Kebudayaan Indonesia Harus Mulai Dijaga

Kebudayaan Indonesia Harus Mulai Dijaga
Indonesia adalah negeri yang beraneka ragam. bangsa yang multikultur,banyak sekali kebudayaan yang tersebar dari ujung barat ampai ujung timur. Kebudayan nasional yang menjadi ciri khasbangsa khususnya.sebagai warga yang hidup di Indonesia, sebaiknya saat ini kita harus berpikir bahwa kebudayaan Indonesia mulai harus dijaga. Kenapa kebudayaanbangsa Indonesia harus dijaga? Ada beberapa faktor yang menyebabkan kebudayaan Indonesia harusdijaga. Diantaranya, banyak orang yang tidak mengenal budayanya sendiri.
Keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia lebih banyak menyebabkan seseorang malas untuk mengetahui bahkan untuk mengenalnya. sehingga tak heran jika ada orang yang tidak tahu tentang kebudayaan Indonesia. Tak hanya itu, Melalui modernisasi kebudayaan dengan mudah kebudayaan asing dapat masuk ke Indonesia. Dan memang tidak mengherankan, kita bisa lihat dengan jelasdari beberapa media, kebudayaan asing telah merambah luas ke seluruh penjuru nusantara. Kebudayaan-kebudayaan asing ini ternyata lebih mudah membudaya dari pada kebudayaan asli yang sudah ada. Contohnya saja dalam cara berpakaian, kita lebih sering mengikuti orang-orang di luar sana untuk cara berpakaian dan sebagian besar generasi muda Indonesia pun ternyata lebih menyukai kebudayaan asing. Mereka kurang mencintai kebudayaannya sendiri, bahkan ada yang menganggapnya kampungan. Terlihat bahwa generasi muda sekarang lebih bergaya hidup hedonistikatau gaya hidup penuh hura-hura. Generasi muda saat ini lebih menyenangi kebebasan tanpa batas daripada kebebasan dengan batasan norma. Musik yang mereka dengarkan bukn lagi gending karismen atau tanjidor tapi musik yang mereka dengarkan adalah house music atau musik DJ, R&B, Hip-hop, metal dan lain-lain. Tarian mereka bukan lagi jaipongan, kecak, atau pendet tapi tarian mereka dengarkan adalah modern dance, break dance dan lain-lain.
Oleh karena itu, memang sudah saatnya kita sebagai orang Indonesia umumnya dan sebagai generasi muda terpelajar khusunya, harus mulai berpikir untuk menjaga kebudayaan Indonesia. Karena kebudayaan Indonesia adalah ciri khas bangsa Indonesia yang menjadi kebanggaan tersendiri dari bangsa Indonesia. Masyarakat dan pemerintah adalah pelaku sentral dalam proses pelestarian kebudayaan nasional.
Kebudayaan indonesia sebaiknya kita pelihara, kita juga dan kita lestarikan bersama-sama. Jangan sampai kita kehilangan budaya kita sendiri. Marilah kita sama-sama menjaga kebudayaan Indonesia agar jangan sampaiterkubur dan hanya menjadi sejarah anak cucu kita di masa yang akan dating. Marilah kita bersama-sama menjaganya!

Kerangka :
1. Topik : Budaya Indonesia.
2. Tema : Kebudayaan di Indonesia harus mulai dijaga.
3. Judul : Kebudayaan Indonesia harus mulai dijaga.
4. Pokok – pokok pembahsan :
a. Pembahasan kebudayaan di Indonesia.
– Banyaknya kebudayaan di Indonesia
– Banyak orang yang Tidak menganal budayanya sendiri
b. Penyebab hampir menghilangnya kebudayaan di Indonesia.
– Terpengaruh budaya lain
– Melupakan kebudayaannya sendiri
c. Menyarankan masyaraklat untuk menjaga kebudayaan Indonesia.
– Menjaga kebudayaan indonesia
d. Memberi saran untuk memelihara kebudayaan Indonesia.
– Memperingati kebudayaan kenudayaan Indonesia sangatlah penting.
5. Batasan : Dari topik yang saya buat, teks lebih mengarah ke masyarakat. Khususnya para remaja di masa kini.
6. Bentuk : Kerangka persuasi
7. Manfaat :
a. Meningkatkan kebudayaan di Indonesia
b. Mengembangkan pikiran masyarakat, agar lebih mengutamakan kebudayaanya sendiri, daripada kebudayaan luar.
c. Menyadari masyarakat, bahwa kebudayaanya sendiri lebih penting dari kebudayaan lain.
8. Tujuan : Mengajak masyarakat khususnya para remaja untuk meningkatkan kebudayaan Indonesia.
9. Pola : dari umum-khusus

Nama : Ni Kadek Masyah Pradnya Yuni
Nim : 201410040
Prodi: Desain Fashion

Halo dunia!

Selamat Datang di Blog Institut Seni Indonesia Denpasar. Ini adalah post pertama anda. Edit atau hapus, kemudian mulailah blogging!