MANFAAT MUSIK DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI

Manfaat Musik Dalam Kehidupan Sehari-hari
Terkadang saat kita sedang jenuh hal yang paling mudah untuk menghilangkan kejenuhan ialah dengan mendengarkan musik/lagu. Karena dengan mendengarkan musik pikiran kita bisa menjadi fresh kembali. Secara tidak langsung ungkapan bahasa dan bunyi alat musik itu mampu merubah perasaan kita yang sedih menjadi bahagia. Berdasarkan penelitian sains telah dibuktikan bahwa musik ternyata dapat membantu jiwa manusia menjadi tenang dan seimbang. Dan karena adanya pengaruh positif musik terhadap fisik dan psikologi manusia itu, menjadikan musik dimanfaatkan sebagai media penyembuhan. Sejak lahir manusia sudah memiliki keterkaitan dengan musik, mulai jantung berdetak sampai hembusan-hembusan nafas oleh manusia bila dipadukan dengan irama yang tepat bisa menghasilkan sebuah musik indah. Seperti beat mempengaruhi tubuh, ritme mempengaruhi jiwa, sedangkan harmony mempengaruhi roh. Sehingga ada musik yang membuat anda gembira, sedih, terharu, terasa sunyi, semangat, mengingatkan masalalu. Tidak jarang lagi pengetahuan tentang musik yang mempengaruhi jiwa maupun kelakuan pendengar. Contoh paling nyata bahwa beat sangat mempengaruhi tubuh adalah pada saat konser musik rock. Bisa dipastikan tidak ada penonton maupun pemain dalam konser tubuhnya tidak bergerak. Semua bergoyang dengan dasyat, bahkan cenderung lepas control, oleh karena itu manfaat musik bagi manusia itu banyak sekali diantaranya :
• Musik rap bikin kreatif
Lirik music rap tercipta secara spontanitas dan improvisasi. Para peneliti menemukan setiap lirik yang diciptakan secara spontanitas, penuh improvisasi, dan dibuat tanpa konsentrasi penuh, dapat meningkatkan aktivitas di area frontal cortex dalam otak dan harus bertanggung jawab penuh atas munculnya ide-ide.
• Musik klasik bikin focus
Peneliti dari Stanford University menunjukan musik klasik akan membantu pikiran lebih focus dan dapat memilih informasi. Nada yang ada dalam musik klasik dapat mempertajam otak sehingga lebih mudah untuk berkonsentrasi.
• Musik enerjik tingkatkan semangat
Musik mempengaruhi system saraf pusat untuk melakukan kegiatan sekaligus membantu mengalihakan pikiran anda dari ketidaknyamanan. Penelitian menunjukan musik enerjik cocok didengarkan saat melakukan aktivitas yang cukup berat. Nada cepat yang ada dapat membangunkan semangat dan memberi inspirasi untuk aktif.
• Lagu favorit membuat anda jadi lebih baik
Mendengarkan lagu yang anda sukai dapt memicu pelepasan dopamin, sebuah neurotransmitter di otak yang dapat meningkatkan rasa senang. Jadi sering-seringlah mengdengarkan lagu favorit agar mood anda semakin baik.
• Nada tertentu dapat menyembuhkan anda
Sebuah studi di Univesity of Kentucky memaparkan ada seorang pasien yang mendengarkan musik yang lembut sebelum, selama dan setelah operasi. Ternyata setelah mendengarkan musik tersebut, rasa nyeri dan kecemasan pasien berkurang, sehingga hanya memerlukan sedikit obat penenang. Dan sebaliknya musik keras akan menimbulkan rasa jengkel bagi yang mendengarnya. Kehidaupan tanpa musik ibarat sangkar tanpa burung yang selalu berkicau, tanpa musik mungkin kita akan sulit untuk menghilangkan kejenuhan. Maka dari itu nikmatilah musik yang anda sukai mungkin dengan begitu perasaan anda akan menjadi lebih tenang dan refresh kembali.

Musik sekedar memberikan efek hiburan, tetapi mampu memberikan makna membangkitkan gairah dan spirit hidup untuk memaknai hidup secara lebih indah. Mendengarkan musik, menghayati dan menikmatinya merupakan aktivitas yang menyenangkan dan bisa membuat kita nyaman. Efek inilah yang menimbulkan reaksi positif pada kondisi fisik dan psikis manusia. Apakah manfaat musik dalam kehidupan sehari-hari ?
1. Musik bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh kita karena musik mampu menghasilkan stimulant yang bersifat ritmis. Karena mempengaruhi metabolisme tubuh manusia sehingga berlangsung dengan baik. Metabolisme yang baik akan mengakibatkan tubuh mampu membangun sistem kekebalan yang lebih baik. Dengan sistem kekebalan yang baik, tubuh menjadi lebih tangguh terhadap kemungkinan serangan penyakit.
2. Musik dapat meningkatkan fungsi kerja otak kita. Hal tersebut di karena musik membuat saraf-saraf otak bekerja, rasa nyaman dan tenang yang membuat fungsi kerja otak bekerja optimal. Bila hal ini sering dilakukan, fungsi kerja otak kita akan menjadi prima, sehingga kemampuan berfikir kita menjadi tajam dan jernih.
3. Musik bisa menimbulkan psikologis yang dapat mengubah suasana hati dan kondisi emosi, sehingga musik bermanfaat sebagai relaksasi yang dapat menghilangkan stress, mengatasi kecemasan, memperbaiki mood dan menumbuhkan spiritual.
4. Musik bermanfaat sebagai alat dan media komunikasi antar manusia karena musik mampu memadukan perbedaan, menciptakan perdamaian dan solidaritas kemanusiaan. Sering kali peran dan manfaat musik sebagai sarana pergaulan dan media komunikasi yang bisa dipahami semua orang, sekalipun kita tidak memahami bahasa tiap-tiap bangsa. Musik sering kali menjadi alat komunikasi dengan orang yang kita cintai, mewakili perasaan hati, ungkapan kerinduan bahkan kemarahan.

Berkaitan dengan manfaat musik tersebut, jenis-jenis musik juga sangat mempengaruhi manfaat yang dirasakan setiap orang. Bagi saya, mendengarkan atau bermain musik sendiri, sebenarnya bisa menjadi terapi, terutama ketika saya mengalami kejenuhan, bosan, dan kebingungan. Musik memunculkan kembali semangat dan motivasi untuk melakukan aktivitas kembali. Musik adalah hal yang sangat penting bagi kita, banyak manfaat musik yang dapat kita peroleh sebagai berikut :

• Fungsi musik pengungkapan emosional
Disini musik berfungsi sebagai suatu media bagi seseorng untuk mengungkapkan perasaan atau emosinya. Dengan kata lain si pemain dapat mengungkapkan perasaan atau emosinya melalui musik.
• Fungsi penghayatan estetis
Musik merupakan suatu karya seni, suatu karya dapat dikatakan kerya seni apabila dia memiliki unsure keindahan atau estetika di dalamnya.
• Fungsi hiburan
Musik memiliki fungsi hiburan mengacu kepada pengertian bahwa sebuah musik pasti mengandung unsur-unsur yang bersifat menghibur.
• Fungsi perlambangan
Musik memiliki fungsi dalam melambangkan suatu hal. Hal ini dapat dilihat dari aspek-aspek musik tersebut, misalnya tempo sebuah musik. Jika tempo sebuah musik lambat, maka kebanyakan teksnya menceritakan hal-hal yang menyedihkan. Sehingga musik itu melambangkan akan kesedihan.
• Fungsi reaksi jasmani
Jika sebuah musik dimainkan, musik itu dapat merangsang sel-sel saraf manusia sehingga menyebabkan tubuh kita bergerak mengikuti irama musik tersebut.
• Fungsi yang berkaitan dengan norma social
Musik berfungsi sebagai media pengajaran akan norma-norma atau peraturan-peraturan. Penyampaian kebanyakan melalui teks-teksnya nyanyian yang berisi aturan-aturan.
• Fungsi pengesahan lembaga sosial
Fungsi musik disini berarti bahwa musik memiliki peranan yang sangat penting dalam suatu upacara. Musik merupakan salah satu unsur yang penting dan menjadi bagian dalam upacara, bukan hanya sebagai pengiring.

SUMBER:

http://almiraandanich.blogspot.com/p/blog-page_14.html
http://figapermata.blogspot.com/2013/05/manfaat-musik-bagi-kehidupan-sehari-hari.html

 

Comments are closed.