VIDEO SLIDE FLS2N SMKN 3 SUKAWATI

Video di atas adalah video singkat saat rekaman hasil garapan kontemporer yang berjudul dwi samatra lingga. Garapan ini dipentaskan pada saat lomba fls2n tingkat provinsi di smk negeri 3 Sukawati (kokar), video di atas di maninkan oleh siswa smk negeri 3 sukawati, dengan penata I Made Subandi, S.sn. Instrumen yang di pakai dalam garapan ini yaitu :

  • 7 buah gong
  • 4 tungguh gender wayang
  • 3 tungguh semar pagulingan
  • 5 buah kendang
  • 10 pencon reong

Persiapan Parade Ogoh-ogoh

Video yang di atas adalah sebuah persiapan pementasan parade ogoh-ogoh, yang dilaksanakan pada tanggal 2 maret 2019 yang diselenggarakan di lapangan umum sampalan nusa penida. Salah satu peserta ogoh-ogoh tersebut adalah Stt. Satya Dharma Sebunibus yang diketuai oleh I Komang Wage Astika. Pementasan ini juga dihadiri oleh bapak bupati Klungkung dan bapak Camat Nusa Penida. Instrumen yang digunakan adalah barungan bleganjur lengkap, selain bleganjur, karena pementasan ini bertujuan mementaskan ogoh-ogoh tentu propertinya adalah ogoh-ogoh. Unsur fragmen tari juga dipentaskan bertujuan untuk memerankan jalan cerita dari ogoh-ogoh tersebut.
Video diatas adalah video singkat dari pembuatan ogoh-ogoh dan pada saat latihan bleganjur

Belajar Semar Pegulingan

Gamelan semar pegulingan adalah barungan madya,yang bersuara merdu sehingga banyak dipakai untuk menghibur raja-raja pada zaman dulu. Kini gambelan ini biasa dimainkan sebagai sajian tabuh instrumental dan atau untuk mengiringi tari-tarian. Gamelan ini berlaras pelog 7 (tujuh) nada dan belaras 5 (lima) nada.Kedua jenis Semar Pegulingan secara fisik lebih kecil dari pada Gong Kebyar terlihat dari ukuran instrumennya gangsa dan teromponga yang lebih kecil dari pada yang ada di Gong Kebyar.

Gamelan Gambang

Gamelan Gambang adalah salah satu jenis gamelan langka dan sakral, termasuk barungan alit yang dimainkan hanya untuk mengiringi upacara keagamaan.
Gamelan Gambang, berlaras Pelog (tujuh nada), dibentuk oleh 6 buah instrumen berbilah. Yang paling dominan adalah 4 buah instrumen berbilah bambu yang dinamakan gambang.
Setiap instrumen dimainkan oleh seorang penabuh yang mempergunakan sepasang panggul bercabang, Instrumen lainnya adalah 2 tungguh saron.
Di atas adalah video singkat pada saat latihan bermain gambang

Halo dunia!

Selamat Datang di Blog Institut Seni Indonesia Denpasar. Ini adalah post pertama anda. Edit atau hapus, kemudian mulailah blogging!