Tips Menjadi Dalang Berbahasa Inggris Dalam Waktu Singkat

1. Jangan terlalu Fokus pada Grammar

Karena bahasa dalam mendalang bahasa Inggris menggunakan bahasa tutur, maka jangan terlalu fokus pada grammar saat pementasan. Karena bahasa yang baik dan benar adalah, benar yaitu sesuai dengan aturan atau kaidah-kaidah yang berlaku, baik adalah sesuai dengan situasi dan kondisi. Selain itu grammar bahasa Inggris terlalu kompleks untuk diingat dan digunakan secara logis. Sehingga dalang tidak akan punya cukup waktu untuk berpikir, mengingat ratusan atau ribuan aturan grammar, memilih yang benar, dan menggunakannya.

Solusinya adalah dalang dapat belajar bahasa Inggris dengan banyak mendengarkan percakapan bahasa Inggris dengan menggunakan grammar yang benar, sehingga lama-kelamaan akan secara otomatis belajar menggunakan grammar bahasa Inggris secara benar.

2. Memaksakan Diri Berbicara

Berani berkomunikasi dengan orang asing, akan mampu mengasah kemampuan berbahasa Inggris. Belajar dari mendengarkan apa yang disampaikan oleh lawan bicara, kemudian meniru, mencari maknanya dan dihafalkan.

3Belajar Jangan hanya dari Teks Book Bahasa Inggris Formal

Kebanyakan orang yang belajar bahasa Inggris hanya mempelajari bahasa Inggris formal yang ada di buku-buku dan di sekolah. Masalahnya adalah Native speaker tidak menggunakan bahasa Inggris seperti itu dalam kebanyakan situasi. Ketika berbicara dengan teman, keluarga atau teman kerja, native speaker menggunakan bahasa Inggris kasual yang penuh dengan idiom, kata majemuk dan slang. Untuk berkomunikasi dengan native speaker, tidak bisa bergantung hanya pada teks book, namun harus belajar bahasa Inggris kasual.

4. Jangan Berusaha menjadi Sempurna

Para dalang sering memfokuskan diri pada kesalahan. Dia khawatir terhadap kesalahan-kesalahan. Dia mencoba berbicara dengan sempurna. Padahal, tak satu orangpun sempurna. Native speaker juga sering membuat kesalahan. Daripada memfokuskan diri pada hal negatif, fokuskanlah pada komunikasi. Tujuannya bukanlah berbicara dengan “sempurna”, tujuannya adalah mengomunikasikan ide-ide, informasi dan perasaan dengan jelas dan mudah dimengerti. Fokuskan pada komuikasi, fokuskan pada hal positif. Secara berkala kesalahan tersebut akan berkurang secara otomatis.

5. Jangan Menggantungkan Diri Pada Sekolah/ Pelajaran Bahasa Inggris.

Kebanyakan orang yang belajar bahasa Inggris bergantung secara total pada sekolah. Mereka berpikir bahwa guru dan sekolah bertanggung jawab atas keberhasilan mereka. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Dia yang belajar bahasa Inggrislah yang mempunyai tanggung jawab itu. Guru yang baik dapat membantu, tetapi Andalah yang benar-benar bertanggung jawab terhadap proses belajar.

Dalang harus mencari pelajaran dan material (metode) yang efektif. Dalang harus mendengarkan dan membaca setiap hari. Dia harus dapat mengatur emosi agar tetap termotivasi serta harus berpikir positif dan optimis. Meskipun kesalahan-kesalahan ini sangat sering terjadi, berita baiknya adalah anda dapat memperbaikinya. Saat anda berhenti dari kesalahan ini, anda telah mengubah cara anda belajar bahasa Inggris. Anda dapat belajar lebih cepat, sehingga kemampuan speaking akan meningkat.

SELAMAT MENCOBA…

Comments are closed.