TEKNIK DASAR BERMAIN BASS ELEKTRIK

Teknik Dasar Bermain Bass Elektrik
Di dalam bermain musik kenyamanan sangatlah penting, agar bisa bermain musik dengan baik, Anda harus merasa nyaman dengan instrument yang Anda mainkan.                                                                                                                                                                                   Posisi dan Postur memegang Bass
Memegang Bass mulailah dengan posisi bass setinggi pinggul, turunkan bahu sedikit supaya relaks. Cek posisi bermain Anda di dpan cermin. Setiap pemain bass memiliki postur yang sedikit berbeda coba Anda lihat pemain bass yang terkenal semua mempunyai karakter tersendiri. Bereksperimenlah dengan panjang pendek strap sampai tangan kanan dan kiri anda merasa nyaman posisi yang lebih tinggi akan membantu Anda bermain dengan lebih mudah, tapi posisi bass yang menggantung lebih rendah sering kali tampak lebih keren. Kalau Anda berencana bermain cukup lama sambil berdiri, strap berkualitas baik akan membantu Anda merasa nyaman saat memainkan bass. Strap yang lembut dan lebar adalah yang paling baik, karena kelebaran itu membantu menyebarkan beban instrument tersebut.
Posisi Tangan Kiri
Letakkan tangan kiri pada fretboard, dengan ibu jari di belakang leher bass, kira-kira di belakang jari tengah. Anda harus selalu berusaha menggunakan satu jari untuk satu fret, berlatihlah merengangkan jari-jari. Jika Anda sulit meerngangkan jari-jari pada fret yang lebih rendah, cobalah posisi yang sama di atas fret ke 5, tempat fret lebih berdekatan. Menggunakan satu jari per fret memang pada awalnya melahkan, tapi jangan menyerah karena tak lama lagi tangan Anda akan semakin kuat. Apabila tangan Anda terasa letih, lepaskan dari fretboard, biarkan menggantung dengan benar-benar relaks. Jangan teruskan latihan Anda jika tangan Anda terasa sakit karena hal itu bisa menyebabkan kerusakan permanen.
Memetik Bass Eletrik
Anda mempunyai dua pilihan mengenai cara menghasilkan nada pada bass, yaitu
1. Memetik dengan telunjuk dan jari tengah penggunaan telunjuk dan jari tengah secara bergantian membutuhkan laithan. Mulailah dengan perlahan. Setelah itu baru Anda bisa mempercepat dengan tetap menjaga akurasi permainan. Anda bisa meletakan ibu jari di sisi pickup, di scratchplate, atau di atas krom pelindung pickup (jika ada).
2. Memetik dengan menggunakan pick atau plectrum, pick memiliki ketebalan yang berbeda tipis, medium, tebal. Masing – masing menciptakan sound berbeda dan terasa berbeda saat dimainkan. Untuk bass, pick yang tebal adalah yang paling sesuai karena tidak mudah melengkung ketika Anda memetik senar. Berlatih dengan memetik senar terbuka dengan menggunakan pick ayunkan pick ke bawah (downstroke) lalu kembali ke atas (upstroke) pada senar bass. Dengan kekuatan yang sama saat mengayunkan pick ke bawah dan ke atas, Anda akan memperoleh feel yang rata.
Pilihan Anda mungkin tergantung pada jenis musik yang ingin anda mainkan, jika Anda ingin bermain dalam group jazz atau soul, Anda sebaiknya menggunakan jari. Namun jika Anda ingin bermain dalam band metal atau rock, Anda membutuhkan plectrum atau pick agar permainan Anda terdengar oleh penonton.
Bermain dengan kedua tangan
Sejauh ini Anda hanya memainkan dengan dawai terbuka, sekarang saatnya Anda memainkan tangan kiri. Semua musisi melatih rangkaian not yang disebut tangga nada (scale) agar kekuatan, kecepatan, dan kelenturan jari-jari mereka bertambah demikian juga pemain bass. C mayor, semua tangga nada mayor terdiri dari atas 7 not C mayor menggunakan not C D E F G A B. Nama C mayor diambil dari nada yang mengawalli tangga nada tersebut, yaitu C. Tangga nada mayor membentuk pola tertentu pada fretboard Anda akan menemui pola lain seperti minor dan pentatonik.
Penyeteman Bass
Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika menyandang bass ialah menyetem. Dewasa ini, penyetem elektrik atau sejenisnya sudah lumrah, tapi sangat penting bagi Anda untuk mengetahui ini dan mampu menyetem tanpa referensi eksternal. Kemampuan ini akan sangat berguna ketika baterai penyetem elektrik Anda habis atau rusak.
Menyetem dengan harmonik, harmonik adalah serangkaian overtone dari getaran dawai. Ketika menekan sebuah harmonik, kedua belah dawai, di blakang dan di depan jari, harus bergetar bebas. Karena itu, jari tidak benar-benar menekan dawai pada fretboard, tapi hanya menyentuhnya dengan ringan. Coba Anda lakukan ini pada fret 5 dan 7 sampai Anda mendengar nada seperti genta yang jernih. Harmonik pada fret ke 5 dawai E (rendah) adalah harmonik yang sama dengan harmonik pada fret ke7 dawai A. Jika Anda memainkannya bersamaan, Anda akan tahu apakah dawai-dawai tersebut sudah selaras atau belum. Pertama-tama Anda harus mengecek dawai E terbuka (dawai yang Anda gunakan sebagai dasar penyeteman) sudah selaras dengan instrument lain yang akan mengiringi Anda bermain. Setelah dawai E tersebut selaras, Anda bisa memainkan harmonik pada fret ke 5 untuk mengecek dawai berikutnya. Biarkan harmonik ini berbunyi, lalu mainkan harmonik pada fret ke 7 dawai A. Sekarang mainkan kedua harmonik itu secara bersamaan. Jika keduanya bergabung dalam satu nada yang murni, berarti penyeteman sudah pas. Apabila terjadi osilasi (suara goyangan regular) antara kedua dawai tersebut, dawai A harus di sesuaikan sampai muncul nada yang murni. Jika osilasinya cepat berarti perbedaan kedua nada tersebut cukup jauh. Semakin dekat setemannya, maka semakin lambat goyangan tersebut. Anda harus menilai apakah harmonic dawai A lebih tinggi atau lebih rendah dari pada harmonik dawai E. Begitu dawai A sudah selaras dengan dawai E, Anda harus mengulang proses tersebut sebanyak dua kali, setem dawai D mengikuti dawai A, lalu dawai G mengikuti dawai D. JIka setiap harmonik pada fret ke 5 sudah selaras dengan dawai lebih tinggi berikutnya pada fret ke 7, bass Anda sudah selaras.
Tablatur
Kabar baik bagi para pemain bass adalah Anda tidak perlu mengkhawatirkan garis paranada musikal, karena ada “tablatur” yang akan memberitahu Anda letak setiap not pada fretboard. Tablatur atau TAB selalu diberikan di bawah notasi musik tradisional. Empat garis horizontal mewakili keempat dawai bass. Garis paling bawah menunjukan dawai paling bawah, dan garis paling atas menunjukan dawai paling atas. Nomor pada garis horizontal menunjukan dawai mana dan fret mana yang harus Anda mainkan untuk menghasilkan not yang Anda inginkan. Satu-satunya yang tidak bisa di tunjukan oleh TAB (tablatur) adalah ritme, dalam hal ini Anda masih harus merujuk pada garis paranada.
Mempercepat Latihan bermain Bass Elektrik
Beberapa petunjuk untuk membantu Anda berlatih, yaitu :
1. Coba luangkan waktu untuk berlatih setiap hari, meskipun hanya 10 menit. Lebih baik berlatih 10 menit setiap hari dari pada berlatih seminggu sekali selama dua jam.
2. Coba pilih bagian bass lagu favorite Anda, dan dengarkan bagaimana pemain bassnya menyatu dengan band.
3. Mulailah perlahan-lahan, begitu Anda bisa memainkan bagian itu dengan sempurna, tingkatkan kecepatannya dan ritme Anda pun akan tetap pada kecepatan itu.

Sumber :
Buku bas elektrik untuk pemula

Comments are closed.