Cara Memaksimalkan Foto Bokeh Lewat Kamera Ponsel


Saat ini dunia fotografi sedang naik daun. Keasyikan memotret dan menciptakan efek menakjubkan dari sebuah foto sedang digandrungi oleh banyak kalangan. Salah satunya dengan menciptakan efek blur atau bokeh melalui lensa kamera. Akan tetapi, tidak semua orang mampu membeli kamera. Tidak jarang yang ingin coba menghasilkan foto bokeh lewat ponsel yang mereka punya.

Cara Memaksimalkan Foto Bokeh

Seperti Apa Foto Bokeh Itu?

Bagi penggiat fotografi tentu sudah tidak merasa asing dengan istilah satu ini. Efek bokeh dari suatu hasil foto menjurus pada adanya kualitas estetika atau keindahan dari area out of the focus sehingga menjadikannya lebih lembut sekaligus menakjubkan. Biasanya pada kamera DSLR para fotografer menggunakan aperture yang besar dengan jarak fokus ke subjek lebih pendek.

Namun, tahukah Anda bahwa untuk mendapatkan hasil foto blur yang indah ini juga bisa dilakukan melalui perangkat ponsel. Terlebih lagi saat ini banyak vendor ponsel pintar yang ikut membawa efek foto blur pada perangkat lunak dan keras dari ponsel keluaran mereka. Jadi, Anda hanya perlu memotret dan segera mendapatkan hasil yang diinginkan.

Tips Memaksimalkan Foto Bokeh Lewat Kamera Ponsel

Dalam memaksimalkan hasil foto blur lewat ponsel pintar, ada sejumlah tips yang perlu Anda perhatikan. Kiranya ini bisa membantu Anda agar lebih baik dalam memperoleh hasil.

  • Berikan pencahayaan yang sempurna

Anda harus tahu bahwa cahaya adalah unsur penting guna menghasilkan efek blur yang sempurna. Pastikan sebelum melakukan pengambilan gambar, objek foto harus mendapatkan pencahayaan yang cukup. Perhatikan juga cakupan cahaya subjek agar tetap merata.

  • Fokuslah pada subjek foto

Anda perlu menetapkan subjek foto yang jelas. Langkah ini nantinya dapat membantu subjek foto terisolasi dari background belakang sehingga hasil foto blur bisa optimal.

  • Carilah bukaan lensa yang cepat

Gunakan perangkat lensa yang lebar dan cepat. Setidaknya Anda harus menggunakan bukaan lensa minimal f/2.8 untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal.

  • Maksimalkan hasil foto dengan aplikasi editor

Karena menggunakan kamera ponsel, maka Anda perlu mengoptimalkan hasil foto dengan aplikasi editor. Misalnya, saat Anda harus menyesuaikan fokus, pencahayaan serta aperture usai foto diambil.

Siapa saja bisa mendapatkan foto bokeh. Memiliki kamera ponsel saja bukan menjadi halangan untuk terus berkreasi dalam dunia fotografi. Anda masih bisa mendapatkan hasil foto blur yang maksimal hanya dengan kamera ponsel saja.

Dilarang berkomentar.