Tips Mudah Menghafalkan Al Quran

This post was written by Indra on Desember 16, 2019
Posted Under: Karya

Keistimewaan dunia adalah menjadi penghafal alquran dan menghafal alquran adalah ibadah yang paling disukai oleh Allah. Menghafal dapat membawa kebaikan, berkah, dan belas kasihan kepada mereka. Sementara keistimewaan akhirat meliputi; Quran akan menjadi pembantu di akhirat, dan akan  memberikan kepada kedua orang tuanya kemuliaan. Salah satu sarana untuk bisa menghafalkan alquran adalah dengan rajin mendengar MP3 al quran 30 juz.

Selain rajin mendengar murattal, apa sajakah tips lainnya yang bisa dilakukan untuk bisa menghafalkan alquran atau mengajarkan anak menghafal alquran sejak dini. Apa sajakah tipsnya?

Tips Mudah Menghafalkan Alquran

  1. Mengenalkan Al-Qur’an kepada Anak Sedini Mungkin

Ada banyak cara mudah untuk memperkenalkan anak-anak kepada Al-Quran sejak usia dini, termasuk mendengarkan pembacaan Al-Quran ketika anak dalam kandungan, dengan orangtua yang rajin membaca Al-Quran selama periode kehamilan, atau memutar MP3 alquran 30 juz melalui berbagai media seperti ponsel, laptop, atau media lainnya.

Hafiz As-Suyuti mengatakan bahwa mengajar Al-Quran kepada anak-anak adalah salah satu fondasi Islam, sehingga mereka dapat tumbuh dengan fitrah, dan bisa meresap cahaya hikmah lebih cepat di dalam hati mereka sebelum didahului oleh nafsu dan kegelapan dalam bentuk kemaksiatan dan kesesatan.

Dengan mulai memberikan pelajaran bagi anak-anak saat mereka masih dalam kandungan dan kemudian saat bayi lahir, diharapkan semangat Al-Qur’an atau semangat yang telah melekat pada anak, sehingga kecintaan anak terhadap Al-Qur’an akan berkembang sampai anak menjadi dewasa.

  • Mendekatkan Anak dengan Al-Qur’an dengan Berbagai Cara

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menanamkan kecintaan anak-anak terhadap Al-Qur’an sejak usia dini. Selain mendengarkan anak-anak bacaan tilawah, ada baiknya juga jika anak sering diajak berdiskusi tentang Al-Qur’an.

Apa saja tentang keutamaan orang-orang yang membaca dan menghafal Al-Qur’an, tentang para penghafal Al-Qur’an yang diceritakan atau didiskusikan sesuai dengan tingkat pemahaman mereka.

Kita bisa mencoba untuk mengajak “brainstorming” tentang Al-Qur’an. Dengan cara ini, anak-anak akan tumbuh dengan mencintai Al-Qur’an, dan sampai nanti akan memahami dan merasakan manfaat yang baik serta kualitas Al-Qur’an itu sendiri.

Kegiatan ini sangat penting bagi orang-orang yang menghafal Al-Qur’an sehingga mereka dapat termotivasi dan dapat serius menghafal Al-Qur’an. Diskusi seputar tentang Al-Qur’an kepada anak juga dapat membuat anak merefleksikan suatu dorongan yang segar, mengembalikan vitalitas kepada banyak orang serta mendorong semangat dan aktivitas anak dari waktu ke waktu.

 Oleh karena itu, pengetahuan tentang Al-Qur’an tidak dapat dijauhkan dari anak, sehingga cintanya pada Al Qur’an meningkat.

  • Luangkan Waktu dan Pilihlah Waktu yang Tepat

Pendampingan selama menghafal Al-Qur’an tentu merupakan keharusan yang harus dipenuhi oleh setiap orangtua bila menginginkan anak-anak mereka menjadi seorang penghafal Al-Qur`an. Konsekuensi dari pendampingan adalah orangtua harus mau meluangkan waktu untuk anak mereka.

Kegiatan pendampingan selain memberikan kenyamanan, diharapkan juga sebagai kontrol atas target hafalan yang telah ditetapkan oleh orang tua. Meski begitu, orangtua tidak boleh mengekang anak untuk terus menghafal Al-Qur’an tanpa memberi kesempatan kepada mereka untuk bermain, karena anak bukanlah sebuah mesin yang dapat diatur dan dipakai kapan saja sesuai kehendak orang tua.

Waktu yang dimaksudkan paling tidak saat anak menghafal Al-Qur’an atau saat anak muroja’ah (mengulang hafalan), sebagaimana jadwal yang telah ditetapkan oleh orangtua bagi anak. Dengan menyediakan waktu yang cukup bagi anak, maka orangtua benar bersungguh-sungguh untuk mendidik anaknya menghafal Al-Qur’an.

Dengan tips di atas, semoga kita semua dimudahkan dalam menghafal alquran. Jangan lupa gunakan MP3 alquran 30 juz untuk membantu Anda lebih mudah menghafalkan ayat-ayat Allah.

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address