Tehnik permainan suling dengan menggunakan pibrasi atau getaran

Om swastyastu
Hallo teman-teman sebelumnya perkenalkan nama saya I Putu Eka Julyana Putra dari mahasiswa Isi Denpasar dari prodi seni Karawitan nim 201802069 dan alamat saya banjar dinas pamesan desa lokapaksa kecamatan seririt kabupaten buleleng. Bali
Dividio kali ini saya akan menjelaskan tehnik dari permainan suling yang menggunakan pibrasi atau getaran didalam tehnik ini terdapat dua pibrasi atau getaran yaitu, pribrasi menggunakan tangan atau jari-jari dan pibrasi atau getaran menggunakan nafas atau tiupan.
jika ingin menghasilkan getarab atau pibrasi dari tangan makan jari jari semua di getarkan dan jika ingin menghasilkan getaran dari nafas gunakan mulut untuk menggetarkannya
jika temen-temen kurang jelas silakan tonton vidionya sampai selesai.
semoga bermaampaat bagi temen-teman semua
baik hanya sekian penjelasan dari saya jika ada kesalahan baik perkataan maupun prilaku didalam vidio saya mohon maaf yang sebesar besarnya atas perhatiaannga saya ucapkan terimakasih
om santhi, santhi, santhi om

Cara bermain suling Bali dalam Gambelan Gong Kebyar

Om swastyastu
Hallo teman-teman sebelumnya perkenalkan nama saya I Putu Eka Julyana Putra dari mahasiswa Isi Denpasar dari prodi seni Karawitan nim 201802069 dan alamat saya yaitu banjar dinas pamesan desa lokapaksa kecamatan seririt kabupaten buleleng, Bali.
Disini saya akan menjelaskan vidio diatas yaitu cara atau tehnik permainan dari suling bali dalan gambelan Gong Kebyar. suling ini dibuat dari bahan bambu yang diri lobang yaitu 6 lobang. yang saya jelaskan kali ini yaitu tehnik permainan suling gong kebyar, didalam gong kebyar terdapat 5 buah nada yang beralaskan Pelog. yaitu ada nada Ndeng, Ndung, Ndang, Nding, Ndong.
1. ketika ingin menghasilkan nada Ndeng lobang suling semuanya di tutup
2. ketiaka menghasilkan nada Ndung lobang suling palung bawa keduanya dibuka
3. ketika ingin menghasilkan nada Ndang lobang suling paling bawah ketiganya dibuka
4. ketika menghasilkan nada Nding lobang palung bawah di bukak ketiganya lobang tengah atas di buka satu
5. dan yang terakhir ketika menghasilkan nada Ndong lobang paling atas di buka satu dan lobang bawah dibuka ketiganya.
baik teman-teman hanya sekian penjelasan dari saya jika ada kesalahan baik perkataan maupun prilau yg tidak berkenan didalam vidio diatas saya mohon maaf sebesar besarnya atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.
om santhi, santhi, santhi, om

Permainan Gambelan Rindik.

Om Swastyastu
Hallo teman-teman sebelumnya perkenalkan nama saya I Putu Eka Julyana Putra dari mahasiswa Isi Denpasar dari prodi seni Karawitan nim 201802069 dan alamat banjar dinas pamesan desa Lokapaksa Kecamatan Seririt kabupaten Buleleng. Bali
Dividio kali ini saya akan menjelaskan tentang sejalah gambelan rindik. Rindik merupakan salah satu alat musik tradisional Bali dan telah menjadi ciri khas dari budaya Bali. Berawal dari pihak wengker ( sekarang ponorogo ) melakukan pembrontakan kepada majapahit, banyak angklung reog juga berfungsi sebagai alat musik ditinggal kerajaan. Sehingga saat serbuan dari denmak angklung-angklung dan gambelan di bawa ke Bali sehingga mengalami pergeseran dan kerusakan.
Rindik terbuat dari bambu yang bernada selendro dan dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik ini bisa dimainkan oleh 2 sampai 5 orang lemain. dimana 2 orang bermain rindik dan sisanya untuk bermain suling dan gong pulu. terdapat lima nada dasar yang dimiliki oleh gambelan rindik. pada awalnya rindik hanya dibuat sebagai alat musik pengiring atau penghibur para petani disawah. seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan zaman, kini rindik sudah lebih fleksibel dalam pemakaiannya.beberapa diantaranya adalah sebahai pelengkap dalam acara pernikahan / resepsi serta pula untuk menyambut tamu atau para wisatawan.
Baik teman-teman hanya sekian dari penjelasan vidio diatas jika ada kesalahan baik perkataan maupun prilaku didalam vidio saya mohon maaf sebesar-besarnya, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.
Om Santhi, Santhi, Santhi Om

Vidio Ucapan Selamat Hari Raya Galungan Dan Kuningan

Om swastyastu

Hallo teman-teman sebelumnya perkenalakan nama saya I Putu Eka Julyana Putra dari mahasiswa Isi Denpasar dari pridi seni Karawitan nim 201802069 dan alamat saya banjar dinas pamesan desa Lokapaksa kecamatan seririt kabupaten Buleleng.

Disini saya akan menjelaskan tentang vidio diatas. vidio diatas merupakan vidio ucapan selamat hari raya Galungan dan Kuningan. kenapa saya membuat vidio ini yaitu untuk melambangkan bahwa kita telah mengingat bahwa dengan adanya hari raya Galungan dan Kuningan, dan vidio ini juga dibuat untuk mengingat kepada seluruh warga Indonesia khususnya yang beragama hindu bahwa hari raya Galungan merupakan kemenangan Dharma melawan Adharma.

Untuk warga negara Indonesia yang beragama hindu saya mengucapkan selamat hari raya Galungan dan Kuningan semoga kita selalu di lindungi oleh ida sang hyang widhi wasa serta diberikan kerahayuan dan kerahajengan. Hay para umat hindhu sedharma hilangkanlah pikiran atau hal-hal yang negatif, berhentilah berbuat tidak baik dengan sesama umat, marilah kita rayakan hari suci ini dengan pikiran dan prilaku yang positif agae perayaan hari suci ini bisa berjalan dengan baik dan indah serta penuh dengan rasa persaudaraan.

Baik temen-temen hanya sekian dari penjelasan vidio diatas jika ada kesalahan baik perkataan maupun prilaku didalam vidio, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Salam Rahayu. Om Santhi, Santhi, Santhi Om

Halo dunia!

Selamat Datang di Blog Institut Seni Indonesia Denpasar. Ini adalah post pertama anda. Edit atau hapus, kemudian mulailah blogging!