MUSIK BARAT

April 9th, 2018

Musik Barat yang berkembang dan populer di indonesia telah banyak mempengaruhi bangsa kita karena penyebarannya secara global, sehingga musik diatonis sering dijadikan media untuk berbagai kepentingan, antara lain; pendidikan, hiburan, politik, agama, kesehatan, dsb.

UNSUR-UNSUR MUSIK BARAT
Unsur-unsur music barat secara umum yaitu:

1. Irama dan matra
Irama dalam music pop atau kontemporer sering disebut stail, tradisi, idiom, atau corak (genre). Dalam music pop moderen, irama mencangkup country, folk, waltz, rook‘n roll, samba, salsa, dasko, dll. Ia juga mencangkup fusi atau peleburan berbagai corak pop seperti contry-rook, jazz-rook dan latin-disco.
2. Atmosfir
Atmosfir adalah lingkungan disekitar suatu nyanyian.
3. Suasana hati
Bagaimanakah perasaan anda yang tengah menyayikan suatu lagu tertentu biasanya nyayian tersebut mencerminkan suasana hati seseorang.
4. Pesan
Biasanya terdapat pesan dari nyanyian yang dinyayikan oleh penyayi tersebut.

Unsur-unsur music barat secara khusus yaitu
1. Lirik
Lirik adalah kata-kata atau syair lagu. Perbedaan pesan dan lirik yaitu pesan adalah apa yang anda katakana melalui suatu nyayian atau lagu, sedangkan lirik adalah bagaimana cara penyayi dalam menyampaikan pesan melalui nyayiannya

2. Melodi
Unsur ini adalah gabungan dari rangkaian tingginada (pitch dan ritme) rangkaian tinggi nada dan ritme ditandai oleh rangkaian not dan tanda diam dengan bermacam-macam nilai.

CONTOH ALAT MUSIK BARAT:

1. TAMBORIN
Tamborin adalah alat music perkusi yang dimainkan dengan cara di goyangkan. Tamborin berasal dari Eropa, namun memiliki kemiripan dengan alat music sejenis yang ditemukan di Cina dan Asia Tengah. Tamborin terbiuat dari bingkai kayu bundar yang dilengkapi dengan membrane pelapis dari kulit sapi atau plastic. Tamborin memiliki beberapa simbal atau kerincing logam kecil di sekeliling bingkainya yang akan mengeluarkan bunyi bergemerincing bila alat music ini di goyangkan. Tamborin biasanya dimainkan dengan cara di pegang secara vertical dan digoyangkan dengan salh satu tangan disertai tabuhan pada membrane kulit dengan menggunakan tangan lainya.

2. AKORDEON
Akordeon adalah alat music sejenis organ. Akordeon ini ditemukan oleh C.F.L. Buschmann dari Berlin, Jerman. Acordeon ini relative kecil dan dimainkan dengan cara di gantungkan di badan.

3. SIMBAL
Simbal adalah sebuah alat music yang telah dimainkan sejak jaman kuno alat music ini dimainakn dengan cara dipukul. Jenis alat music itu juga disebut perkusi. Pembuat simbal terkenal dari Turki.

4. FLUTE
Flute berasal dari Slovenia. flute merupakan salah satu instrument yang achievement-nya tidak dapat langsung diperoleh sebagai mana instrument lainnya. Flute merupakan alat music tiup yang termasuk dalam keluarga woodwind. Alat music ini terbuat dari logam namun ada juga yang terbuat dari kayu. Flute memiliki karakter suara yang lembut dan mempunyai timber suara yang sangat variatif.

Leave a Reply