Archive for April, 2018

PURA BEJI LANGON DESA ADAT KAPAL

Posted in Tak Berkategori on April 25th, 2018 by mahadiputra

Pura Beji Langon terletak di sisi Tukad Penet Banjar Langon Desa Adat Kapal, Mengwi, Badung. Jika dilihat dari arsitekturnya, terlihat sangat unik. Pura yg bisa diakses dari jalan Pura Sadha ini memiliki susunan bangunan yang terdiri dari batu padas yg diperkirakan umurnya mencapai ratusan tahun.Pura Beji Langon berfungsi sebagai lokasi pesucian Ida Bhatara yang berstana di Pura Kahyangan Tiga Desa Adat Kapal. Yakni Pura Desa, Pura Dalem, Pura Puseh dan Pura Dalem Gunung Desa Adat Kapal. Selain itu Pura Beji ini juga sebagai tempat untuk melukat Bayuh Oton.Pura Beji ini memiliki beberapa sumber air, yang memiliki fungsi berbeda. Untuk pesucian Ida Bhatara, sumber air yg digunakan adalah sumber air yg berada di sisi utara pura. Untuk proses pengelukatan, sumber air yg digunakan adalah sumber air yg ada di kolam utama. Sedangkan untuk kebutuhan konsumsi masyarakat, sumber air yg digunakan adalah sumber air yg berasal dari Gua yg ada di tebing batu padas yg terletak di sisi selatan pelinggih utama Pura Beji.

Selain memiliki beberapa sumber air, keunikan lain dari Pura Beji ini juga terlihat dari segi arsitektur dari Pura Beji Langon. Meskipun sudah sempat direnovasi pada tahun 2006 lalu, namun secara keseluruhan arsitektur di Pura Beji Langon ini masih menggunakan arsitektur aslinya.Adapun keunikan dari arsitektur Pura Beji Langon yg diperkirakan sdh ada sejak abad ke 14 lalu ini adalah seluruh palinggih yg ada di Beji ini terbuat dari batu padas (paras). Dan, ada satu patung yg paling mencolok dan terletak di sisi selatan Pura, yakni patung Gajah dgn tinggi lebih dari tiga meter dan panjang sekitar lima meter. Patung gajah ini cukup unik. Selain memiliki belalai yang pendek dibandingkan gajah pada umumnya dengan gigi serta gading yang tajam, selain itu pada bagian ekor gajah tidak seperti ekor gajah pada umumnya, tetapi lebih mirip pada ekor burung.

TATA GERAK TARI BARIS TUNGGAL

Posted in Tak Berkategori on April 24th, 2018 by mahadiputra

Gerak-gerak dalam tari Baris Tunggal menceritakan ketangguhan para prajurit Bali di masa lalu. Kedua pundak penari diangkat hingga hampir setinggi telinga. Kedua lengan yang nyaris selalu pada posisi horizontal dengan gerak yang tegas. Gerak khas lainnya yang ada pada tari baris adalahselendet atau gerak delik mata penari yang senantiasa berubah-ubah. Gerak ini menggambarkan sifat para prajurit yang senantiasa awas terhadap situasi di sekitarnya

Komposisi tubuh yang di gunakan untuk mengiringi tari Baris Tunggal biasanya terdiri atas :

  1. Menarikan Bagian Pepeson (Gilak)
  2. Menarikan Bagian Pengadeng (Bapang)
  3. Menarikan Pekaad (Gilak Jerih)

BAGIAN 1

Dapat dilakukannya bagian tari ini dengan penjiwaan

yang benar ragam-ragam gerak pada bagian ini:

  1. Mungkah lawing
  2. Ngagem kanan dan kiri
  3. Majalan najek dua (Nayog)
  4. Ngopak Lantang
  5. Ngalih Pajeng
  6. Malpal

BAGIAN 2

Dapat dilakukannya bagian tari ini dengan penjiwaan

yang benar ragam-ragam gerak pada bagian ini:

  1. Ngagem bapang kiri dan kanan
  2. Ngesed Dawa dan Nyaregseg
  3. Gayal-gayal
  4. Wuta Ngawa Sari
  5. Ngetog

BAGIAN 3

Dapat dilakukannya bagian tari ini dengan penjiwaan

yang benar ragam-ragam gerak pada bagian ini:

  1. Makirig/Makelid Jerih
  2. Ngopak Lantang
  3. Malpal
  4. Gayal-gayal

Perbedaan yang paling menonjol pada Gong Kebyar gaya Buleleng

Posted in Tak Berkategori on April 24th, 2018 by mahadiputra

Dari hasil analisis bahwa Gong Kebyar Gaya Buleleng mempunyaiperbedaan yang menonjol yang dapat dilihat dari barungan gamelannya dantetabuhannya. Barungan gamelan Gong Kebyar Gaya Buleleng yang adasekarang merupakan hasil dari berbagai perubahan yang dilakukan olehseniman kita yang dilandasi oleh sifat jengah pada saat kegiatan mebarung,yaitu :1. Jenis tungguhan gangsa pemade kebanyakan atau hampirseluruhnya dalam satu barungan gamelan Gong Kebyarmenggunakan delapan tungguh.2. Ukuran pencon yang digunakan pada tungguhan trompong,barangan, dan gong relatif lebih besar dari pencon tungguhantrompong dan barangan atau riyong Gong Kebyar daerahlainnya.3. Penggunaan ceng-ceng kecek juga lebih banyak dari GongKebyar daerah lainnya.Jumlah dan ukuran tungguhan yang digunakan dalam Gong KebyarGaya Buleleng berdampak pada estetika atau keindahan yang dimiliki olehsajian gending Gong Kebyar Gaya Buleleng berupa penonjolan-penonjolansebagai ciri, yaitu :1. Suara Gong Kebyar Gaya Buleleng dirasakan lebih rendahdibandingkan dengan suara Gong Kebyar gaya lainnya.2. Sajian gending-gending Gong Kebyar Gaya Buleleng lebih“rame” dibandingkan dengan sajian gending-gending GongKebyar gaya lainnya, sehingga jenis-jenis tungguhan kempul,kenong, dan tungguhan ketuk mempunyai nada yang tidak samadengan nada jenis tungguhan lainnya. Sadar atau tidak sadar halini dilakukan supaya kedengaran lebih jelas (ngilis).3. Penggunaan bentuk bilah belahan penjalin pada tungguhangangsa mepacek, berdampak konsentrasi penabuh pada pukulan(tidak pada tutupan) sehingga gending yang disajikan bisarelatif lebih cepat dibandingkan dengan sajian gending dariGong Kebyar daerah lainnya yang menggunakan bilah usukyang dipasang dengan cara digantung.4. Nada tungguhan barangan lebih rendah satu oktaf maka tabuhantungguhan barangan khususnya tabuhan pemetit lebih menonjol.Kemenonjolan tabuhan pemetit tersebut, berdampak penabuh7pemetit mempunyai tingkat atau predikat yang lebih tinggidibandingkan dengan penabuh lainnya.5. Adanya bentuk kekendangan Pengundang Taksu dengan maksuduntuk menunjukkan kualitas kendang yang digunakan dankemampuan pengendangnya. Kekendangan pengundang taksudisajikan sebelum sajian gending di mulai. Akhir darikekendangan pengundang taksu disertai dengan satu kalitabuhan gong.6. Perbedaan suara kendang lanang dan kendang wadon sangatjauh. Perbedaan kedua suara kendang tersebut, merupakanaplikasi dari konsep ngilis agar suara kendang lanang menonjol.Dengan adanya ciri-ciri yang dimiliki oleh Gong Kebyar Bulelengmaka merupakan identitas daerah Buleleng.