sistem miking

Sistem Micking Dalam Barungan Gong kebyar
Di dalam barungan gong kebyar biasanya menggunakan 16 mick ada saat berlangsungnya pementasan, mick yang dipakai terdiri dari : mick tom dan condusor. Dan shure vocal Sm 58 khusus untuk vocal dan Sm 57 digunakan untuk instrumen.
Menurut saya system pemakaian micking yang sudah saya buat sudah benar karena dengan penempatan micking dengan posisi demikian semua suara dari instrument akan terdengar merata tanpa terkecuali. Di dalam penempatan micking ada beberapa instrument yang menggunakan mic tom antara lain : Kendang, gong, suling, terompong, reyong, kempur, kempli, bende, dan rebab. Kemudian ada beberapa instrument yang menggunakan mic condusor antara lain : Gangsa, Kantilan, Ugal, Penyacah, Jublag, Jegog, dan kajar. Dengan demikian dalam barungan gong kebyar dapat dikatakan hanya memakai dua jenis mic dan memerlukan 16 buah mic.
Pada instrument kendang yang posisinya seperti pengamatan saya pada muka kanan dan muka kiri masing-masing harus berisi mic, agar suara muka kanan dan muka kiri berimbang. Kemudian pada terompong berisi 2 mic agar suara terompong jelas terdengar. Begitu juga dengan reyong menggunakan 2 mic. Kemudian pada gangsa dan kantilan masing-masing menggunakan satu mic seperti gambar yang sudah saya buat. Dan suling menggunakan dua mic. Kemudian untuk jublag,penyacah dan jegog, masing-masing untuk sepasangnya menggunakan satu mic condusor. Dan gong menggunakan 1 mic yang terletak diantara gong lanang dan gong wadon. Untuk kempur dan kempli juga menggunakan satu mic untuk kempur dan kempli. Dan terakhir bende juga menggunakan satu mic.

Tinggalkan Balasan