Categories
Tak Berkategori

Komentar Video Jnapaka

Jnapaka berasal dari bahasa Jawa Kuna yang berarti memberi tahu dan mengajari. Harmonisasi antara guru dan murid harus terjalin layaknya bunga dan kumbang yang saling membutuhkan satu sama lain. Ketulusan dan kesungguhan , merupakan modal utama untuk melahirkan sebuah keharmonisan. Hal ini diungkapkan kedalam sebuah garapan tari kreasi yang diambil dari cerita penyamaran Arjuna dengan nama Werhatnala ,menjadi seorang guru kesenian di kerajaan Wirata

Penata Tari: I Made Putra Wijaya Nim : 200701031, Program Studi : Seni Tari.  Pendukung Tari :

  1. I Made Nova Antara (Mhs Smtr IV/T ISI Dps).
  2.  NI Wayan Sumantari (Mhs Smtr II/T ISI Dps);
  3.  Gst.Ayu Indra Mahyurani (Mhs Smt IV IKIP PGRI Bali).
  4.  IB. Adi Prawira Utama (Siswa SMA Negeri 1 Ubud).
  5.  Dewa Ayu Eka Rismayanti (Siswi SMK Negeri 4 Dps).

            Penata Iringan : I Wayan Sudiarsa, S.Sn, Pendukung Iringan : Sanggar ARMA Kumara Sari, Pengosekan, Ubud.

Komentar

Komentar yang bisa saya komentari dalam pegelara tugas akhir ini dalam garapan yang berjudul JNAPAKA adalah:

  1. PENATAAN LAMPU Dalam penataan lampu disini perlu saya tekankan dan  tambahkan untuk penataan lampu cahaya supaya bisa di pakai cahaya yang lebih terang atau lampu yang berwarna kuning pada saat baru tarian dimaulai yaitu pada saat penari sedang bermain suling, agar para penari bisa kelihatan dari jauh dan agak kelihatan terang. karena para penari sedang melakukan adegan yang sangat bagus yaitu duet dengan salah satu penari putri. Tidak seharusnya lampu juga harus warnanya kurang bersinar karena dalam pementasan para penari harus menggunakan lampu cahaya yang lebih terang supaya wajah atau mukanya tidak kelihatan  seperti bayang- bayangan.

  1. PENATAAN MIX , Penataan mix yang bisa saya tambahkan adalah pada saat penari sedang bermain suling dan para sendon atau nyanyian yang dilakukan oleh penabuh. Penari yang sedang bermain suling sangat kurang jelas suaranya ketikan sedang bermaindan suara vokal penabuh agak kurang kedengaran Disini perlu ditambahkan mix kecil yang bisa di bawa penari dan mix yang di pasang di alat instrumen pendukung atau gambelan agar ketika pergelaran ini bisa suara yang diahasilkan bisa lebih bagus.

  1. PENATAAN PANGGUNG. Dalam penataan panggung yang terdapat pada pegelaran karya tugas akhir ujian ini, menurut saya sudah pas dan cukup baik. Karena pada panggung Natya Mandala Institut Seni Indonesia Denpasar yang cukup luas para penata sudah bisa menata komposisi panggung sehingga seluruh bagian penari atau struktur penari bisa kelihatan semua tanpa ada gangguan yang lain .

  1. PENATAAN PENGGAMBILAN GAMBAR . Dalam penataan pengambilan gambar disini menurut saya sudah bagus dan bisa ditonton dengan layak , karena tidak ada gangguan yang menjadi hambatan dalam pengambilan gambar.

Itulah yang bisa saya komentari dalam karya pegelaran tugas akhir dalam bidang seni tari yang berjudul jnataka  yaitu dalam penataan lampu cahaya sistim pemakaian mix penataan mix dan penataan pengambilan gambar. Untuk itu  saya bisa tambahkan supaya dalam ujian tugas akhir yang akan datang supaya sistem penataan lampu cahaya dan mik bisa lebih baik dari yang sebelumnya dan memuaskan semua pihak yang ada. Kalau ada kesalahan saya dalam komentar ini atau kurang berkenan saya mohon maaf  terima kasih .