Manfaat Pohon Bidara

This post was written by Indra on April 21, 2020
Posted Under: Tak Berkategori

Pohon bidara atau bisa juga dikenal dengan sebutan widura adaah sebuah pohon yang menghasilkan daun yang bisa mengobati berbagai penyakit. Selain daunnya, buah manis dan asam dari bidara juga dipenuhi dengan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Pohon bidara banyak dibudidayakan di Asia Selatan dan Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Terlebih lagi, penampilan buah ini agak mirip dengan kurma, dan oleh karena itu sering dikenal sebagai kurma merah, kurma Cina, kurma Korea dan kurma India di seluruh dunia. Bidara hadir dalam berbagai warna, sebagian besar berwarna merah tua atau hitam keunguan sedangkan bidara mentah berwarna hijau.

Manfaat  mengkonsumsi bidara

Bidara adalah buah berukuran bulat yang memiliki beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa, dari membuat tidur nyenyak hingga memastikan usus sehat. Buah kecil ini adalah dosis nutrisi yang sempurna.

Bidara sendiri adalah genus semak di keluarga buckthorn Rhamnaceae. Genus ini termasuk Ziziphus jujuba, yang memiliki nama-nama umum seperti tanggal Cina, tanggal India, tanggal Korea dan tanggal merah.

Paling sering digunakan sebagai pohon peneduh, meskipun buahnya juga bisa dimakan. Bagian tanaman yang paling umum digunakan dalam pengobatan herbal adalah buah dan biji.

Bidara dapat tumbuh setinggi hampir 5 meter. Biasanya memiliki cabang berduri, dan daun mengkilap. Bunga-bunga kecil berdiameter kurang dari 2 cm dan berwarna kuning atau hijau. Buahnya adalah buah berbiji yang panjangnya bisa lebih dari 2 cm. Rasanya seperti sebuah apel sebelum matang, meskipun buah yang sudah matang rasanya seperti kurma.

 Banyak negara Asia kini menumbuhkan Ziziphus secara komersial, terutama Cina, Korea, dan India. Spesies ini juga dibudidayakan di Eropa tenggara. Komponen aktif biologis yang paling signifikan dari Ziziphus jujube atau bidara adalah sekelompok saponin yang dikenal secara kolektif sebagai jujubosides.

 Efek biokimia utama mereka adalah untuk menghambat jalur sinyal di hippocampus yang dimediasi oleh glutamat. Tindakan ini memberi Ziziphus efek relaksasi. Berikut adalah manfaat mengkonsumsi buah bidara lebih lanjut :

1. Membantu Meningkatkan Sirkulasi Darah

Buah-buahan kecil ini dipenuhi dengan mineral seperti kalium, fosfor, mangan, besi, dan seng. Kombinasi dari mineral-mineral ini diperlukan untuk menjaga kesehatan jantung yang baik. Zat besi membantu meningkatkan jumlah hemoglobin yang pada gilirannya mencegah anemia. Mineral ini penting dalam mengatur aliran darah dalam tubuh.

2. Membuat Kulit Bersinar

Bidara mengandung vitamin C dan antioksidan yang dikenal untuk membalikkan efek penuaan. Antioksidan akan melawan dengan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel. Vitamin C dapat melakukan keajaiban bagi wajah Anda dengan memberikan cahaya sehat dan bebas jerawat untuk kulit.

Kandungan dalam bidara mencegah tanda-tanda awal penuaan dan membantu mencerahkan dan membersihkan kulit kusam.

3. Baik untuk Tulang Manusia

Bidara kering merupakan sumber kalsium, fosfor yang membantu dalam mengembangkan dan menjaga kepadatan tulang. Jika Anda seseorang yang menderita radang sendi maka buah ini dapat menjadi pilihan buah yang baik. Bidara memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat memberikan bantuan dan mengurangi pembengkakan pada sendi.

4. Bagus Untuk Perut

Kaya akan serat dan karbohidrat, bidara adalah sumber energi yang bagus karena membantu meningkatkan metabolisme Anda. Bidara memiliki beberapa mineral dan vitamin terkonsentrasi yang membuatnya sangat bergizi.

Bidara sangat mudah dicerna karena mengandung serat makanan, dan karenanya dapat membantu menyembuhkan sembelit. Jika Anda adalah seseorang yang memiliki masalah gastrointestinal kronis, maka mengkonsumsi buah ini bisa memberi perut Anda bantuan jangka panjang.

5. Membantu Anda Tidur Lebih Baik

Menurut tradisi Tiongkok kuno, bidara digunakan untuk menyembuhkan insomnia. Seluruh buah termasuk biji kaya dengan antioksidan phytochemical, polisakarida, flavonoid, saponin, yang dianggap memiliki kualitas obat penenang.

Buah ini membantu mendorong tidur dengan menenangkan saraf Anda. Buah ini membantu mengobati kecemasan dan fungsi sebagai penginduksi tidur alami dengan merelaksasi pikiran dan tubuh Anda.

Bagi orang yang menderita insomnia atau gelisah, mengkonsumsi ekstrak biji buah bidara bisa menjadi obat yang baik.  Sifat menenangkan dari senyawa organik yang terkandung dalam buah bermanfaat ini dapat menenangkan tubuh dan pikiran, jadi jika Anda tidak dapat tidur di malam hari, maka ramuan buah ini adalah apa yang Anda butuhkan.

6. Mengatur Sirkulasi Darah

Buah bidara adalah sumber yang kaya zat besi dan fosfor dan merupakan bahan utama dalam sel darah merah. Jika Anda menderita kadar zat besi yang rendah dalam darah atau anemia, Anda mungkin mengalami gejala seperti kelemahan otot, kelelahan, gangguan pencernaan, sakit kepala ringan, dan kebingungan kognitif.

Dengan meningkatkan asupan zat besi dan fosfor dengan buah Bidara, Anda dapat meningkatkan aliran darah, sehingga memberi oksigen pada sistem organ Anda lebih efektif.

7. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Dengan meningkatkan mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi yang semuanya hadir dalam buah Bidara, Anda dapat memastikan bahwa tulang Anda tetap tangguh dan kuat

8.  Mencegah Penambahan Berat Badan

Dengan jumlah kalori rendah dan kadar protein dan serat yang tinggi, jujube dapat memenuhi kebutuhan nutrisi Anda dan membuat Anda kenyang, yang akan mencegah Anda ngemil di sela waktu makan. Buah ini akan membantu Anda mempertahankan pola makan dan mencegah penambahan berat badan.

9. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Bidara telah terbukti memiliki efek anxiolytic dan efek menenangkan pada tubuh. Menggunakan ekstrak minyak Bidara atau mengonsumsi buah Bidara dapat berdampak pada tingkat hormon Anda dan menimbulkan sensasi tenang dan rileks melalui pikiran dan tubuh Anda.

Bagi orang-orang yang secara teratur menderita stres atau kecemasan kronis, Bidara dapat membantu meringankan pikiran dan melindungi tubuh dari efek samping dari paparan yang lama terhadap hormon stres.

Apakah anda ingin sekali mengkonsumsi buah bidara api tidak bisa menemukan buah ini, kami jual bidara dengan harga yang terjangkau. Anda bisa tetap mengkonsumsi buah menyehatkan ini. 

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address