Cara Membuka File Docx di HP Dengan Mudah

Dokumen dengan akhiran nama file atau ekstensi “.docx” merupakan dokumen yang dibuat menggunakan aplikasi Microsoft Word 2007 ke atas dan software sejenisnya.

Biasanya, dokumen tersebut berisi beragam informasi yang dirangkai menggunakan kata-kata, grafik, maupun gambar.

Meski dibuat mengunakan Microsoft Word, file .docx sendiri sejatinya bisa dibuka dan diedit dengan aplikasi serupa lainnya, baik itu melalui komputer, laptop maupun smartphone (mobile).

Bagaimana cara membuka file DOCX di laptop, komputer, HP Android, dan iPhone?

Cara Buka File DOCX Dari Komputer/Laptop

Untuk membuka file .docx di komputer, pengguna bisa saja memakai aplikasi Microsoft Word. Namun, aplikasi ini berbayar dan mungkin tidak tersedia atau terpasang di seluruh komputer.

Sebagai gantinya, pengguna bisa memakai layanan Microsoft Word Online yang bisa digunakan gratis, asalkan pengguna memiliki akun Microsoft.

Pertama-tama, buka situs www.office.com dan masuk dengan akun Microsoft yang telah terdaftar, atau buat akun apabila belum punya.

Setelah masuk, klik ikon “Microsoft Word” dan klik tombol “tanda panah ke atas” untuk mengunggah dokumen atau file .docx yang dimiliki.

Apabila berhasil diunggah, maka Microsoft Word Online akan langsung membuka file tersebut dan pengguna bisa langsung mengeditnya. Dapatkan update teknologi terbaru di amazingindonesia.id

Selain menggunakan Microsoft Word Online, pengguna juga bisa memakai Google Docs melalui situs web docs.google.com untuk membuka file .docx secara gratis.

Di sana, masuk dengan akun Google dan klik ikon yang menyerupai “folder”. Lalu, pilih tab “Upload” dan pilih dan unggah dokumen dengan ekstensi .docx yang dimiliki. 

Jika sudah selesai diunggah, Google Docs akan menampilkan isi dari dokumen tersebut dan pengguna bisa langsung mengeditnya.

Cara Buka File DOCX di HP Android dan iPhone

Untuk membuka file .docx melalui smartphone, pengguna cukup mengunduh aplikasi Microsoft Word atau Google Docs di Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Pada Microsoft Word, buka aplikasi tersebut dan masuk menggunakan akun Microsoft yang terdaftar.

Lalu, klik tab “Open” dan pilih dokumen .docx yang ingin dibuka, baik itu yang berlokasi di media penyimpanan smartphone maupun di internet (OneDrive/Google Drive).

Setelah file dipilih, maka Microsoft Word akan menampilkan isi dokumen tersebut dan pengguna bisa langsung menyuntingnya.

Sementara itu pada Google Docs, pengguna bisa mengunduh dan membuka aplikasi tersebut, kemudian masuk menggunakan akun Google yang telah terdaftar.

Lalu, klik ikon yang menyerupai “folder” yang terletak di sebelah kiri tampilan avatar pengguna pada bagian atas tampilan utama, dan pilih file .docx yang ingin diunggah.

Apabila berhasil diunggah, maka isi dokumen .docx tersebut akan ditampilkan Google Docs dan pengguna bisa langsung mengeditnya.