Archive for Juni, 2014

MANFAAT MUSIK DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI

Senin, Juni 30th, 2014

Manfaat Musik Dalam Kehidupan Sehari-hari
Terkadang saat kita sedang jenuh hal yang paling mudah untuk menghilangkan kejenuhan ialah dengan mendengarkan musik/lagu. Karena dengan mendengarkan musik pikiran kita bisa menjadi fresh kembali. Secara tidak langsung ungkapan bahasa dan bunyi alat musik itu mampu merubah perasaan kita yang sedih menjadi bahagia. Berdasarkan penelitian sains telah dibuktikan bahwa musik ternyata dapat membantu jiwa manusia menjadi tenang dan seimbang. Dan karena adanya pengaruh positif musik terhadap fisik dan psikologi manusia itu, menjadikan musik dimanfaatkan sebagai media penyembuhan. Sejak lahir manusia sudah memiliki keterkaitan dengan musik, mulai jantung berdetak sampai hembusan-hembusan nafas oleh manusia bila dipadukan dengan irama yang tepat bisa menghasilkan sebuah musik indah. Seperti beat mempengaruhi tubuh, ritme mempengaruhi jiwa, sedangkan harmony mempengaruhi roh. Sehingga ada musik yang membuat anda gembira, sedih, terharu, terasa sunyi, semangat, mengingatkan masalalu. Tidak jarang lagi pengetahuan tentang musik yang mempengaruhi jiwa maupun kelakuan pendengar. Contoh paling nyata bahwa beat sangat mempengaruhi tubuh adalah pada saat konser musik rock. Bisa dipastikan tidak ada penonton maupun pemain dalam konser tubuhnya tidak bergerak. Semua bergoyang dengan dasyat, bahkan cenderung lepas control, oleh karena itu manfaat musik bagi manusia itu banyak sekali diantaranya :
• Musik rap bikin kreatif
Lirik music rap tercipta secara spontanitas dan improvisasi. Para peneliti menemukan setiap lirik yang diciptakan secara spontanitas, penuh improvisasi, dan dibuat tanpa konsentrasi penuh, dapat meningkatkan aktivitas di area frontal cortex dalam otak dan harus bertanggung jawab penuh atas munculnya ide-ide.
• Musik klasik bikin focus
Peneliti dari Stanford University menunjukan musik klasik akan membantu pikiran lebih focus dan dapat memilih informasi. Nada yang ada dalam musik klasik dapat mempertajam otak sehingga lebih mudah untuk berkonsentrasi.
• Musik enerjik tingkatkan semangat
Musik mempengaruhi system saraf pusat untuk melakukan kegiatan sekaligus membantu mengalihakan pikiran anda dari ketidaknyamanan. Penelitian menunjukan musik enerjik cocok didengarkan saat melakukan aktivitas yang cukup berat. Nada cepat yang ada dapat membangunkan semangat dan memberi inspirasi untuk aktif.
• Lagu favorit membuat anda jadi lebih baik
Mendengarkan lagu yang anda sukai dapt memicu pelepasan dopamin, sebuah neurotransmitter di otak yang dapat meningkatkan rasa senang. Jadi sering-seringlah mengdengarkan lagu favorit agar mood anda semakin baik.
• Nada tertentu dapat menyembuhkan anda
Sebuah studi di Univesity of Kentucky memaparkan ada seorang pasien yang mendengarkan musik yang lembut sebelum, selama dan setelah operasi. Ternyata setelah mendengarkan musik tersebut, rasa nyeri dan kecemasan pasien berkurang, sehingga hanya memerlukan sedikit obat penenang. Dan sebaliknya musik keras akan menimbulkan rasa jengkel bagi yang mendengarnya. Kehidaupan tanpa musik ibarat sangkar tanpa burung yang selalu berkicau, tanpa musik mungkin kita akan sulit untuk menghilangkan kejenuhan. Maka dari itu nikmatilah musik yang anda sukai mungkin dengan begitu perasaan anda akan menjadi lebih tenang dan refresh kembali.

Musik sekedar memberikan efek hiburan, tetapi mampu memberikan makna membangkitkan gairah dan spirit hidup untuk memaknai hidup secara lebih indah. Mendengarkan musik, menghayati dan menikmatinya merupakan aktivitas yang menyenangkan dan bisa membuat kita nyaman. Efek inilah yang menimbulkan reaksi positif pada kondisi fisik dan psikis manusia. Apakah manfaat musik dalam kehidupan sehari-hari ?
1. Musik bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh kita karena musik mampu menghasilkan stimulant yang bersifat ritmis. Karena mempengaruhi metabolisme tubuh manusia sehingga berlangsung dengan baik. Metabolisme yang baik akan mengakibatkan tubuh mampu membangun sistem kekebalan yang lebih baik. Dengan sistem kekebalan yang baik, tubuh menjadi lebih tangguh terhadap kemungkinan serangan penyakit.
2. Musik dapat meningkatkan fungsi kerja otak kita. Hal tersebut di karena musik membuat saraf-saraf otak bekerja, rasa nyaman dan tenang yang membuat fungsi kerja otak bekerja optimal. Bila hal ini sering dilakukan, fungsi kerja otak kita akan menjadi prima, sehingga kemampuan berfikir kita menjadi tajam dan jernih.
3. Musik bisa menimbulkan psikologis yang dapat mengubah suasana hati dan kondisi emosi, sehingga musik bermanfaat sebagai relaksasi yang dapat menghilangkan stress, mengatasi kecemasan, memperbaiki mood dan menumbuhkan spiritual.
4. Musik bermanfaat sebagai alat dan media komunikasi antar manusia karena musik mampu memadukan perbedaan, menciptakan perdamaian dan solidaritas kemanusiaan. Sering kali peran dan manfaat musik sebagai sarana pergaulan dan media komunikasi yang bisa dipahami semua orang, sekalipun kita tidak memahami bahasa tiap-tiap bangsa. Musik sering kali menjadi alat komunikasi dengan orang yang kita cintai, mewakili perasaan hati, ungkapan kerinduan bahkan kemarahan.

Berkaitan dengan manfaat musik tersebut, jenis-jenis musik juga sangat mempengaruhi manfaat yang dirasakan setiap orang. Bagi saya, mendengarkan atau bermain musik sendiri, sebenarnya bisa menjadi terapi, terutama ketika saya mengalami kejenuhan, bosan, dan kebingungan. Musik memunculkan kembali semangat dan motivasi untuk melakukan aktivitas kembali. Musik adalah hal yang sangat penting bagi kita, banyak manfaat musik yang dapat kita peroleh sebagai berikut :

• Fungsi musik pengungkapan emosional
Disini musik berfungsi sebagai suatu media bagi seseorng untuk mengungkapkan perasaan atau emosinya. Dengan kata lain si pemain dapat mengungkapkan perasaan atau emosinya melalui musik.
• Fungsi penghayatan estetis
Musik merupakan suatu karya seni, suatu karya dapat dikatakan kerya seni apabila dia memiliki unsure keindahan atau estetika di dalamnya.
• Fungsi hiburan
Musik memiliki fungsi hiburan mengacu kepada pengertian bahwa sebuah musik pasti mengandung unsur-unsur yang bersifat menghibur.
• Fungsi perlambangan
Musik memiliki fungsi dalam melambangkan suatu hal. Hal ini dapat dilihat dari aspek-aspek musik tersebut, misalnya tempo sebuah musik. Jika tempo sebuah musik lambat, maka kebanyakan teksnya menceritakan hal-hal yang menyedihkan. Sehingga musik itu melambangkan akan kesedihan.
• Fungsi reaksi jasmani
Jika sebuah musik dimainkan, musik itu dapat merangsang sel-sel saraf manusia sehingga menyebabkan tubuh kita bergerak mengikuti irama musik tersebut.
• Fungsi yang berkaitan dengan norma social
Musik berfungsi sebagai media pengajaran akan norma-norma atau peraturan-peraturan. Penyampaian kebanyakan melalui teks-teksnya nyanyian yang berisi aturan-aturan.
• Fungsi pengesahan lembaga sosial
Fungsi musik disini berarti bahwa musik memiliki peranan yang sangat penting dalam suatu upacara. Musik merupakan salah satu unsur yang penting dan menjadi bagian dalam upacara, bukan hanya sebagai pengiring.

SUMBER:

http://almiraandanich.blogspot.com/p/blog-page_14.html
http://figapermata.blogspot.com/2013/05/manfaat-musik-bagi-kehidupan-sehari-hari.html

 

TEHNIK DASAR MEMAINKAN GITAR

Senin, Juni 30th, 2014

 

TEKNIK DASAR MEMAINKAN GITAR

 

Gitar merupakan sebuah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik dan digesek, gitar ada dua jenis yaitu gitar elektrik dan gitar akustik. Gitar Akustik adalah dengan bagian badan yang berlubang (hollow body). Gitar Elektrik dengan badan padat ( solid body), masing-masing jenis gitar memiliki kegunaan yang sama namun sesuai dengan kebutuhan si pemakai atau disebut sebagai gitaris. Gitar umunya digunakan untuk menemani iringan lagu dan musik.
• Posisi Memegang Gitar
Pastikan punggung anda dalam keadaan tegak, yaitu tidak bersandar saat memegang gitar. Hal ini akan membuat kondisi tubuh lebih relaks. Usahakan jangan membungkuk karena itu akan menyebabkan rasa sakit pada tulang belakang dan lama kelamaan merasa tidak nyaman. Bagian belakang body gitar harus menempel pada dada atau perut sehingga berat gitar akan bertumpu pada paha. Untuk orang normal (bukan kidal), neck gitar dipegang oleh tangan kiri dan posisi dawai gitar nomor 1 berada di atas dan dawai gitar nomor 6 berada di bawah.
• Chord dasar dalam bermain gitar
Ket :
1. Jari Telunjuk
2. Jari Tengah
3. Jari Manis
4. Jari Kelingking

• Belajar Chord Dasar

Chord pada gitar sangat banyak bahkan hingga ratusan, sehingga anda harus berkomitmen jika ingin menguasai gitar. Namun untuk pemula ada baiknya anda mempelajari beberapa chord dasar yang dapat dengan mudah ditemukan di buku musik/lagu atau internet.

• Memiliki Gitar
Jika anda ingin optimal dalam main gitar, tentu hal pertama yang perlu anda persiapkan adalah memiliki gitar pribadi. Dengan memiliki gitar sendiri, anda bisa berlatih setiap hari di rumah tanpa harus pergi ke studio atau meminjam pada teman, sebab hal tersebut akan menghambat waktu latihan anda yang ingin menguasai gitar. Anda bisa membeli gitar dengan merk dan harga tertentu sesuai dengan kebutuhan dan budget yang anda miliki. Untuk pemula ada baiknya memilih jenis gitar akustik dan klasik terlebih dahulu.

• Dawai /Senar dari Gitar
Gitar memiliki 6 senar dengan ukuran diameter yang berbeda-beda. Semakin kecil ukuran diameter senarnya maka semakin tinggi nada yang dihasilkan. Sebaliknya semakin besar ukuran diameter senarnya maka semakin rendah nada yang dihasilkan. Susunan senar gitar secara berurutan adalah dari yang berdiameter paling kecil hingga diameter paling besar. Senar yang berdiameter paling kecil disebut senar nomor 1, dan senar yang berdiameter paling kecil disebut senar nomor 6, Susunan senar pada gitar sebagai berikut.
Senar nomor 1 : E
Senar nomor 2 : B
Senar nomor 3 : G
Senar nomor 4 : D
Senar nomor 5 : A
Senar nomor 6 : E
• Cara Setem Senar Gitar
Pertama kita harus mengetahui urutan nada pada senar gitar yang sudah kita bahas sebelumnya. Dan untuk memperoleh hasil setem yang meksimal sebaiknya gunakan tuner gitar, bisa yang manual maupun yang elektrik. Jika menggunakan tuner manual pemain gitar harus mempunnyai kemampuan menyamakan nada pada senar gitar yang di setem dengan nada yang terdengar pada tuner manual. Jika menggunakan tuner elektrik maka pemain gitar cukup mengatur ketepatan nada pada senar yang di setem dengan melihat indicator light yang ada pada tuner elektrik. Tuner tiup termasuk dalam kategori tuner manual. Tuner ini digunakan dengan cara meniup lubang nada yang dikehendaki, kemudian senar diatur ketengangannya dengan cara di bunyikan hingga terdengar frekuensi nada yang sama persis dengan frekuensi nada tuner tiup.
• Teknik Memetik Gitar
Teknik dasar memetik dawai gitar ada 2 macam yaitu Apoyando dan Tirando.
1. Teknik Apoyando
Teknik Apoyando (rest stroke) adalah teknik memetik dawai dengan arah lurus sehingga menyentuh dawai berikutnya. Umumnya, ini untuk nada-nada tunggal, melodi. Yang dimaksud lurus di sini adalah jari yang memetik senar gitar dalam posisi lurus atau jika memakai jari telunjuk maka jari telunjuk pada posisi menunjuk.
2. Teknik Tirando
Teknik Tirando (free stroke) adalah teknik memetik dawai dengan arah melengkung sehingga tidak menyentuh dawai berikutnya. Teknik ini biasanya digunakan untuk memainkan akor arpeggio (broken chord).
• Tablature Gitar
Tablature (tablatur) adalah cara penulisan musik dengan menggambarkan jari. Cara yang paling mudah bagi anda untuk belajar melody gitar, karena selain bacanya mudah, banyak sekali gitaris-gitaris di dunia yang sudah membuat tab gitar (tablature). Tablatur pada gitar digambarkan dengan 6 senar dengan simbol-simbol berupa angka-angka yang menunjukan fret yang harus ditekan. Agar mampu membaca tablature sesuai dengan pattern yang tertulis, akan lebih baik jika seorang pemain gitar juga bisa membaca not balok. Sebab dalam tablature juga tertulis simbol-simbol yang menunjukan harga not yang dimainkan. Harga not tersebut berkaitan dengan panjang pendek nada yang dimainkan terhadap not berikutnya. Adapun berikut adalah pohon not dan tanda diam yang minimal harus dikuasai oleh pemain gitar pemula.
• Fingering & Picking
Fingering dan Picking merupakan dua hal yang tidak terpisahkan dalam bermain gitar. Fingering dapat diartikan teknik dalam menekan senar gitar. Sedangkan picking adalah teknik memetik senar gitar. Fingering dilakukan oleh tangan kiri, sedangkan picking di lakukan oleh tangan kanan. Teknik picking sendiri ada dua macam yaitu up stroke dan down stroke :
1. Up stroke adalah memetik senar gitar dari bawah ke atas
2. Down Stroke adalah memetik senar gitar dari atas ke bawah
Tabel simbolisasi fingering (tangan kiri) dan picking (tangan kanan)
Tangan Kiri (fingering) Jari-Jari Tangan Kanan (picking)
+ Ibu Jari p
(pulgar)
1 Telunjuk I
(indice)
2 Jari Tengah m
(medio)
3 Jari Manis a
(anular)
4 Kelingking c/ch
(chicc

 

Sumber :

Buku fokus kuasai gitar sampai master

 

 

GONG KEBYAR

Senin, Juni 30th, 2014

 

Gong Kebyar
Gong Kebyar adalah sebuah barungan baru. Sesuai dengan nama yang diberikan kepada barungan ini kebyar yang bermakna cepat, tiba-tiba dan keras, gamelan ini menghasilkan musik-musik keras dan dinamis. Gamelan ini dipakai untuk mengiringi tari-tarian atau memainkan tabuh-tabuahan instrumental. Secara fisik Gong Kebyar adalah pengembangan kemudian dari Gong Gede dengan pengurangan peranan atau pengurangan beberapa buah instrumentnya. Misalnya saja peranan trompong dalam Gong Kebyar di kurangi, bahkan pada tabuh-tabuh tertentu tidak dipakai sama sekali, gangsa jongkoknya yang berbilah 5 dirubah menjadi gangsa gantung berbilah 9 atau 10. Cengceng kopyak yang terdiri dari 4 sampai 6 pasang di rubah menjadi 1 atau 2 set cenceng kecil. Kendang yang semula dimainkan dengan memakai panggul diganti dengan pukulan tangan.

Secara konsep Gong Kebyar adalah perpaduan antara Gender Wayang dan Pelegongan. Rasa-rasa musikal maupun pola pukulan instrument Gong Kebyar ada kalanya terasa Gender Wayang yang lincah, Gong Gede yang kokoh atau Pelegongan yang melodis. Pola Gagineman Gender Wayang, pola Gegambangan dan pukulan Kaklenyongan Gong Gede muncul dalam berbagai tabuh Gong Kebyar. Gamelan Gong Kebyar adalah produk kebudayaan Bali modern. Barungan ini diperkirakan muncul di Singaraja pada tahun 1915 (McPhee, 1966 : 328). Desa yang di sebut-sebut sebagai asal pemunculan Gong Kebyar adalah Jagaraga (Buleleng) yang memulai tradisi Tari Kebyar. Ada juga informasi lain yang menyebutkan bahwa Gong Kebyar muncul pertama kali di desa Bungkulan (Buleleng). Perkembangan Gong Kebyar mencapai salah satu puncaknya pada tahun 1925 dengan datangnya seorang penari Jauk yang bernama I Mario dari Tabanan yang menciptakan sebuah Tari Kebyar Duduk atau Kebyar Trompong. Gong Kebyar beralas pelog 5 nada dan kebanyakan instrumennya memiliki 10 sampai 12 nada, karena kontruksi instrumennya yang lebih ringan jika dibandingkan dengan Gong Gede. Tabuh-tabuh Gong Kebyar lebih lincah dengan komposisi yang lebih bebas, hanya pada bagian-bagian tertentu saja hukum-hukum tabuh klasik masih dipergunakan, seperti Tabuh Pisan, Tabuh Dua, Tabuh Telu dan sebagainya.
Barungan yang utama terdiri dari :
• Gangsa Kantilan
Ada empat kantilan di kebyar, dua laki-laki dan dua perempuan. Lihat instrument gender dalam artikel ini. Instrumen ini adalah terdengar tertinggi dalam ansembel kebyar, dengan catatan tertinggi berada di sekitar C7. Ini memiliki 10 kunci, dan berbagai 2 oktaf, dan dimainkan dengan palu kayu.
• Gangsa Pemade
Ada 4 pemade di kebyar, dua laki-laki dan dua perempuan. Instrumen ini juga memiliki 10 kunci, berbagai 2 oktaf, persis 1 oktaf lebih rendah dari kantilan..
• Ugal
Ugal adalah lebih tinggi dari gangsa lain, dan pemain duduk di bangku pendek, sehingga memungkinkan pemain untuk isyarat ensembel visual dengan mudah.
Instrumen ini juga memiliki 15 tombol, dengan 2 oktaf. Catatannya adalah 1 oktaf lebih rendah dari pada gangsa pemade.
• Jegogan
Ada dua jegogan dalam kebyar, satu laki-laki dan satu perempuan. Instrumen ini kisaran satu oktaf, dan satu oktaf di bawah calung satu laki-laki dan satu perempuan.
• Jublag atau Calung
Jublag atau Calung instrument ini, seprti jegog, juga memerlukan tabung bambu beresonansi panjang sehingga sering dimainkan sambil duduk di bangku kecil. Instrumen ini kisaran satu oktaf, di antara pemade dan ugal. Beberapa memiliki 5 kunci (1,2,3,5,dan6).
• Gong Gede
Juga disebut sebagai hanya gong, gong gede terdalam, dan yang paling resonan. Gede tertulis berarti besar. Di anggap instrument yang paling suci dalam kebyar. Karena nada mendalam, menembus melalui ensembel dapat di dengar untuk mil.
• Kempur
Sebuah gong berukuran sedang, kempur ini sangat mirip dengan Gong Gede karena memiliki kualitas yang sangat mirip.
• Reong
Reong instrumen ini terdiri dari 12 ceret dipasang horizontal berturut-turut pada frame. Dimainkan oleh 4 musisi, reong memiliki 2 peran perkusi melodi dan non- melodi.
• Trompong
Trompong ini biasanya tidak di gunakan dalam kebyar, karena dikaitkan dengen genre yang lebih tua seperti gamelan Gong Gede. Ketika di gunakan di posisikan di depan ensebel, menghadap penonton.
• Kajar
Kajar adalah sebagai instrument tempo.
• Kendang
Kendang adalah drum berkepala 2 dari kayu nangka dan kulit sapi. Kendang pasangkan semakin besar, memimpin bagian perempuan (wadon), dan laki-laki(lanang).
• Rebab
Rebab adalah biola lonjakan dimainkan dengan busur. Hal ini hanya kadang-kadang digunakan dalam kebyar seperti yang sering tenggelam oleh metalofon.
Struktur Gong Kebyar
Gong Kebyar merupakan salah satu perangkat/barungan gamelan Bali yang terdiri dari lima nada (panca nada) dengan laras pelog, tetapi tiap-tiap instrument terdiri sepuluh bilah. Gong Kebyar bagi masyarakat Bali sudah tidak asing lagi, karena hamper seluruh desa maupun banjar yang ada di Bali memiliki satu perangkat/barungan Gong Kebyar. Oleh karenanya gong kebyar menjadi satu barungan gamelan tergolong baru jika dibandingkan dengan jenis-jenis yang ada saat ini seperti : Gamelan Gambang, Gong Gede, Slonding, Semara Pegulingan dan masih banyak yang lainnya. Di Bali ada dua macam bentuk perangkat dan gaya utama gamelan gong kebyar yaitu gamelan gong kebyar Bali Utara dan gamelan gong kebyar Bali Selatan. Kedua gamelan gong kebyar ini perbedaanya terletak pada :
• Tungguhan gangsa, Bali Utara bentuk bilah penjain dan dipacek sedangkan Bali Selatan menggunakan bentuk bilah kolorusuk dan digantung.
• Gamelan Bali Utara kedengarannya lebih besar dari suara gamelan Bali Selatan, meskipun dalam patutan yang sama.
Dalam perkembangannya gong kebyar munculah istilah gaya Bali Utara dan gaya Bali Selatan, meskipun batasan istilah ini juga masih belum jelas. Sebagai daerah atau Kabupaten yang termasuk daerah Bali Utara hanyalah Kabupaten Buleleng. Sedangkan Kabupaten Badung, Tabanan, dan lain mengambil gaya Bali Selatan. Disamping itu penggunaan tungguhan gong kebyar di masing-masing daerah sebelumnya memang selalu berbeda karena disesuaikan dengan kebutuhan maupun fungsinya.
Fungsi Gong Kebyar
Sebagaimana kita ketahui lewat literature dan rekaman telah tampak bahwa Gong Kebyar itu telah berfungsi sebagai pembaharu dan pelanjut tradisi. Sebagai pembaharu maksudnya adalah lewat gong kebyar para seniman kita telah berhasil menciptakan gending-gending baru yang lepas dari tradisi yang sudah ada. Sedangkan sebagai pelanjut tradisi maksudnya adalah gong kebyar telah mampu mempertahankan eksistensi reporter gamelan lainnya melalui transformasi dan adatasi. Seperti apa yang telah diuraikan di atas bahwa gong kebyar memiliki fungsi mengiringi tari kekebyaran dan drama.
Barungan Gong Kebyar bisa diklasifikasikan menjadi 3 :
1. Utama = Yang besar dan lengkap
2. Madya = Yang semi lengkap
3. Nista = Yang sederhana

 

MANFAAT MUSIK DALAM MEDIA PENDIDIKAN

Senin, Juni 30th, 2014

 

MANFAAT MUSIK DALAM MEDIA PENDIDIKAN

Pemanfaatan musik sebagai media pembelajaran yang bisa membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan tidak membosankan. Musik dapat menyeimbanngkan kecerdasan intelektual dan emosional sehingga akan memberikan hasil yang baik bagi siswa. Relaksasi yang diiringi dengan musik membuat pikiran selalu siap dan mampu untuk lebih berkonsentrasi dalam menerima pelajaran. Musik yang paling membantu dalam pembelajaran adalah musik barok. Musik barok menggunakan ketukan-ketukan yang khas dan pola-pola yang secara otomatis menyinkronkan tubuh dan pikiran siswa. Musik klasik yang dikatakan juga mampu untuk menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri atau disebut dengan kecerdasan intelektual dan emosional. Siswa yang memperoleh pendidikan musik sejak dini, dewasa nanti akan menjadi manusia yang memiliki pemikiran logis, cerdas, dan kreatif. Karena musik dapat merangsang kecerdasaan, kecerdasan tersebut yaitu : Musik dapat merangsang fungsi otak artinya musik memberikan rangsangan pertumbuhan fungsi-fungsi ingatan untuk belajar, berbahasa, mendengar dan berbicara, serta analisis, intelek dan merangsang pertumbuhan pada ingatan. Merangsang otak secara fisk disini bukan berarti musik yang memperbaiki kondisi fisik otak akan tetapi kondisi fisik otak yang lebih baik memungkinkan seseorang belajar musik.  Meningkatkan fungsi kognitif artinya musik memungkinkan untuk berfikir, mengingat, menganalisis, belajar dan secara umun melakukan aktivitas mental yang lebih tinggi.

Merangsang proses asosiatif artinya musik dapat menjadi perangsang yang dapat membangkitkan siswa untuk mengingat kembali pengalaman emosial pada masa kanak-kanak.  Merangsang rekognitif artinya dengan musik, saraf indera pendengaran mengirim sinyal ke otak untuk mengenali kembali alunan musik tersebut.  Musik memperluas gudang ingatan artinya musik mampu untuk membangkitkan individu untuk memanggil kembali data lainnya karena adanya proses asosiatif. Merangsang perkembangan bahasa artinya music sering digunakan untuk membantu siswa supaya lebih mampu belajar berbahasa. Merangsang pikiran ritmis artinya music koordinasi gerak dengan ritme, belajar dan memahami musik merupakan suatu proses belajar memahami irama. Jenis musik yang baik digunakan untuk media pembelajaran seperti yang telah dipaparkan sedikit diatas adalah jenis musik barok. Menurut penemuan Dr. Lozanov musik yang paling membantu untuk media pembelajaran adalah musik barok seperti Bach, Handel, Pachelbel, dan Vivaldi. Pengaruh musik barok tidak terbatas bagi manusia. Untuk memasukan informasi, jangan menggunakan musik yang mengandung kata-kata, gunakan musik sesuai dengan kebutuhan. Untuk pemasukan informasi, gunakan musik dengan tempo 55-70 bit per menit. Untuk brain stroming diskusi atau tugas yang menggunakan output gunakan musik yang lebih aktif 100-149 bit per menit. Selain itu ada jenis musik yang lain yang dapat membantu dalam proses pembelajaran : Musik klasik merangsang kompleksitas bagian otak. Selain itu musik klasik juga mampu untuk menyeimbangkan antara otak kanan dengan otok kiri atau biasa disebut kecerdasan intelektual dan emosional siswa. Seperti musik karya Mozart Nature Sound Music, merupakan bentuk integratif musik klasik dengan suara-suara alam. Seperti komposisi musik barok disertai dengan latar belakang suara ombak lautan atau gemercik air Dengan menggunakan musik yang khusus, maka kita dapat mengerjakan pekerjaan yang melelahkan, pekerjaan yang berat menjadi rileks dan tetap berkonsentrasi sehingga pekerjaan yang berat akan menjadi lebih ringan. Manfaat penggunaan music untuk membantu pembelajaraan yaitu :  Musik akan membuat siswa rileks dan tidak setres yang akan menghambat proses pembelajaran.  Merangsang kreativitas dan kemampuan berpikir siswa sehingga dapat memperoleh hasil yang lebih baik. Membantu kreativitas dengan membawa otak pada gelombang tertentu.

Merangsang minat baca, keterampilan motorik dan perbendaharaan kata. Sangat efektif untuk proses pembelajaran yang melibatkan pikiran sadar maupun pikiran bawah sadar. Untuk menciptakan suasana yang mendukung proses belajar, otak perlu pendapat rangsangan yang sesuai, sehingga otak dapat dengan mudah menerap informasi dan mengerti informasi dan mengembangkan keterampilan berfikir. Manfaat musik sebenarnya tergantung pada cara kita menggunakannya, kapan dan apa saja jenis musiknya. Berikut penggunaan musik dalam proses pembelajaran : Musik digunakan sebagai pembukaan sehingga pada waktu yang sesuai akan sangat membantu mempengaruhi perhatian siswa di awal proses pembelajaran. Musik digunakan sebagai pembatas waktu, contohnya jika guru memberikan tugas kepada siswa, maka guru dapat membatasi waktu untuk mengerjakan tugas sampai selesai musik tersebut. Musik digunakan untuk membantu diskusi, saat melakukan diskusi mainkan musik sebagai latar belakang. Peran musik disini adalah untuk menciptakan atmosfir yang mendukung proses diskusi. Musik digunakan untuk membangkitkan semangat dan energi, saat suasana kelas agak menurun siswa sudah mulai mengantuk, bosan, atau letih mainkan musik dengan tempo yang tinggi sambil melakukan gerak badan atau brain gym. Musik untuk penutup, jika ada musik pembukaan maka harus ada musik penutup. Musik ini dimainkan saat siswa telah selesai belajar dan bersiap untuk pulang sehingga pada saat pulang siswa dapat pulang dengan senang dan gembira. Perbedaan belajar dengan menggunakan musik dengan belajar tanpa musik : Tanpa musik Denyut nadi dan tekanan darah meningkat sehingga otak menjadi tegang sulit untuk menerima materi pelajaran. Gelombang otak semakin cepat sehingga akan mengakibatkan person yang sudah disampaikan ke otak akan cepat hilang dan tidak tersimpan pada longtherm memory. Menggunakan musik Denyut nadi dan tekanan darah rendah sehingga otak menjadi relaks dan mudah untuk menerima pelajaran. Gelombang otak melambat sehingga siswa akan menyimpan semua materi yang telah disampaikan ke longtherm memory. Pendidikan musik merupakan sebuah disiplin ilmu yang tidak terlalu baru sebagai bagian dari disiplin psikologi dan musikologi. Tetapi di Indonesia pendidikan musik masih dirasa sebagai disiplin ilmu yang masih baru. Walaupun demikian, penelitian-penelitian mengenai pendidikan musik ataupun penelitian mengenai musik implikasinya terhadap pendidikan, telah banyak dihasilkan. Hal ini merupakan sebuah gambaran kepedulian dan konsistensi para pendidik musik yang sedang tumbuh pada konsep holistik tentang musik, tidak hanya aspek motorik dan afeksi saja tetapi juga aspek kognisi. Pokok bahasan yang akan diluas pada artikel ini merupakan pengantar secara garis besar kepada pembaca mengenai manfaat-manfaat pendidikan musik bagi siswa yang telah banyak diteliti oleh para pendidik musik. Karena dari pengalaman penulis di daerah, banyak siswa termasuk gurunya yang kurang memahami manfaat dari pendidikan musik, pendidikan musik tidak perlu dianggap serius, sehingga dari kurangnya pemahaman tersebut proses pengajaran musik menjadi seadanya saja. Sebagai akibatnya siswa yang nantinya akan menjadi individu-individu masyarakat kritis menjadi kurang menghargai pelajaran musik, akhirnya menjadi masyarakat yang kurang kritis terhadap kesenian.

Suber :

http://itto-yuliandra.blogspot.com/2011/08/fungsi-musik-untuk-pendidikan.html http://rumahpendidikan67.blogspot.com/2013/02/manfaat-musik-dalam-media-pendidikan.html