Definisi Cotton moda dan Kandungannya

This post was written by Indra on Desember 9, 2019
Posted Under: Tulisan

Pernahkah Anda melihat tertulis kata “cotton moda” pada pakaian yang Anda beli? Jika Anda membeli pakaian pernahkah Anda melihat atau mengecek bahan yang tertulis pada label pakaian? Biasanya pada label pakaian akan tercantum jenis bahan sasra ybag dipakai untuk jenis pakaian tersebut. Namun tahukah Anda maksud dari tulisan dan kelebihan dari bahan dasar tersebut?

Sekarang ini kaos adalah pakaian yang paling banyak diminati oleh banyak kalangan. Minimal pemakaiannya seminggu sekali. Baik dipakai sehari-hari atau pergi jalan-jalan. Apalagi di jaman anak muda sekarang, kaos paling banyak disukai karena memang lebih sederhana pemakaiannya.

Desain dari setiap kaos yang banyak ditemui dipasar dijual dengan harga yang berbeda-beda. Bahan katun merupakan bahan standar yang banyak digunakan dalam pembuatan kaos dan paling banyak diminati. Ada banyak orang mungkin tidak perduli atau tidak tahu dengan variasi bahan kain untuk pembuatan kaos. Salah satu bahan yang bagus adalah cotton moda.

Pernahkah Anda mencari tahu kualitas bahan dari kaos yang Anda pakai benar-benar bagus dan nyaman saat dipakai? Atau jika Anda mengenal beberapa variasi bahan pakaian, sudah pernahkah Anda mencoba pakaian yang dibuat dari bahan dasar katun modal? Bagaimana rasanya dipakai?

Definisi Cotton moda dan Kandungannya

Kain modal merupakan jenis kain rayon yang umumnya digunakan untuk produk  pakaian dalam, piyama, handuk, jubah mandi maupun sperei. Kain modal merupakan kain semi sintesis yang dibuat dari pemintalan serat selulosa yang dihasilkan dari pohon beech dengan proses yang tidak rumit. Agar terlihat lebih bagus lagi biasanya kain ini akan dicampur dengan bahan lain seperti kapas dan spandex.

Proses pembuatan kain modal ini lebih sederhana dan limbah yang dihasilkan juga sedikit. Jadi intinya adalah Kain modal ini dibuat dengan campuran 50% serat kapas dan 50% serat kayu atau beechwood. Dilihat dari segi bahannya, ini cukup mahal jika dibandingkan dengan cotton bamboo atau bahan lainnya. Bahan yang dicampur dengan kapas dan spandex ini semakin membuat hasil dari pakaian lebih berkualitas seperti penyeral udara dan dingin ataunadem saat disentuh.

Serat yang terdapat pada pakaian akan menahan warna pakaian sehingga terlihat tetap glowing dan cerah. Bukan hanya itu saja, kain modal juga bisa dijadikan sebagai kain rajutan atau anyaman. Dikarenakan bahannya yang lembut, tahan kusut dan finishing saat membuatnya juga akan terlihat lebih berkilau. Sekarang ini bahan modal ini begitu populer di Amerika Serikat dan pengerjaannya biasanya dalam pembuatan produk pakaian sehari-hari.

Bagi orang yang paham dengan jenis kain atau bahan kain pasti akan tahu bahwa sebenarnya kualitas cotton bamboo dengan kain modal sebenarnya beda tipis. Yang membedakannya hanyalah pada komposisi kainnya. Kain modal terbuat dari 50% serat cotton dan 50% serat kayu. Sedangkan cotton bamboo terbuat dari 30% serat cotton dan 70% serat bambu.

Dilihat dari kualitas yang dihasilkan masih lebih bagus kain modal daripada yang lainnya. Perbedaannya hanyalah pada saat memakainya. Ketika memakai pakain dari bahan cotton moda akan terasa lebih lembut dan memberikan kenyamanan tersendiri serta memberikan kesan yang lebih elegan. Bagi Anda yang ingin membuka usaha atau ingin menjadi produsen kaos dakwah, sebaiknya cari tahu lebih dahulu jenis bahan yang digunakan untuk membuat pakaian serta kelebihan dari setiap bahan tersebut agar tidak mengecewakan pembeli.

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address