Subscribe via RSS

BIOGRAFI I NYOMAN SETIAWAN SENIMAN DARI BANJAR SEBUNIBUS, DESA SAKTI, KECAMATAN NUSA PENIDA, KLUNGKUNG

By komangsuryawan

I NYOMAN SETIAWAN ADALAH SALAH SATU SENIMAN KARAWITAN DARI BANJAR SEBUNIBUS, DESA SAKTI, KECAMATAN NUSA PENIDA, KLUNGKUNG.

I Nyoman Setiawan lahir pada tanggal 25 September 1968 di Banjar Sebunibus, Desa Sakti, Nusa Penida. I Nyoman Setiawan mulai belajar megamel dari usia 10 tahun, yaitu semasih dirinya duduk di Kelas 5 SD Negeri 1 Sakti. Saking semangatnya Setiawan belajar megamel sampai ke luar desa. Setiawan tamat SD pada tahun 1981, kemudian Setiawan melanjutkan sekolahnya di SMP Negeri 1 Batununggul, meski berjalan kaki karena lokasi sekolah yang jauh Setiawan tetap semangat untuk bersekolah. Hingga pada tahun 1984 Setiawan dapat menyelesaikan sekolahnya. Pada tahun yang sama Setiawan melanjutkan sekolahnya ke KOKAR yang sekarang menjadi SMK Negeri 5 Denpasar. Setiawan tamat dari KOKAR pada tahun 1988 dan langsung di tunjuk menjadi pelatih di desanya. Karena keadaan ekonomi yang terbatas, Setiawan tidak bisa melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi.

Pada tahun 1993, I Nyoman Setiawan menikah dengan Ni Wayan Maju. Dari pernikahannya di karuniai 3 (tiga) orang anak yang semuanya senang menari dan menabuh. Setiawan mengajar megamel hampir 75% dari wilayah Nusa penida, diantaranya daerah Pejukutan, Kutampi, Penutuk, Banjar Perapat, Banjar Nyuh, Sakti, dan daerah lainnya di Nusa Penida. Selain di Nusa Penida, Setiawan juga mengajar sampai ke luar daerah, yaitu di Lombok dan Sumatra selama 2 (dua) tahun. Setiawan adalah sosok seniman yang ramah, Ia tak pernah mengeluh jika Ia tak di bayar saat melatih. Setiawan adalah salah satu seniman yang selamat dari kecelakaan maut yang menimpa Sekaa Angklung yang tenggelam di Laut Jungut Batu. Ia merasa beruntung bisa selamat dari kecelakaan itu. Selain mempunyai bakat dalam karawitan Bali, Setiawan juga mempunyai bakat membuat Bade/Wadah yaitu tempat membawa jenasah ke kuburan. Kecintnannya terhadap seni, Setiawan tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan kesehariannya. Setiawan diberi kepercayaan oleh masyarakat Sebunibus untuk membina sekaa gong yang ada di banjarnya. Sampai sekarang Setiawan tetap menjadi pembina/pelatih dalam Sekaa Gong Kebyar Satya Dharma, Banjar Sebunibus Kelot dan Sekaa Angklung Santhi Giri Swaram.

Demikian tentang Biografi I Nyoman Setiawan Salah Satu seniman yang mengabdikan dirinya untuk masyarakat.

 

 

 

“komang suryawan”

Post a Comment