Inilah Ragam Manfaat Jahe Merah yang Perlu Anda Ketahui


Jahe adalah sesuatu yang begitu familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Apalagi tanaman herbal satu ini sering dijadikan campuran bumbu masakan. Selain itu, masyarakat juga sering mengkonsumsi jahe dalam bentuk minuman. Jahe ini sendiri terdiri atas beberapa jenis yang jika dilihat dari bentuk dan warnanya, maka jahe dapat dibagi menjadi 3 jenis.

ragam manfaat jahe merah

Ketiga jenis jahe tersebut ialah jahe kuning besar, kuning kecil dan merah. Jenis jahe yang terakhir ini sangat mudah dikenali. Bagian kulitnya berwarna merah dan bagian dalamnya juga kuning kemerahan. Jenis jahe satu ini juga mempunyai karakteristik khusus berupa ukurannya yang cenderung kecil dan rasanya yang lebih pedas. Lalu bagaimana dengan manfaatnya? Berikut jawabannya.

Ragam Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

  • Meningkatkan Sistem Imun

Rimpang berkulit merah ini akan membuat orang yang mengkonsumsinya mempunyai sistem imun yang bagus. Artinya, mereka akan mempunyai daya tahan tubuh yang lebih kuat sehingga cenderung tidak mudah sakit. Dengan demikian, Anda yang mempunyai sistem imun kurang kuat, bisa mencoba mengkonsumsi jahe ini untuk menjaga tubuh tetap sehat.

  • Menurunkan Risiko Radang Usus

Manfaat lainnya ialah membantu menurunkan risiko radang usus. Hal ini dikarenakan rimpang merah tersebut mempunyai kandungan yang berupa zat zingeron aktif. Zat tersebut akan bekerja menghambat enzim yang bisa mengakibatkan peradangan pada saluran pencernaan.

  • Mengatasi Masalah Dalam Pencernaan

Bukan hanya menjaga kesehatan usus, jahe merah juga bisa mengatasi masalah yang ada dalam pencernaan. Bahkan bisa dikatakan jahe ini mampu mengatasi infeksi serta luka yang terdapat dalam lambung. Selain itu, untuk Anda yang mengalami masalah dengan asam lambung, jahe jenis ini juga bisa membantu menjaga agar asam lambung tetap stabil.

  • Membantu Menghindari Risiko Penyakit Jantung

Jahe yang kulitnya berwarna merah ini juga membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol dalam tubuh. Sementara Anda tahu bahwa trigliserida dan kolesterol yang jumlahnya terlalu tinggi dapat memicu munculnya penyakit jantung. Oleh sebab itu, bisa dikatakan bahwa jahe jenis ini bisa membantu menghindarkan Anda dari risiko penyakit jantung.

Tentu saja manfaat jahe yang kulitnya berwarna merah ini tidak hanya sebatas 4 poin di atas. Masih ada manfaat lainnya seperti membantu meringankan sakit kepala, mengatasi rematik, meredakan gejala batuk, meredakan sakit tenggorokan dan lain sebagainya. Dengan banyaknya manfaat yang dibawa oleh rimpang pedas ini, tidak ada salahnya bukan jika Anda mengkonsumsinya secara rutin?

Dilarang berkomentar.