus apabila karya itu bisa menjadi sesuatu hal yang positif untuk para penikmatnya.

3.1. Ekspresi jiwa positif
Berekspresi didalam membuat suatu karya juga memiliki batasannya. Batas-batasan tersebut misalnya ketika kita membuat sebuah karya seni musik kita tidak mungkin dapat menuangkan semua apa yang kita rasakan dan apa yang dipikirkan pada saat pembuatan karya tersebut. Kita harus memilah hal-hal yang ingin kita tuangkan dalam karya tersebut, apakah ide atau inspirasi yang kita miliki itu mempunyai nilai moral yang positif atau negatif. Misalnya satu contoh sebuah karya lagu dari band Coklat yang berjudul Bendera, jika kita amati didalam lagu tersebut terdapat nilai moral yang sangat bagus disamping rasa keindahan dari lagu tersebut. Didalam lirik-lirik lagunya kita bisa mendapatkan rasa nasionalisme yang sangat tinggi terhadap bangsa kita dan tentunya agar kita selalu merasa bangga dan mencintai bendera merah putih yang kita miliki. Dari contoh tersebut kita bisa melihat selain komposisi musik yang baik dan indah lagu itu telah mengandung nilai-nilai moral yang baik untuk para pendengarnya dan contoh tersebutlah yang mengandung ekspresi jiwa positif.

3.2. Ekspresi jiwa negatif
Ekspresi jiwa yang negatif adalah sebuah ungkapan hati yang kebablasan. Sebuah karya seni yang tidak memiliki nilai-nilai moral yang baik. Misalnya dalam sebuah karya lagu, walaupun lagu tersebut telah memiliki komposisi musik yang bagus tetapi bila tidak mengandung nilai-nilai moral yang baik lagu tersebut tidak akan memiliki nilai keindahan dan tentunya tidak akan baik untuk para pendengarnya.
Sebagian dari musisi pada saat ini, banyak yang menciptakan karya seninya tidak memahami nilai-nilai moral yang harus terkandung dan tidak memahami batas-batasan untuk menuangkan ide atau inspirasinya dalam karya musiknya.
Dengan ekspresi jiwa negatif yang terkandung dalam karya seni tersebut, tentunya akan berdampak buruk kepada penikmat musik, misalnya ketika seorang musisi menciptakan sebuah lagu yang tidak mengandung ekspresi jiwa positif dan tidak mengandung nilai-nilai moral yang baik, para penikmat musik yang mendengarkan lagu tersebut yang secara tidak langsung mempengaruhi pemikiran para penikmat musik tersebut dan tentunya kearah yang negatif.

Kesimpulan
Dari pembahasan diatas dapat saya simpulkan bahwa seni adalah sebuah karya hasil cipta dari buah pemikiran dan perasaan manusia yang dapat membuat sebuah keindahan dan dapat dinikmati sehingga mendapatkan sebuah kepuasan.
Dari pembahasan diatas pula dapat saya simpulkan bahwa seni musik sebagai ekspresi jiwa adalah dua hal yang saling berkaitan. Seni musik tanpa adanya pengekspresian bagaikan sesuatu hal yang hambar dan tidak memiliki jiwa atau roh. Maka dari itu sebuah ekspresi sangat dibutuhkan oleh seni, karena ekspresi yang akan membuat seni itu memiliki nilai keindahan dan terasa hidup yang dapat menyentuh hati kita. Sebuah karya seni musik akan memiliki nilai kualitas yang baik, apabila ekspresi jiwa yang tuangkan dalam karya tersebut selalu memperhatikan batas-batasan pengekspresiannya. Ekspresi positif dan negatif harus selalu diperhatikan dalam mencipta karya seni musik tersebut dan memilah-milah apa yang pantas dan tidak pantas dituangkan dalam karya tersebut, agar nantinya para pendengar musik ketika menikmati karya tersebut mendapatkan sebuah kepuasan didalam hati, karena dapat menikmati sebuah karya seni musik yang berkualitas dan memiliki cita rasa keindahan.

Sumber
Jones, Catherine Schmidt (2007). Understanding Basic Music Theory. C O N N E X I O N S.
Nandawan Libya Hazanah(2010). Pengertian seni serta penjelasannya.
Musiktopan.blogspot.com/ pengertian musik.
Musikpuji.blogspot.com/2013/02/pengertian-musik.

Jun 10

Gun’s N Roses Legenda Rock

Posted on Selasa, Juni 10, 2014 in Tulisan

• Awal berdiri Guns n Roses

Jika berbicara tentang music bergenre rock, kita tidak akan terlepas dari grup band fenomenal Gun’s n Roses atau yang sering dikenal dengan nama GNR, band yang memiliki fans hampir di seluruh dunia. Gun’s n Roses dibentuk pada pertengahan tahun 80-an yaitu pada tahun 1985 di Los Angeles California Amerika. Sweet Child Of Mine adalah salah satu lagu hits dari Guns N Roses yang menggetarkan hati para fansnya.
Gun’s n Roses merupakan kelanjutan dari dua band berbeda yang sebelumnya sempat vakum yaitu LA Gun’s yang di gawangi oleh Tracci Guns sebagai g dan Hollywood Roses yang digawangi oleh Axl Roses, dua band ini adalah band indi asal Los Angeles Amerika yang sama-sama mengusung aliran rock hard. LA Gun’s dan Hollywood Rose gagal menaklukan pasar music pada saat itu, Meskipun kemampuan keduanya mumpuni, namun mereka belum menemukan formula yang pas bagi perkembangan band mereka. Setelah melalui proses negosiasi yang panjang unutk mempertemukan dua band yang mempunyai aliran sama ini dalam sebuah kelompok music, maka tercetuslah sebuah ide kreatif untuk membuat sebuah band dalam karier music mereka. LA Gun’s dan Hollywood Roses mempunyai karakter yang sangat kuat, Axl sebagai vocal sangat dibutuhkan untuk mendapatkan akselerasi pada perkembangan music mereka. Kedua band ini masing-masing membutuhkan satu sama lainnya, dengan itulah pada tahun 1985 maka terbentuklah band baru gabungan dari kedua band tersebut yang bernama Gun’s n Roses yang diambil dari nama belakang Axl Roses dan Tracci Guns. Band ini pun beraliran heavy metal dan hard rock dengan formasi Izzy Stadlin pada guitar, Olei Beich pada bass, Rob Gardner pada drum, Tracci Guns pada lead guitar dan Axl Roses pada vocal. Dengan warna baru Guns n Roses mulai tampil di panggung-panggung yang diadakan di daerah Los Angeles pada Maret tahun 1985.
Sebagai band yang baru terbentuk dengan idealisme bermusik yang sangat tinggi, maka konsistensi para personilnya menjadi hal yang sangat mutlak dalam segala hal termasuk juga dalam kedisiplinan latihan dan juga dalam setiap perhelatan konsernya walaupun pada awalnya panggung yang mereka isi belum maksimal penontonnya, karena masih termasuk kategori band baru yang berkembang. Karena merasa bahwa ada beberapa personel yang kurang memperhatikan kedisiplinan dalam bermusik, termasuk kurangnya kedisiplinan saat latihan dan tidak ada inovasi atau ide pada garapan lagu yang mereka bawakan maka Axl dan Tracci guns sebagai pawing dari Guns n Roses merasa perlu membongkar kembali formasi band mereka. Pada bulan mei 1985, Olei Beach sang pemain bass di gantikan oleh Duff McKagan. Sementara itu Tracci Guns sang lead guitar yang telah menyumbangkan namanya juga dikeluarkan dari Guns n Roses lalu digantikan oleh Slash, yang kelak menjadi ikon dalam sejarah gitar dunia. Dengan formasi baru yaitu Axl Roses pada vocal, Slash pada lead guitar, Duff Mckagan pada bass, Izzy Stradlin pada guitar, dan Rob Gardner pada drum. Dengan formasi tersebut mereka memulai langkah baru yang akan membawa Guns n Roses menjadi band rock terkenal sepanajng masa. Selanjutnya di tangan formasi baru inilah mereka membuat sejarh baru dalam peradaban music dunia yang kelak akan membawa mereka menjadi band yang mampu menjajah banyak hati dengan lagu-lagu hits mereka.

• Gun’s n Roses Bersama Slash

Slash yang bernama asli Soul Hudson yang terlahir di Hamstead pinggiran kota London, pada tanggal 23 juli 1965. Ayah Slash berasal dari Inggris, sedangkan ibunya keturununan Amerika-Afrika. Ibu Slash Ola Hudsons adalah seorang perancang pakaian yang bekerja untuk David Bowie dan bapaknya adalah seorang seniman yang menyumbang ansambel hidup bagi musisi terkenal termasuk Neil Young dan Joni Mitchell. Slash dibesarkan di kota Stoke on Trent Staffordshire sampai dia berumur 11 tahun. Pada tahun 1970 Slash dan keluarganya pindah ke Los Angeles California tetapi kemudian orang tua Slash berpisah dan setelah itu Slash tinggal bersama ibunya dan David Geffen. Dia diberikan nama panggilan “Slash” oleh teman keluarganya Seymour Cassel saat berumur 16. Slash menitar pertamanya dari neneknya, setelah itu Slash menghabiskan setiap harinya untuk berlatih bermain gitar. Karena focus terhadap gitar akhirnya dipertaruhkan semuanya atas musik dan dia membuat keputusan untuk berhenti sekolah.
Pada tahun 1985 bulan mei Slash bergabung bersama band Gun’s n Roses menggantikan posisi Tracci Guns pada lead guitar . Slash memang seorang guitarist yang mampu menggelitik banyak hati dengan petikan gitarnya. Melody yang dibuatnya seolah-olah memberikan kabar tentang kedalaman hati. Dengan hadirnya Slash di Gun’s n Roses memberikan warna tersendiri terhadap gaya music Guns n Roses. Dengan kedisiplinan yang sangat tinggi , motivasi yang kuat, dan dukungan pe ediancarian formula dan idealisme yang mereka lakukan dalam aksi nyata baik saat latihan maupun ketika tampil di panggung maka tak ayal lagi Gun’s n Roses secara perlahan tapi pasti dapat menaklukan jagat music tidak hanya di Amerika tetapi juga menaklukan jagat music dunia.
Gun’s n Roses tidak pernah bermain-main dalam bermusik, dengan konsep yang matang dan didukung oleh kemampuan para personel yang mampu mereka satukan dalam satu denyut music yang padu satu dengan yang lainnya, saling mengisi, saling membantu, saling bertukar ide dan kesediaan diri untuk mengeksplorasi kemampuan bersama-sama dalam latihan. Namun tidak ada jalan yang mulus untuk sebuah keberhasilan besar, dibutuhkan jatuh bangun dan perjuangan yang sangat keras. Kondisi buruk pun kembali menghampiri Gun’s n Roses, ketika jadwal konser telah Gun’s n Roses kantongi dan akan melakukan tur singkat dari Sacramento, California, hingga ke tempat kediaman Duff Mckagan di Seattle Washington, secara tiba-tiba Rob Gardner sang drummer memilih untuk mengundurkan diri dari Gun’s n Roses tanpa alasan yang jelas. Kondisi seperti ini sangat tidak pernah terpikirkan sehingga sangat mempengaruhi perjalanan Gun’s n Roses karena beberapa latihan seketika hancur tanpa kehadiran Rob Gardner. Mereka pun tidak membiarkan kondisi seperti ini berlarut-larut karena pastinnya akan membuat mereka terpuruk. Axl Roses sempat kebingungan mencari pengganti drummer mereka, tetapi posisi Rob Gardner pada drum. Karena kepercayaan yang penuh kepada Slash maka rekomendasi dan masukan dari Slash di terima dan menjadi angin segar untuk Gun’s n Roses. Dalam tuntutan waktu yang sangat terbatas, sementara materi belum dikuasai sepenuhnya oleh para personel terutama pada posisi drum. Latihan pun mulai di tingkatkan dan lebih banyak dari pada biasanya, karena tur konser yang mereka lakukan adalah konser perdana mereka yang akan menentukan perjalanan mereka selanjutnya. Akhirnya dalam kebersamaan inilah konser mereka di beberapa kota bisa berjalan mulus dengan tingkat keberhasilan yang memuaskan.

• Tanah Los Angeles mempengaruhi music Gun’s n Roses

Los Angeles adalah salah satu kota yang mempunyai beragam etnis terbanyak di Amerika. Kondisi tersebut juga dapat memberikan warna tersendiri dari dalam perjalanan music Gun’s n Roses. Beberapa lirik-lirik lagu mereka hampir semuannya menjelaskan banyak kenyataan sehari-hari yang meeka saksikan di sekitar tempat tinggal mereka. Tema-tema seperti kekerasan, kehidupn kota, jenis kelamin, minuman keras dan obat-obatan terlarang menjadi inspirasi untuk garapan lagu-lagu mereka.
Pada tahun 1987 Gun’s n Roses membuat sebuah terobosan baru dalam bermusik, mereka mengerahkan tenaga dan energy dalam sebuah debut album yang berjudul “ Appetite For Destruction ” yang melibas 18 platinum dan menjadi debut album penjualan tertinggi sepanjang masa.
Pada tahun 1988 Gun’s n Roses mengeluarkan single terbarunya yang berjudul “ Sweet Child O Mine ” yang menjadi berkah tersendiri untuk mereka, karena single tersebut membuat nama Gun’s n Roses semakin tak bisa dihentikan di jagat music dunia. Dalam lagu Sweet Child O Mine ini mereka bisa meramu sebuah konsep hard rock yang sangat vulgar dan panas disertai riff guitar anthemic dan backing vocal yang sangat memukau, maka tidak salah lagu sweet child o mine dapat menyentuh hati para penikmat music dunia dan membuat Gun’s n Roses kian bersinar.

• Gun’s n Roses bersama Axl Roses

Axl Roses atau William Bruce Bailey lahir di di Lafayette Indiana 6 Februari 1962. Axl merupakan pencipta dan penulis lagu. Axl diberkahi kemampuan bisa mengubah suaranya hingga tiga kali saat bernyanyi dan juga bisa bernyanyi sambil berlari ke sana kemari, sebuah ciri khas dari Axl Roses. Axl adalah punggawa dari band Gun’s n Roses selalu mempunyai cara untuk selalu mengondisikan semua personilnya. Axl akan mengatasi dengan cepat setiap persoalan atau permasalahan yang timbul menyebabkan buruknya reputasi dan brand dari Gun’s n Roses.
Gun’s n Roses merilis album yang berjudul “ Use Your Illusion I ” dan “ Use Your Illusion II ” membuat sejarah dengan menduduki posisi 1 dan 2 di chart Billboard album Amerika. Album ini penuh lagu-lagu yang mendorong Gun’s n Roses ke arah yang berbeda dari album-album mer ka sebelumnya. Mereka terkejut ketika kritikus yang mengharapkan lagu-lagu hard rock, tapi menampilkan instrument yang lebih luas (piano, berbagai efek dan sebagainya) membuat lagu mereka menjadi terkesan lebih agung. Dari itulah bisa dilihat bahwa inovasi adalah hal yang mutlak menjadi denyut nadi para musisi. Gun’s n Roses selalu mencoba sesuatu hal yang baru dalam setiap garapan music mereka.
Kesegaran music dari Gun’s n Roses memang terbukti mampu mendobrak popularitas meraka,dan dapat mendahului band band rock pada zaman itu.Setelah mengeluarkan album yang mempunyai corak music yang lebih segar dan berbeda dari biasanya akhirnya band Roses dapat menggait beberapa promoter untuk mengadakan tour dalam rangka mendongkrak album Gun’s n Roses, akan tetapi terdapat permasalahan baru dalam tubuh band Gun’s n Roses yaitu pada pertengahan tour konser yang mereka selenggarakan Izzy Stradlin memutuskan untuk keluar dari Gun’s n Roses karena suatu perbedaan dengan personel lainnya.Kondisi ini tidak dibiarkan berkepanjangan agar tidak mengganggu tour konser mereka.
Kerja keras, berkomitmen tinggi dan didukung latihan yang sangat keras mampu membawa band Gun’s n Roses menjadi satu satunya band yang bisa menyelenggarakan konser 192 dalam tour selama 28 bulan.Tour tersebut mencatat rekor dan di akhiri dengan pertunjukan di Buenos Aires Argentina pada tanggal 17 juli 1993.
Gun’s n Roses tidak hanya menggapai populartitas yang tinggi di seluruh dunia , akan tetapi mereka juga meraih financial dan yang paling terpenting adalah mereka dapat melakukan sebuah pekerjaan yang besar dengan jiwa yang besar dan di sertai semangat yang besar.
Setelah menyelesaikan tugas yang besar Gun’s n Roses kembali menemukan kondisi yang buruk, karena Slash dan Duff Mckagan memutuskan untuk keluar dari band Gun’s n Roses . Slash dan Duff Mckagan adalah salah satu icon dari Gun’s n Roses yang banyak mempunyai fans. Tour konser yang mereka lalukan ternyata menjadi tour konser terakhir Slash dan Duff Mckagan bersama Gun’s n Roses .Setelah itu sang pemimpin Axl Roses tidak ingin band Roses terpuruk sehingga posisi Slash dan Duff Mckagan digantikan oleh pendatang baru yaitu Clarke dan Sorum .
Pada tahun 1994 band Roses mengeluarkan versi cover The Rolling Stones “ Sympathy for Iblis ” untuk sebuah soundtrack film vampire . Keterlibatan Gun’s n Roses dalam penggarapan music dalam film ini dapat memberikan kontribusi yang baik untuk perjalanan Gun’s n Roses .

• Lagu-Lagu Hits Gun’s n Roses

Dengan perjalanan yang sangat panjang dan melelahkan , dengan berbagai macam kondisi dan suasana juga dengan sejumlah bongkar pasang pada band Gun’s n Roses, maka berikut beberapa deretan album dari Gun’s n Roses diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Appetite For Destuction (1987), 18 Platinum
2. GNR Lies (1988), 5 Platinum
3. Use Your Illusion I (1991), 7 Platinum
4. Use Your Illusion II (1991)
5. The Spaghetti Incident (1993) # 4 US Billboard, Platinum
6. Live Era ‘87-’93 (1999) #45 US Billboard , Gold
7. Greatest Hits (2004) # 3 US Billboard, 3 Platinum
8. Chinese Democraty (2008) 1 Platinum

Dari semua album tersebut Gun’s n Roses telah banyak mengeluarkan single-single hits seperti Sweet Child O Mine, Welcome To The Jungle, November Rain, Don’t You Cry, Knockin On Heavens Door, Patience, Paradise City, Estranged, Civil War, Move to the City, You are crazy, Rocket Queen, You Could Be Mine dan banyak lagi hits-hits lagu mereka.

• Axl Rose Vocalis abadi Gun’s n Roses

Secara umum Gun’s n Roses memang telah melalui berbagai hal dalam perjalanan bermusik. Satu hal yang tidak akan berubah dari Gun’s n Roses yaitu adalah posisi vocal. Dari pertama terbentuknya Gun’s n Roses hingga beberapa bongkar pasang personel hanya di posisi vocal saja yang tidak pernah tergantikan yaitu Axl Rose. Dengan demikian Gun’s n Roses selalu mempunyai energy di tangan Axl Rose. Dari semua permasalahan yang terjadi pada tubuh band Gun’s n Roses, Axl selalu memberikan solusi untuk Gun’s n Roses dan selalu memecahkan semua permasalahan itu, maka dari itu Axl Rose adalah vocalis abadi Gun’s n Roses.
Sumber, Pramayudha Zeus (buku Gun’s n Roses Mengguncang dunia)

Apr 22

Teknik Bermain Gitar Electrik

Posted on Selasa, April 22, 2014 in Tulisan

Teknik Bermain Gitar Electrik

• Bagian-bagian gitar
Sebelum mempelajari teknik untuk bermain gitar elektrik, marilah sebelumnya kita kenali dahulu bagian-bagian gitar itu sendiri.

Setalah mengenali bagian-bagian pada gitar berikutnya adalah Jarak Nada (interval). Jarak nada sangat penting untuk di mengerti dan di pelajari karena akan sangat berguna nantinya saat mempelari tangga nada pada gitar. Interval adalah jarak yang ada di antara 2 nada atau jarak yang ada di setiap nada-nada yang ada di musik.
• Langkah-langkah penting yang perlu di perhatikan :

1. Lakukan penjarian atau pemanasan sebelum mempelajari teknik gitar.
2. Pahami dengan baik seluruh range pada fingerboard.
3. Kuasailah berbagai bentuk akord dan tangga nada pada berbagai key center.
4. Milikilah sense of time/tempo yang baik.
5. Selalu berlatih dngan metronome.
6. Milikilah referensi music yang luas, baik secara teknik mau pun komposisi.

• Tangga Nada
Dalam melakukan soloing dan improvising memerlukan salah satunya tangga nada yang akan memberi warna dalam harmonisasi chord. Tangga nada Mayor dan Minor standar wajib di kuasai dan digunakan dalam bermain musik.
1. Tangga nada Mayor adalah tangga nada yang menggunakan jarak natural pada music,
yaitu : 1 – 1- ½ – 1 – 1 – 1 – ½
contoh dengan C = do : C – D – E – F – G – A – B – C
2. Tangga nada Minor adalah tangga nada minor ada 3, yaitu di antaranya adalah :
• Minor natural (asli) yang menggunakan jarak sebagai berikut : 1 – ½ – 1 – 1 – ½ – 1 – 1
Contoh : A – B – C – D – E – F – G – A
• Minor Harmonic yang menggunakan jarak sebagai berikut : 1 – ½ – 1 – 1 – ½ – 1 ½ – ½
Contoh : A – B – C – D – E – F – G# – A
• Minor Melodic yang menggunakan jarak sebagai berikut : 1 – ½ – 1 – 1 – 1 – 1 – ½
Contoh : A – B – C – D – E – F# – G# – A

• Fingering ( penjarian )
Penjarian menjadi salah satu bagian terpenting untuk menghasilkan tone gitar yang optimal. ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu :
1. Biasakan untuk menekan senar menggunakan ujung jemari. Usahakan tidak menekan senar terlalu dekat pada besi fret karena akan menghasilkan bunyi tidak jelas.
2. Biasakan fingering tangan anda seperti cakar tidak merebahkan jari-jari dipermukaan fretboard.
3. Ketika menggerakan pick jangan berlebihan atau terlalu jauh dari senar/bridge gitar

• Warming Up ( Pemanasan )

Warming up sama halnya dengan fingering yang merupakan langkah awal membangun dasar/fundamen jari-jari kita pada jangkauan fretboard. Selain itu, warming up dan fingering memiliki fungsi utama untuk mencegah terjadinya cidera pada tangan, lengan maupun jari kita. Warming up bisa di lakukan dengan chromatic scale. Chromatic Scale merupakan teknik yang di mainkan dengan jarak nada yang identik satu sama lainnya, yaitu berjarak setengah nada, C – C# – D – D#- – E – F – F# – G – G# – A – Bb – B. Chromatic scale memiliki formula yang efektif untuk digunakan penjarian, selain itu banyak juga gitaris ternama yang menggunakan scale ini dalam permainan mereka seperti ciri khas dari John Petrucci, sang maestro gitar ini sangat lihai dalam mengkomposisikan chromatic scale menjadi sebuah lick yang menakjubkan.

• Alternate Picking
Alternate picking adalah teknik yang dilakukan dengan cara memetik senar gitar secara berurutan atau tidak melompati senar misalnya dari senar 1 tentunya akan berurutan ke senar 2 dan seterusnya tidak melompati satu senar pun. Teknik ini harus benar-benar di kuasai oleh seorang pemain gitar karena alternate picking adalah teknik paling dasar untuk bermain gitar dan akan selalu berguna dalam setiap bermain melodi pada gitar.
• String Skipping

String Skipping adalah melompati senar jadi senar tidak di petik secara berurutan seperti alternate picking misalnya dari senar 1 langsung menuju senar ke 3 melompati senar 2. Teknik ini digolongkan sebagai advance technique karena pada praktiknya pemain sering mengalami kendala , yaitu pada saat melompati senar tertentu ia cenderung menyentuh senar yang dilompati. Misalnya senar 2 tersentuh pada saat jari melompat dari senar 1 ke senar 3. Maka dari itu sangatlah perlu mempelajari teknik string skipping karena dengan menguasai teknik tersebut interval-interval jauh dapat di capai dengan mudah ( intervallic playing ).

• Sweep Picking
Sweep picking merupakan teknik yang sangat populer di kalangan gitaris. Dalam teknik ini petikan gitar (picking) tidak di lakukan secara bergantian seperti alternste pincking dan string skipping melainkan dengan cara searah yaitu down pada saat ascending dan up pada descending. Teknik perlu kesabaran yang cukup extra untuk mempelajarinnya karena fingering dari teknik ini sangat susah.
Berlatihlah dengan pelan dengan menggunakan sound clean sampai lancar memainkan teknik ini dengan tempo konstan, setelah itu barulah berlatih menggunakan sound overdrive. Gerakanlah tangan kanan serileks mungkin dorong pick kearah bawah pada saat ascending dan tarik keatas pada saat descending, jadi dalam sweep picking not tidak dipetik satu persatu, melainkan dengan menekan (sweep) ke bawah dan ke atas. Pada praktiknya teknik ini sering digunakan untuk memainkan arpeggio, untuk itulah kuasailah berbagai pola akord.
Beberapa hal yang harus di perhatikan :
1. Jika belum menguasai teknik alternate picking, sebaiknya tidak memulai teknik sweep picking ini karena akan mengacaukan teknik alternate picking kalian.
2. String muting sangat penting untuk di terapkan di teknik sweep picking karena string muting merupakan teknik mematikan senar yang tidak dimainkan sehingga tidak berbunyi ketika tanpa sengaja tersentuh.

Harmonisasi Arpeggio :

Harmonisasi adalah susunan akord secara berurutan dalam key center tertentu, jadi akord yang digunakan adalah akord I sampai VII dalam key center tersebut. Sementara arpeggio adalah akord yang dimainkan dengan membunyikan nadanya secara berurutan (satu persatu) dan tidak bersamaan.
Contoh key center C Mayor : C – Dm – Em – F – G – Am – Bdim

• Tapping
Tapping adalah suatu teknik yang mulai populer di era 80-an di kalangan gitaris rock. Teknik tapping juga sering disebut two handed technique karena kedua tangan berada di atas fretboard dan membunikan not. Tapping finger bisa menggunakan jari telunjuk atau jari tengah pada tangan kanan. Jika melakukan tapping dengan menggunakan jari tengah, maka pick dapat tetap dipegang denganjari telunjuk. (sumber “teknik mahir bermain gitar B2N)