Blog

Archive for July, 2010


review 5 buku

Judul : Hasil Pendokumentasian Notasi Gending-Gending Lelambatan Klasik Pegongan Daerah Bali.

Penulis   : I Nyoman Rembang

Penerbit : DEPDIKBUD DIRJEN Kebudayaan proyek Pengembangan Kesenian Bali.

Tahun : 1984/1985

Pada tulisan yang telah tersebut diatas, dalam hal ini penyampaiannya lebih ditekankan pada gending-gending pegongan klasik yang telah didokumentasikan dalam bentuk notasi bali, dalam buku tersebut telah dicatat gending-gending  seperti: Tabuh Pisan, tabuh Telu, tabuh Pat, tabuh Nem, dan Tabuh Kutus.

Selain itu disampaikan pula berbagai bentuk komposisi lagu, beserta tehnik-tehnik menotasi atau mencatat lagu dengan notasi bali, berupa simbol-simbol dari suara-suara yang dikeluarkan masing-masing instrument dalam karawitan bali.

Kata Kunci : Gending, komposisi, dan Simbul.


Judul : Mengenal Jenis Pukulan dalam Barungan Gong Kebyar

Penulis : Pande Gede Mustika , SS Kar

: I Nyoman Sudiana, SS Kar

: I Ketut Parta, SS Kar

Penerbit : Bagian Proyek Oprasi dan Perawatan Fasilitas STSI. Denpasar

Tahun : 1996

Pada tulisan tersebut disampaikan tentang berbagai jenis-jenis “motif” pukulan yang terdapat dalam barungan Gong Kebyar itu sendiri, yang hingga kini masih dapat kita temui dalam setiap praktiknya, seperti pada instrument terompong memiliki motif : pukulan nyilih asih, ngembat, ngempyung, ngeluluk, netdet, ngandet, niltil, mekaad, nyintud, ngoret, nguluin, ngumad, dan nerumpuk. bila ditelaah secara lebih mendalam, pada masing-masing instrumen memiliki istilah motif -motif sendiri.

Di samping itu  pula disampaikan mengenai sejarah gamelan Gong kebyar, pengertian Gong Kebyar dan pengaruh gong kebyar terhadap barungan gamelan-gabelan bali lainnya.

Kata kunci : Umbit-umbitan, sejarah spectrum.


Judul : Ensiklopedi Mini Karawitan Bali

Penulis : Pande Made Sukerta

Penerbit : Sastrataya (MSPI) dengan The Ford Foundation

Tahun : 1998

Dalam buku ensiklopedi tersebut diatas diterangkan secara teliti dan jelas dalam melakukan komplikasi dari berbagai macam istilah-istilah yang ada dan masih dipergunakan masyarakat bali dalam keterlibatan mereka pada Karawitan Bali, dan sekaligus dengan penjelasan-penjelasan melalui visual, melalui foto-foto, diagram, notsasi-notasi, dan lainnya.

Pada buku tersebut pula disampaikan mengenai tehnik-tehnik dalam memainkan (memukul/menabuh) gambelan bali, seperti: tata cara memainkan instrument kendang, posisi kaki bersila dan posisi punggung dalam posisi tegak, guna melancarkan peredaran darah ke otak sehingga dapat membantu konsentrasi dalam bermain gambelan.

Kata kunci : Istilah dan Tehnik.


Judul : Prakempa, Latar Gamelan Bali.

Penulis : Dr. I Made Bandem.

Penerbit : Akademi Seni Tari Indonesia Denpasar.

Tahun : 1986.

Terdapat beberapa hal yang menjadi aspek dari buku prakempa tersebut adalah sebagai berikut: filsafat atau logika, etika dan estetika. filsafat adalah merupakan suatu dasar filosofis tentang gamelan Bali dan keseimbangan hidup manusia. Etika adalah merupakan suatu aspek ritual dan hirarki dalam gamelan. dan Estetika adalah merupakan struktur dan hukum-hukum lagu dan tehnik.

dalam buku ter5sebut disampaikan pula tentang orkestrasi dan cara-cara menabuh gamelan Bali. pada bagian akhir dari tulisan tersebut dilampirkan pula tentag terjemahan isi dari lontar yang berbahasa kawi kedalam bahasa indonesia. kalau dilihat dari isi dari lontar tersebut, prakempa memberikan gambaran yang lebih menyeluruh tentang gambelan bali ( teknik, gegebug, dan hukum lagu gambelan bali.

Kata kunci : lontar, filsafat, etika dan estetika.

Judul : Sekelumit Car-Cara Pembuatan Gamelan Bali.

Penulis : I Nyoman Rembang dkk.

Penerbit : DEPDIKBUD DIRJEN KEBUDAYAAN (Proyek Pengembangan Kesenian Bali).

Tahun : 1984/1985

Adapun materi-materi yang disampaikan dalam buku tersebut adalah tentang bagimana tehnik atau cara-cara dari pembuatan gamelan Bali. adapun bahan – bahan yang dipergunakan oleh pande gambelan atau pembuat gambelan  adalah seperti : gambelan yang  berbahan karawang atau perunggu, bamboo dan dari besi.

Selain itu disertakan pula lampiran berbagai alat-alat pande gamelan dalam proses pembuatan gambelan bali, serta dilampirkan pula ilustrasi berupa foto-foto didalam dapur atau parapen.

Kata kunci: gamelan, bahan dan parapen.