Hubungan Desain dan Kesehatan


Logo Farmasi

⊆ Desember 16th by | ˜ 97 Comments »
logo farmasi

logo farmasi

Logo merupakan suatu bentuk gambar atau sekedar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, perkumpulan, produk, negara, lembaga/Organisasi dan hal-hal lainnya yang dianggap membutuhkan hal yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.

Logo harus memiliki filosopi dan kerangka dasar berupa konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri atau independen.

Logo lebih lazim dan dikenal oleh penglihatan atau visual dengan tanda warna dan bentuk. Logo dibuat dengan bentuk sederhana atau unik dan dengan warna yang tidak banyak. Jika sebuah logo dibuat dengan warna yang terlalu banyak dan bentuk yang rumit, maka logo tersebut tidak akan mudah diingat dan susah untuk di kenali.

Dari penjelasan diatas, kami mengambil logo farmasi karena menurut kami logo tersebut sangat simple dan kita sering melihatnya dalam keseharian kita.

Ternyata lambang farmasi tersebut merupakan patung yang menggambarkan dewi Yunani-Hygieia-sedang memegang mangkuk dengan ular jinak yang mengitarinya dan seolah minum dari mangkuk tersebut.

Hygeia adalah dewi kesehatan, kebersihan dan sanitasi yang merupakan seorang anak dari Asclepius (Dewa pengobatan dan penyembuhan dalam mitologi yunani). Beberapa orang berpendapat bahwa mangkuk Hygeia dan ular merupakan simbol keseimbangan alam di muka bumi. Ular menggambarkan pasien yang bebas memilih untuk mengobati dirinya sendiri atau tidak. Menurut kepercayaan Yunani kuno, ular yang melilit pada mangkuk menggambarkan kebijaksanaan dan kesembuhan. Hal ini dikarenakan ketika orang mati akan berada pada alam baka yang entah baik atau buruk dan ular dipercaya bisa berkomunikasi dengan orang mati tersebut. Bahkan ular juga dipercaya bisa membawa jiwa orang yang telah meninggal untuk membantu kehidupan.

Mangkuk, cangkir, atau gelas anggur Hygieia dengan ular melingkar di sekitarnya telah menjadi simbol dari banyak asosiasi farmasi di seluruh dunia. Mangkuk Hygieia telah menjadi simbol dari American Association Apoteker digambarkan sebagai mangkuk obat, Canadian Asosiasi Farmasi, Farmasi Masyarakat Australia serta banyak asosiasi farmasi lain di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Pharmaceutical Australia Association menggunakan versi cangkir yang dibatasi oleh dua ular, yang secara kasar menggambarkan bentuk sebuah lambang kedokteran. Federasi Farmasi Internasional berhasil merancang logo mangkuk Hygieia’s terdiri dari surat-surat FIP.


Topic: Tak Berkategori | Tags: None

Operasi Sambung Kepala Manusia Bisa Dilakukan.

⊆ November 25th by | ˜ No Comments »

Transplantasi KepalaTemuan ini terdengar aneh. Mustahil. Tapi bagi seorang ahli bedah syaraf, Sergio Canavero, hal ini bisa dilakukan dan akan sangat menentukan masa depan manusia. Temuan yang bikin heboh itu adalah soal transpalansi kepala manusia atau penyambungan kepala dan tubuh, atau head transplant. Jadi kepala si A, misalnya, bisa disambungkan dengan tubuh si B.

Temuan ini sangat berguna terutama demi menolong mereka yang terkena penyakit lumpuh. Artinya memang harus ada donor. Menurut Sergio, hal ini sangat mungkin dilakukan di masa depan sebab secara teoritis bisa.

Bagaimana caranya?

Caranya hampir sama dengan apa yang dilakukan pada hewan. Untuk diketahui soal sambung-enyambung kepala dan tubuh ini memang sudah pernah dilakukan pada hewan di tahun 1970. Saat itu salah seorang ahli bernama Robert White sukses menyambungkan kepala monyet jenis rhesus ke tubuh monyet rhesus lainnya.

Tiga dekade kemudian, tepatnya tahun 2001, para ahli AS melakukan operasi serupa dan memang berhasil.

Yang kurang berhasil adalah monyet hasil transplantasi Dr White itu. Semula setelah kepala disambung dengan tubuh, indra penciuman sang monyet sudah berfungsi, sudah mampu pula membuka mata, serta merasakan makanan.

Sayangnya, karena Dr White tidak dapat menyambungkan spinal cord (saraf tulang belakang), sehingga akhirnya monyet itu lumpuh dan mati beberapa jam sesudah pembedahan.

Lalu percobaan yang sama diteliti untuk manusia? Ya, agak ngeri-ngeri cerdas memang. Tapi sejumlah ahli meragukannya. Terutama karena susah menyambungkan saraf-saraf tulang belakang itu dengan syarat-syarat di kepala. Dan memang, White sudah pernah gagal melakukannya.

Tapi menurut Canevaro, kegagalan White itu semata karena teknologi pada tahun 1970 belumlah semaju sekarang. Kemajuan teknologi untuk menghubungkan kembali sumsum tulang belakang sudah mungkin terjadi. Terobosan itu mampu menyembuhkan kelumpuhan yang diderita oleh manusia, katanya.

Dia lalu menguraikan secara deteil perdebatan soal sumsum tulang belakang itu. Hambatan teknis dari usaha penyambungan itu adalah kesamaan sel tulang belakang antara pendonor dan penerima. Sama halnya seperti golongan darah.

Namun, dengan berkembangnya teknologi, isu itu akan bisa diatasi. Saya yakin, dengan didukung dokter-dokter ahli, operasi penyambungan dapat dilakukan dalam waktu 36 jam dengan biaya kurang lebih £8,5 juta (setara Rp. 128 miliar), ujar Canavero optimistis.

Ini bukan fiksi ilmiah, tapi bisa dilakukan pada hari ini. Operasi penyambungan ini mampu memberikan kehidupan baru bagi manusia. Kendala terbesar adalah masalah dana, tambahnya.

Prosedur transplantasi

Canevaro menambahkan bahwa prosedur transplantasi sama dengan yang dilakukan pada hewan. Menidurkan kedua belah pihak yang akan menjalani transplantasi.

Kemudian kepala yang akan ditransplantasi didinginkan antara 12- 15 derajat Celcius. Selanjutnya, ahli bedah punya waktu satu jam untuk memindahkan kedua kepala dan menyambungkan kembali transplantasi kepala ke sistem peredaran dari tubuh donor.

Soal batasan waktu satu jam itu mempertimbangkan waktu terlama otak dapat bertahan hidup tanpa aliran oksigen dan darah.

Dalam paper-nya, ia mengusulkan pemotongan spinal cord dengan pisau bedah tajam, kemudian secara mekanik menyambungkan spinal cord dari salah satu tubuh ke tubuh yang lain.

Pemotongan tuntas jadi kunci untuk penyatuan spinal cord. Oleh karena itu, memungkinkan jalur transmisi utama sistem saraf yang membantu membuat saraf (akson) terdekat menyatu dengan akson lainnya, jelasnya.

Penyatuan itu memanfaatkan fusogen atau sealant, yang memperbaiki kerusakan membran sel akibat cedera secara mekanik.

Sementara kepala disambungkan, tubuh donor harus didinginkan dan diletakkan pada posisi cardiac arrest perawatan hilangnya fungsi jantung. Kemudian jantung tubuh donor dapat dihidupkan kembali setelah kepala disambungkan.

Kendati uji coba penyambungan kepala ke tubuh tulang belakang belum dicoba, ia tetap yakin. Canavero mengandalkan keberhasilan pada penelitian sebelumnya, yang mana ilmuwan telah menghubungkan kembali spinal cord tikus dan anjing.


Topic: Tak Berkategori | Tags: None

Berminat Membeli Sabun Lemak Manusia?

⊆ November 25th by | ˜ No Comments »

Sabun LemakMiami, Sigmanews.co.id – Orestes de la Paz, artist yang berasal dari Miami memutuskan lemaknya akan dijadikan menjadi 20 batang sabun. Semua sabun itu dapat dibeli dengan harga $1,000. Lemak itu didapat dari lemaknya sendiri ketika ia melakukan prosedur sedot lemak.

Orestes de la Paz menjalani prosedur sedot lemak pada bulan Desember tahun lalu, dia memutuskan lemaknya untuk dijadikan sabun karena khawatir lama kelamaan akan menjadi tengik.

Menurutnya, semua produk kosmetik, minyak kelapa, lavender, dan lain-lain sedikitnya mengandung 25% lemak manusia.

Selalu ada sejumlah darah, keringat, dan air mata yang masuk ke dalam karya seni apapun. Aku hanya membuatnya lebih eksplisit, kata Orestes, yang juga sebagai penata rambut dan make-up artist.

Bahkan menurutnya, demi terlihat cantik, semua orang akan bersedia membeli produk dengan elemen manusia di dalamnya,seperti sel induk, plasenta, dan lain-lain.


Topic: Tak Berkategori | Tags: None

Halo dunia!

⊆ November 7th by | ˜ No Comments »

Selamat Datang di Blog Institut Seni Indonesia Denpasar. Ini adalah post pertama anda. Edit atau hapus, kemudian mulailah blogging!


Topic: Tak Berkategori | Tags: None