Cara Cek Kuota Kemendikbud

Cara Cek Kuota Kemendikbud di Telkomsel, XL, Indosat, Tri, Smartfren

Pada hari Senin Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Riset Teknologi (Kemendikbud Ristek) menyalurkan pencairan kuota internet gratis untuk mendukung proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau belajar online.

Ini merupakan bantuan bulan kedua, setelah sebelumnya disalurkan pada September. Adapun November menjadi bulan terakhir penyaluran bantuan kuota internet gratis Kemendikbud Ristek.

Bantuan ini merupakan kelanjutan dari tahun lalu sebagai upaya pemerintah menjalankan proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau belajar online saat pandemi COVID-19. Target penerima 26,8 juta siswa, mahasiswa, guru, dan dosen di seluruh Indonesia.

Berbeda dengan bantuan kuota internet Kemendikbud pada tahun lalu, untuk sekarang paket data tersebut hanya tersedia kuota umum saja. Cek di clickstreamtech.com

Besaran Bantuan Kuota Data Internet Kemendikbudristek 2021

  • Peserta Didik jenjang PAUD sebesar 7 GB/bulan.
  • Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah sebesar 10 GB/bulan.
  • Pendidik Jenjang PAUD dan Pendidik Dasar dan Menengah sebesar 12 GB/bulan.
  • Dosen dan Mahasiswa sebesar 15 GB/bulan.

Ini cara mengecek kuota internet gratis Kemendibud di ponsel:

Telkomsel

Tekan *888# > pilih “Cek Pulsa & Kuota” > pilih “Cek Kuota”. Informasi sisa kuota akan dikirim via SMS.
Aplikasi myTelkomsel: beranda > internet

Indosat Ooredoo

Tekan 123075# > Status & Cek Kuota. Informasi sisa kuota akan dikirim via SMS.
Aplikasi myIM3 > beranda > data

Tri

Tekan 12310*3#, lalu informasi kuota akan dikirim via SMS.SMS: ketik “INFO KUOTA” kirim ke 234
Aplikasi Bima+, informasi akan muncul di beranda

XL Axiata & Axis

Tekan 1237*1# > “Cek Kuota” Informasi akan dikirim via SMS Aplikasi myXL (XL) Aplikasi AxisNet (Axis)

Smartfren

Tekan *995#, lalu informasi akan dikirim via SMS.SMS dengan format “Cek”, kirim ke 995

Ingat, bantuan paket kuota data internet tidak dapat digunakan untuk mengakses situs yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika situs dan aplikasi lain yang tercantum pada www.royalriders.id

Cara Membuka File Docx di HP Dengan Mudah

Dokumen dengan akhiran nama file atau ekstensi “.docx” merupakan dokumen yang dibuat menggunakan aplikasi Microsoft Word 2007 ke atas dan software sejenisnya.

Biasanya, dokumen tersebut berisi beragam informasi yang dirangkai menggunakan kata-kata, grafik, maupun gambar.

Meski dibuat mengunakan Microsoft Word, file .docx sendiri sejatinya bisa dibuka dan diedit dengan aplikasi serupa lainnya, baik itu melalui komputer, laptop maupun smartphone (mobile).

Bagaimana cara membuka file DOCX di laptop, komputer, HP Android, dan iPhone?

Cara Buka File DOCX Dari Komputer/Laptop

Untuk membuka file .docx di komputer, pengguna bisa saja memakai aplikasi Microsoft Word. Namun, aplikasi ini berbayar dan mungkin tidak tersedia atau terpasang di seluruh komputer.

Sebagai gantinya, pengguna bisa memakai layanan Microsoft Word Online yang bisa digunakan gratis, asalkan pengguna memiliki akun Microsoft.

Pertama-tama, buka situs www.office.com dan masuk dengan akun Microsoft yang telah terdaftar, atau buat akun apabila belum punya.

Setelah masuk, klik ikon “Microsoft Word” dan klik tombol “tanda panah ke atas” untuk mengunggah dokumen atau file .docx yang dimiliki.

Apabila berhasil diunggah, maka Microsoft Word Online akan langsung membuka file tersebut dan pengguna bisa langsung mengeditnya. Dapatkan update teknologi terbaru di amazingindonesia.id

Selain menggunakan Microsoft Word Online, pengguna juga bisa memakai Google Docs melalui situs web docs.google.com untuk membuka file .docx secara gratis.

Di sana, masuk dengan akun Google dan klik ikon yang menyerupai “folder”. Lalu, pilih tab “Upload” dan pilih dan unggah dokumen dengan ekstensi .docx yang dimiliki. 

Jika sudah selesai diunggah, Google Docs akan menampilkan isi dari dokumen tersebut dan pengguna bisa langsung mengeditnya.

Cara Buka File DOCX di HP Android dan iPhone

Untuk membuka file .docx melalui smartphone, pengguna cukup mengunduh aplikasi Microsoft Word atau Google Docs di Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Pada Microsoft Word, buka aplikasi tersebut dan masuk menggunakan akun Microsoft yang terdaftar.

Lalu, klik tab “Open” dan pilih dokumen .docx yang ingin dibuka, baik itu yang berlokasi di media penyimpanan smartphone maupun di internet (OneDrive/Google Drive).

Setelah file dipilih, maka Microsoft Word akan menampilkan isi dokumen tersebut dan pengguna bisa langsung menyuntingnya.

Sementara itu pada Google Docs, pengguna bisa mengunduh dan membuka aplikasi tersebut, kemudian masuk menggunakan akun Google yang telah terdaftar.

Lalu, klik ikon yang menyerupai “folder” yang terletak di sebelah kiri tampilan avatar pengguna pada bagian atas tampilan utama, dan pilih file .docx yang ingin diunggah.

Apabila berhasil diunggah, maka isi dokumen .docx tersebut akan ditampilkan Google Docs dan pengguna bisa langsung mengeditnya.