Gladi bersih

Gladi merupakan hal yang paling terpenting di dalam melakukan pementasan umumnya pementasan seni pertunjukan, bila gladi tidak di laksanakan maka suatu pementasan seninpertunjukan tidak akan tampil sempurna, jadi gladi bersih suatu pementasan itu harus di laksanakan hal yang paling ter penting.
menurut saya gladi bersih itu adalah pentas tetapi tidak menggunakan aksesoris seperti pada saat pentas, mencoba suatu proses dan menyajikanya di dalam sebuah panggung yang megah sehingga harus melaksanakan gladi terlebih dahulu dan kemudian pada saat pentas suatu kelompok pertunjukan akan tampil maksimal dan menguasai tempat atau panggung
Sanggar gubuk seni melakukan gladi bersih di panggung terbuka balai budaya gianyar pada hari tanggal minggu 21 april 2019.

Ngiring melasti

Melasti atau ngiring ida batara tedun melancaran adalah upacara yadnya yang bermakna untuk menghilangkan kekotoran diri, meningkatkan keheningan pikiran, dan juga dilaksanakan untuk kesucian jagat raya. Ini yang disimbolisasikan dengan labuhan sesaji atau upacara yadnya ke laut serta menyucikan seluruh arca, pratima, nyasa, pralingga sebagai wujud atau sthana Ida Sang Hyang Widi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa dengan segala manifestasi-Nya. Dengan iringan gambelan baleganjur  yang memang sejak dari nenek moyang masyarakat bali setiap ida bhatara tedun melancaran dan melasti pasti menggunakan gambelan baleganjur dan ada pula yang tidak menggunakan gambelan baleganjur melainkan jika upacara ini tidak di lakukanya ida batra tedun yang istilah lainya adalah melasti sakeng angin.

Tabuh selonding

Gamelan selonding merupakan gamelan sakral yang terbuat dari besi dan yang hanya terdapat didaerah Karangasem yaitu di desa Tenganan Pegringsingan dan di desa Bungaya. Diduga juga ada Gamelan Slonding yang di buat dari kayu namun sampai saat ini instrument tersebut belum dijumpai. 

Gending gendingnya pun sangat khas dan enak di dengar seperti gending yang sudah umum misalnya , gending rejang ucek. Gending rejang ucek adalah salah satu gending selonding yang temponya lumayan cepat tidak seperti gending-gending selonding lainya, gending rejang ucek ini memiliki 3 struktur yaitu , pengawit , pengawak dan pengecet , di bagian pengawit temponya sangatlah cepat dan lalu turun ke pengawak temponya sangat pelan dan di bagian pengecet temponya sedang jadi ada 3 jenis tempo di dalam gending rejang ucek

Otonan bali


Otonan adalah upacara kelahiran orang bali yang datangnya setiap 6 bulan atau upacara ini di laksanakan berdasarkan kelahiran pada wuku atau kalender bali. Pelaksanaanya bersamaan dengan sapta wara, dan panca wara yang datangnya tepat 6 bulan sekali atau 35 hari di kali 6. Tujuan upacara ini adalah untuk menebus kesalahan-kesalahan dan keburukan-keburukan kehidupan yang dulu sehingga di kehidupan yang sekarang menjadi lebih baik dan sempurna.

Redite kliwon toluBerdasarkan urip sapta wara dan panca waranya, Redite atau Minggu uripnya 5 dan Kliwon uripnya 8.Jika dijumlahkan hasinya adalah 13 dan dikali 6 hasilnya 78 yang berarti jatah umurnya 78 tahun menurut perhitungan wariga.

Halo dunia!

Selamat Datang di Blog Institut Seni Indonesia Denpasar. Ini adalah post pertama anda. Edit atau hapus, kemudian mulailah blogging!