Kesenian Gendang Beleq Khas Lombok

This post was written by komangwidiartha on April 9, 2019
Posted Under: Tak Berkategori

Gendang Beleq merupakan salah satu kesenian yang ada di pulau Lombok. Gendang Beleq berasal dari dua kata yaitu “Gendang” yang berarti gendang dan “Beleq” dalam bahasa sasak yang berarti besar, jadi gendang beleq dapat diartikan sebuah gendang yang memiliki ukuran yang besar. Gendang Beleq merupakan salah satu kesenian musik tradisional yang dimainkan secara berkelompok dengan menggunakan beberapa macam alat musik dan gendang yang memiliki ukuran besar.Gendang beleq juga merupakan warisan nenek moyang suku sasak yang berkembang sejak lama.Dalam perkembangannya, kesenian ini masih terus dilestarikan dan dikembangkan oleh seniman-seniman yang ada di pulau Lombok.

              Gendang beleq ini pada zaman dahulu digunakan sebagai gendrang perang yaitu untuk mengiringi dan memberi semangat kepada prajurit ke medan perang atau menyambut kedatangan para prajurit dari medan perang. Oleh karena itu digunakan gendang beleq yang menghasilkan suara yang besar,semerawut dan menggema sehingga gendang beleq digunakan sebagai alat musik yang digunakan untuk mengiringi atau menyambut prajurit perang pada zaman dahulu.

Gendang beleq juga dapat disebut tari tradisional Lombok. Disebut demikian karena setiap pertunjukan gendang beleq,menggunakan gendang sebagai property tari. Selain disebut tari gendang beleq, tarian ini juga disebut tari kecodak pada daerah Lombok barat dan tarian ini disebut tari Oncer di daerh Lombok tengah. penarinya terdiri atas 2 orang penari cowok yang menarikan gendang beleq,4-6 orang penari copeh atau oncer, disebut demikian karena penari sambil memegang alat musik copeh yang sewaktu waktu dipukul atau dimaikan mengikuti irama musik. Dalam tarian oncer selain menari, penari juga menyanyikan sebuah lagu yang biasa dinyanyikan saat tarian ini di pentaskan.

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address

Next Post: