Tradisi ngaben di bali

Halo teman semua kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang upacara ngaben di bali. Video saya ini saya dapat di kabupaten klungkung yang meninggal adalah raja dari puri agung klungkung. Ngaben merupakan upacara kremasi atau pembakaran jenazah di bali, indonesia. Upacara adat ngaben yang merupakan sebuah ritual yang dilakukan untuk mengirim jenazah pada kehidupan masa mendatang. Dalam upacara ini, jenazah diletakan seperti orang tidur. Keluarga yang ditinggalpun akan beranggapan bahwa orang meninggal tersebut sedang tertidur. Dalam upacara ini, tidak ada air mata karena mereka menganggap jenazah hanya tidak ada untuk sementara waktu dan menjalani reinkarnasi atau akan menemukan peristirahatan terakhir di moksha yaitu suatu keadaan dimana jiwa telah bebas dari reinkarnasi atau roda kematian. Upacara ngaben ini juga menjadi simbol untuk menyucikan roh orang yang telah meninggal.
Demikian penjelasan saya tentang upacara ngaben di bali apabila ada salah kata mohon permaklumannya dan mohon maaf saya ucapkan terima kasih.

Rangkaian upacara hari raya kuningan

Halo teman teman pada hari ini saya akan menjelaskan sedikit rangkaian upacara hari raya kuningan. Hari raya kuningan jatuh pada hari sabut seminggu setelah hari raya galungan. Didalam rangkaian hari raya kuningan ini sama seperti rangkaian hari raya galungan yang terdiri dari penyajan kuningan dimana masyarakat bali terutama perempuan yang mempersiapkan banten untuk upacara hari raya kuningan. Setelah penyajan kuningan, sehari sebelum hari raya kuningan disebut penampahan kuningan yang berarti dimana masyarakat bali kususnya laki laki memotong daging babi atau ayam untuk dibuatkan calon atau nyalon yang di pakai banten pada hari raya kuningan beda dengan halnya penampahan galungan, kalau penampahan galungan biasanya daging yang di sudah di potong dibuatkan sate untuk jerimpen kalo di penampahan kuningan dibuatkan calon atau nyalon. Pada hari raya kuningan orang bali biasanya melakukan persembahyangan di pura atau merajan masing masing, selesai sembayabng di merajan orang bali biasanya melakukan penyambutan di merajan masing masing yang melambangjan hari raya kuningan. Setelah hari raya kuningan ada umanis kuningan diamana orang bali untuk melepaskan lelah atau melakukan hiburan bersama keluarga.
Demikian penjelasan saya tentang hari raya kuningan apabila ada kesalahan kata mohon di maafkan akhir kata saya ucapkan terima kasih.

Parade budaya gong kebyar

Halo teman teman… pada kali ini saya akan menampilkan sekilas video parade budaya gong kebyar desa abiansemal dauh yeh cani. Didalam video yang saya unggah adalah seke gong kebyar perwakilan dari banjar belawan abiansemal. Yang bernama seke gong wira satya bhudaya. Materi pada parade gong kebyar itu adalah tabuh lelambatan dan tari tarian, yaitu bernama tabuh lelambatan tabuh telu rare asih dan tari teruna jaya. Tujuan dilaksanakan parede gong kebyar ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa seni dan budaya di kalangan masyarakat khususnya pada generasi milenial ini agar kesenian di bali tetap populer di kalangan anak muda yang bisa di bilang sebagai penerus seni dan budaya bali. Sekian sekilas penjelasan dari video saya apabila ada salah kata saya mohon maaf dan mohon permakluman saran dan masukan saya terima dengan baik terima kasih.

Tradisi Upacara ngerebek

Halo teman teman pada kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang tradisi ngerebek di desa adat abiansemal tradisi ngerebek di desa abiansemal hanya dilaksanakan satu tahun sekali pada sasih keenam di hari raya tilem kajeng kliwon tujuan dilakukan tradisi ini adalah guna untuk menyeimbangkan alam dan menghindari hal hal yang tidak di inginkan seperti halnya gumi grubuk dan hal hal yang buruk. Proses upacara ini dilakukan dengan cara mengiringi atau bisa disebut melancaran ida bethara dalam rupa barong yang mengelilingi desa abiansemal dengan adanya persembahyangan di setiap pertigaan dan perempatan yang ada di desa abiansemal yang di iringi dengan gambelan baleganjur. Demikian sedikit penjelasan dari saya bila ada kekurangan kekurangan saran dan masukan saya terima dengan baik trima kasih.

Halo dunia!

Selamat Datang di Blog Institut Seni Indonesia Denpasar. Ini adalah post pertama anda. Edit atau hapus, kemudian mulailah blogging!