RSS Feed
Mar 2

Kerangka Karangan

Posted on Senin, Maret 2, 2015 in Tak Berkategori

PENGERTIAN KERANGKA KARANGAN

Writing

Secara singkat kerangka karangan adalah rencana penulisan yang memuat garis-garis besar dari suatu karangan yang ditulis. Karena jarang sekali orang-orang yang langsung menuangkan ide-idenya atau isi pikirannya secara teratur, logis, dan sempurna di atas kertas sebelum menulis kerangka karangan itu dalam kertas. Kita harus membuat bagan dan rencana kerja agar mengalami perbaikan, dan penyempurnaan metode untuk membuat rancangan biasanya disebut dengan kerangka karangan atau outline.

Kerangka karangan menjamin suatu penyusunan yang logis dan teratur, serta penulis dapat membedakan mana yang gagasan utama dan mana yang termasuk gagasan tambahan, kerangka karangan dapat membentuk catatan-catatan sederhana, tetapi dapat juga mendetail dan kerja dengan sangat cermat.

Berikut adalah kerangka karangan yang penulis susun dalam rangka tugas mata kuliah Bahasa Indonesia :

 

KERANGKA KARANGAN

 

Topik : Pendidikan

Tema : Pendidikan di Bangku SMA

Judul : Pertukaran Pelajar SMA Kristen Harapan Denpasar dengan John Sptimus Roe ACS Perth, Australia.

Tujuan : Berbagi pengalaman serta memberikan gambaran tentang proses belajar mengajar di John Septimus Roe ACS Perth, Australia.

Manfaat : Pembaca dapat mengetahui proses dan fasilitas pendidikan yanag ada di Australia serta memberikan tambahan informasi bagi pembaca.

Bentuk Karangan : Narasi ekspositoris, yaitu suatu bentuk narasi yang yang tujuannya menyampaikan informasi mengenai berlangsungnya suatu peristiwa atau proses. Narasi ini bersifat memperluas pengetahuan pembaca. Tahapan tahapan dalam suatu proses disampaikan dengan bahasa yang informatif dengan titik berat pada penggunaan kata denotatif.

Pola Kerangka : Berpola logis dengan urutan umum-khusus.

Paragraf 1 :
– Pengertian pendidikan dan pentingnya pendidikan.
– Jenis-jenis kegiatan pendidikan di bangku SMA.

Paragraf 2 :
– Pembahasan tentang pertukaran pelajar.
a. Pengertian pertukaran pelajar.
b. Contoh pertukaran pelajar.
c. Pengalaman penulis dalam mengikuti pertukaran pelajar.

Paragraf 3 :
– kesimpulan
– Saran

Feb 27

Halo dunia!

Posted on Jumat, Februari 27, 2015 in Tak Berkategori

Selamat Datang di Blog Institut Seni Indonesia Denpasar. Ini adalah post pertama anda. Edit atau hapus, kemudian mulailah blogging!