klentang

Gamelan klentang

Klentang

   Klentang merupakan salah satu kesenian gamelan yang ada di pulau Lombok. Klentang merupakan gamelan yang terbuat dari besi yang dipukul dengan menggunakan pemukul yang disebut dengan panggul. Alat musik ini dalam satu barungnya dimainkan oleh banyak orang karena satu orang penabuh memainkan satu nada, yang disebut dengan ngatih atau miji. Alay musik atau gamelan ini pada zaman dahulu digunakan untuk mengiringi nyongkolan, nyunatan dan acara adat lainnya. Tetapi lambat laun kesenian ini memudar karena adanya pengaruh budaya atau kesenian lain. Punahnya gamelan ini juga disebabkan oleh perkembangan jaman sehingga kesenian ini terlihat memudar akan tetapi kesenian ini juga masih banyak dilestarikan oleh sanggar-sanggar yang masih memiliki alat musik ini.

   Kesenian ini juga dapat dikatakan kesenian yang langka karena tidak semua sanggar memiliki kesenian ini akan tetapi banyak juga yang mempelajari tentang kesenian ini. Dengan demikian kesenian ini masih bisa dilestarikan dan masih bisa dipertahankan keberadaannya agar tidak memudar dan tidak punah. Pada saat ini banyak sanggar yang membuat sebuah garapan baru yang menggunakan alat musik ini yaitu dengan cara memadukan atau mengkolaborasikan alat music ini dengan alat music yang lainnya agar dapat menimbulkan atau menciptakan suatu karya yang inovatif atau karya yang baru berdasarkan pakem pakem yang ada di Lombok khususnya.

   Kesenian ini juga sering ditampilkan pada event-event atau festival antar kabupaten atau kota se pulau Lombok, seperti festival mentaram, pawai bulan budaya Lombok Sumbawa dan festival lainnya.

Gendang bleq

Kesenian Gendang Beleq Khas Lombok

Gendang Beleq merupakan salah satu kesenian yang ada di pulau Lombok. Gendang Beleq berasal dari dua kata yaitu “Gendang” yang berarti gendang dan “Beleq” dalam bahasa sasak yang berarti besar, jadi gendang beleq dapat diartikan sebuah gendang yang memiliki ukuran yang besar. Gendang Beleq merupakan salah satu kesenian musik tradisional yang dimainkan secara berkelompok dengan menggunakan beberapa macam alat musik dan gendang yang memiliki ukuran besar.Gendang beleq juga merupakan warisan nenek moyang suku sasak yang berkembang sejak lama.Dalam perkembangannya, kesenian ini masih terus dilestarikan dan dikembangkan oleh seniman-seniman yang ada di pulau Lombok.

              Gendang beleq ini pada zaman dahulu digunakan sebagai gendrang perang yaitu untuk mengiringi dan memberi semangat kepada prajurit ke medan perang atau menyambut kedatangan para prajurit dari medan perang. Oleh karena itu digunakan gendang beleq yang menghasilkan suara yang besar,semerawut dan menggema sehingga gendang beleq digunakan sebagai alat musik yang digunakan untuk mengiringi atau menyambut prajurit perang pada zaman dahulu.

Gendang beleq juga dapat disebut tari tradisional Lombok. Disebut demikian karena setiap pertunjukan gendang beleq,menggunakan gendang sebagai property tari. Selain disebut tari gendang beleq, tarian ini juga disebut tari kecodak pada daerah Lombok barat dan tarian ini disebut tari Oncer di daerh Lombok tengah. penarinya terdiri atas 2 orang penari cowok yang menarikan gendang beleq,4-6 orang penari copeh atau oncer, disebut demikian karena penari sambil memegang alat musik copeh yang sewaktu waktu dipukul atau dimaikan mengikuti irama musik. Dalam tarian oncer selain menari, penari juga menyanyikan sebuah lagu yang biasa dinyanyikan saat tarian ini di pentaskan. Dimana susunan pertunjukan tari gendang beleq ini yaitu sebagai berikut :

  1. Pertunjukan ini diawali dengan masuknya 2 orang penari gendang beleq,tarian ini tampak sangat gagah dan dinamis karena melambangkan jiwa seorang pasukan perang yang akan pergi berperang.
  2. Kemudian masuk 4-6 orang penari oncer, sementara penari gendang beleq mengambil posisi disamping kiri dan kanan sebagai latar belakang.
  3. Setelah melakukan beberapa gerakan, penari oncer mengambil posisi duduk sambil menyanyikan lagu pampang paok. Dimana dalam lagu pampang paok terdapat atau berisi tentang pesan pesan yang mengandung wejangan.
  4. Sebagai akhir, penari oncer keluar pentas dan di susul oleh penari gendang beleq.

Seperti itulah susunan pertunjukan tari gendang beleq dan tari oncer ketika dipentaskan. Sebenarnya kedua tarian tersebut memiiki ikatan yang sangat kuat karena mencereitakan sebuah cerita prajurit yang akan pergi kemedan perang.Seiring dengan perkembangan jaman, tarian ini mengalami sedikit kemunduran dan mulai menghilang dari seni pertunjukan yang sering dipentaskan di pulau Lombok.Perkembangan tarian ini juga sudah mengalami perkembangan yaitu dimana pada saat ini tarian gendang beleq dijadikan sebagai tari penyambutan bagi tamu-tamu terhormat yang mengunjungi pulau Lombok. Tarian ini sering dipentaskan pada event-event yang besar seperti festival senggigi,Bulan budaya Lombok Sumbawa dan event-event besar lainnya.Pemerintah juga sering mengadakan parade atau lomba tari gendang beleq agar mampu melestarikan budaya yang dimiliki oleh pulau Lombok dan juga agar tradisi yang kita miliki tetap terjaga dan tetap pada eksistensinya.

Halo dunia!

Selamat Datang di Blog Institut Seni Indonesia Denpasar. Ini adalah post pertama anda. Edit atau hapus, kemudian mulailah blogging!