ibgirimantra

Blog

ENSAMBLE

ENSAMBLE GONG KEBYAR

 

Sejarah
Gamelan Gong Kebyar pertama kali didokumentasikan ada di Bali Utara pada awal 1900-an. Kinerja publik pertama di bulan Desember 1915 di kompetisi gamelan gong di Jagaraga, Bali Utara. Sepuluh tahun kemudian, saya Mario Tabanan dikatakan telah menciptakan tari kebyar untuk mengiringi musik.

Setelah invasi kekerasan mereka pulau, penjajah Belanda menanggapi kritik internasional dengan membangun lembaga kebudayaan. Mereka mensponsori kompetisi ini sampai pasukan Jepang mengakhiri kekuasaan mereka dalam Perang Dunia II.
Agama dan Budaya Signifikansi

Selain seluruh pulau kompetisi seni, Gamelan Gong Kebyar telah menjadi bagian penting dari upacara yang modern Hindu Bali. Mereka diperlukan untuk upacara ulang tahunan untuk kuil, Odalan, serta hari-hari besar sebagai iringan untuk tarian sakral. Mereka juga cocok untuk kelas ritual berpusat di sekitar kehidupan manusia, Putra Manusia, seperti pernikahan.

Instrumen

Instrumen dalam Gamelan Gong Kebyar menawarkan berbagai lapangan dan warna nada, mulai lima oktaf dari gong terdalam ke tombol tertinggi pada Gangsa a. The high end dapat digambarkan sebagai “menusuk,” low end “booming dan berkelanjutan,” sedangkan drum sebagai “renyah.” Instrumen Kebyar yang paling sering dikelompokkan berpasangan, atau “gender.” Setiap pasangan terdiri dari instrumen pria dan wanita, perempuan yang sedikit lebih besar dan sedikit lebih rendah di lapangan. Lihat tuning artikel ini untuk mempelajari mengapa hal ini.

Gangsa Kantilan

Ada empat kantilan di kebyar, dua laki-laki dan dua perempuan. Lihat instrumen gender dalam artikel ini. Instrumen ini adalah yang tertinggi terdengar dalam ansambel kebyar, dengan catatan tertinggi berada di sekitar C7. Ini memiliki sepuluh kunci, dan berbagai dua oktaf, dan dimainkan dengan palu kayu. Pemain sering duduk di lantai untuk memainkan alat musik ini.

 

 

Gangsa Pemadé

Ada juga empat pemadé di kebyar, dua laki-laki dan dua perempuan. Instrumen ini juga memiliki sepuluh kunci, berbagai dua oktaf, dan dimainkan dengan palu kayu, tetapi tepat satu oktaf lebih rendah dari kantilan. Pemain sering duduk di lantai untuk memainkan alat musik ini.

Ugal

Biasanya ada hanya satu uGal dalam ansambel kebyar, dan biasanya perempuan. Hal ini dimainkan oleh salah satu pemimpin dari ansambel. Hal ini lebih tinggi dari Gansa lainnya, dan pemain duduk di bangku pendek, sehingga memungkinkan pemain untuk isyarat visual ansambel dengan mudah. Instrumen ini juga memiliki 10 tombol, memiliki jangkauan dua oktaf, dan dimainkan dengan palu kayu. Ini adalah satu oktaf lebih rendah dari pemadé Gangsa.

Jegogan

Ada dua jegogan (disingkat menjadi “jegog” dalam percakapan sehari-hari) di kebyar, satu laki-laki dan satu perempuan. Instrumen ini memiliki kisaran satu oktaf, dan merupakan salah satu oktaf di bawah calung. Tombol yang jauh lebih besar dibandingkan dengan Gangsa lainnya, dan dimainkan dengan dilapisi kain-, agak besar, karet-empuk palu bola.

 

 

Jublag atau Calung

The bernada tinggi berikutnya dari Gangsa adalah jublag tersebut. Instrumen ini, seperti jegog, juga membutuhkan tabung bambu panjang beresonansi sehingga sering dimainkan sambil duduk di kursi atau bangku. Instrumen ini memiliki kisaran satu oktaf, di antara pemadé dan uGal. Beberapa memiliki lima tombol (1, 2, 3, 5, dan 6) tapi tujuh jublag kunci juga sering ditemukan di Bali. Biasanya bermain di submultiples dari Pokok, tombol dipukul lebih sering daripada jegogan dan biasanya kurang sering daripada uGal (bermain Pokok). Ini adalah salah satu oktaf di atas jegogan dan nada saham dengan uGal tersebut. Nama lain untuk jublag yang calung. Terdapat dua calung (chalung diucapkan) di kebyar, satu laki-laki dan satu perempuan.

Gong gede

Juga disebut hanya sebagai gong, gong gede adalah yang terdalam, dan paling resonan. Gede, kadang-kadang ditulis gde, berarti ‘besar’ di Bali. Karena itu adalah yang terbesar dari gong, itu dianggap sebagai instrumen yang paling suci di kebyar. Hal ini tidak pernah dibasahi, selalu diizinkan untuk membusuk. Karena nada mendalam, menembus melalui ensemble dan dapat didengar untuk mil. Hal ini dipukul dengan palu besar, empuk.

Kempur

Sebuah gong berukuran sedang, kempur ini sangat mirip dengan gong gede karena memiliki kualitas yang sangat mirip, tetapi hanya lebih tinggi di lapangan (sekitar satu oktaf dan seperlima lebih tinggi). Hal ini dipukul dengan palu besar, empuk.

Klentong

Juga dikenal sebagai kemong, ini jauh lebih kecil dan lebih tinggi di lapangan dibandingkan kempur tersebut. Hal ini dipukul dengan palu keras daripada baik gong gede atau kempur, yang memungkinkan untuk memiliki serangan tajam.

Kettle Gong Keluarga

Gong Kettle berbentuk bulat, perunggu, dan bernada. Mereka sering dipasang horizontal pada akord ditangguhkan sebagai bagian dari bingkai. Diposisikan cara ini, ada pembukaan di bagian bawah, sedikit miring busur di atas, dan pusat menonjol disebut bos. Ceret disusun dari rendah ke tinggi, kiri ke kanan. Mereka umumnya dimainkan dengan palu kayu dibungkus dalam string pada salah satu ujungnya (untuk melunakkan serangan) atau akhir dari palu, yang telanjang, selesai kayu. Palu diadakan satu di masing-masing tangan sebagai perluasan dari jari telunjuk menunjuk.

Ada empat pemogokan konvensional:

Pada bos dengan bagian senar dari palu, dan segera dirilis untuk membiarkannya bergetar secara bebas.
Pada bos dengan bagian senar dari palu, tetapi ditekan untuk meredam getaran apapun.
Pada haluan ketel dengan ujung kayu palu, dan diizinkan untuk menelepon bebas.
Pada haluan ketel dengan ujung kayu palu, tetapi ditekan untuk meredam dering apapun.

Bingkai Mounted Gong Kettle Horizontal
Reyong

Juga dieja, reong, instrumen ini terdiri dari 12 ceret dipasang horizontal berturut-turut pada frame. Hal ini dimainkan oleh empat musisi, masing-masing mengambil tanggung jawab untuk 2 sampai 4 dari ceret nya. Para pemain, yang duduk di baris, dibagi menjadi dua kelompok, yang terdiri pertama dari pemain pertama dan ketiga berturut-turut, dan yang kedua terdiri dari para pemain kedua dan sebagainya. Kedua orang dalam kelompok yang sama memainkan bagian yang sama, namun dua kali lipat oktaf terpisah. Bagian-bagian dari kelompok satu dan kelompok dua, saat bermain bersama, yang saling. Reyong memiliki kedua peran perkusi melodi dan non-melodi.

 

Trompong

Di trompong biasanya tidak digunakan dalam kebyar, karena dikaitkan dengan genre yang lebih tua seperti Gde gamelan gong. Ketika digunakan, bagaimanapun, itu diposisikan di depan ensemble, menghadap penonton. Dibangun mirip dengan reyong, terdiri dari 10 ceret, dengan kisaran dua oktaf. Hal ini dimainkan oleh satu orang, dan orang yang mungkin menjadi pemimpin dari ansambel yang duduk di bangku pendek, memainkan melodi utama. Trompong ini juga dimainkan oleh seorang penari dalam potongan tari seperti Kebyar Kebyar Duduk dan Trompong. Karena ukuran instrumen, melodi yang disusun untuk memungkinkan seseorang untuk perlahan-lahan menggeser posisi seseorang untuk mencapai ekstrem jangkauan.

Tangan Horizontal individu Dimiliki Gong kebyar
Tawa

The tawa tawa adalah ketel kecil yang diadakan di lap atau lengan dan memukul pada bos dengan palu dengan kepala bulat yang lembut. Ini memainkan ketukan dari siklus gong dan bertindak agak seperti metronom.

Kempli

Kempli adalah ketel kecil terbenam di atas tali digantung pada berdiri petak. Ini juga merupakan instrumen tempo menjaga. Kempli ini biasanya dimainkan dengan tongkat kabel dibungkus seperti yang dimiliki reyong dan trompong. Hal ini dipukul pada bos, tetapi dibasahi dengan tangan yang lain untuk menghasilkan suara, pengering tajam.

Kelinang

Juga tertulis klinang, itu adalah ketel yang sangat kecil, sekitar 5 inci diameter, baik set pada berdiri sendiri atau dipegang di tangan. Ini juga, dimainkan dengan tongkat dibungkus kabel. Ini memainkan setiap detak kedua tempo, biasanya bergantian dengan kempli atau tawa tawa.

Kajar

kajar adalah ketel kecil dengan bos tersembunyi, yang diselenggarakan di pangkuan dan bermain dengan tongkat keras. The kajar memainkan aksen ke bagian penting dari ritme.

 

Primer Rhythm Instrumen
Kendang

Kendang adalah drum berkepala dua dari kayu nangka dan kulit sapi. Eksterior berbentuk seperti kerucut terpotong sedangkan ruang negatif dari interior terpahat seperti jam pasir. Ini bentuk dan tindakan cinching tali hide menciptakan dua yang berbeda, laras perkiraan dalam satu drum. Seperti instrumen gamelan kebanyakan, kendang yang dipasangkan: lebih besar, bagian perempuan memimpin, wadon, dan laki-laki lainnya, lanang. Permukaan dalam wadon kendang yang diukir tegak dibandingkan lanang, sehingga dalam timbre, lebih resonan booming.
Sama seperti suku kata untuk lapangan yang digunakan untuk instrumen bernada, kendang memiliki satu set suku kata yang diucapkan onomatopoetic untuk stroke masing-masing memproduksi total 14 jenis suara. Kendang yang dimainkan dengan baik tangan kosong saja atau telanjang tangan ditambah satu palu. Pemain kendang wadon biasanya puncak hirarki ensemble, pengaturan tempi dan cuing transisi seperti konduktor.

Bagian kendang adalah yang paling kompleks dalam gong kebyar, menggambar dari leksikon kaya cepat-api, pola sinkopasi agar sesuai dengan mood dan perkembangan musik bernada. Drummer lanang bertanggung jawab untuk mengisi bagian saling sesuai. Pemain kendang dapat duduk menghadap ke arah yang sama, wadon di depan dan belakang lanang.

Ceng-Ceng

Diucapkan / t͡ʃeŋ t͡ʃeŋ /, alat ini terdiri dari beberapa kecil, tumpang tindih simbal terkait dengan bingkai. Frame sering diukir agar terlihat seperti binatang, paling sering kura-kura, penyu sebagai mitis dikatakan untuk membawa pulau Bali di punggungnya. Pemain memegang sepasang cymbal cocok dengan bambu atau menangani tekstil, memukul simbal stasioner dengan cepat berturut-turut, bahkan atau aksen asimetris dengan kendang atau reyong.

Instrumen Musik Lembut
Suling

Salah satu dari dua instrumen mampu menekuk lapangan, suling adalah seruling bambu vertikal. Suling datang dalam berbagai ukuran, dari piccolo seperti <1ft ke 5 ft desah. Ganda Bagian suling dan ornamen melodi, yang suling mendaftar tertinggi memiliki kendali paling bebas untuk berimprovisasi. The melingkar Pemain bernapas untuk memungkinkan lapangan untuk dipertahankan dalam nada konstan. Sebuah kualitas khas Bali suling, berbeda dari suling Sunda, adalah gabungan dari vibrato melenturkan teratur rahang dan bekerja lidah.

Suling telah mempertahankan tuning septatonic lengkap pengadilan gamelan dan dapat mengakses nada di lapangan kesenjangan instrumen mengetik untuk efek.

Rebab

Rebab adalah biola lonjakan dimainkan dengan busur. Hal ini hanya kadang-kadang digunakan dalam kebyar seperti yang sering tenggelam oleh metalofon. Melodi yang mirip dengan suling, kadang-kadang mencapai pitches pada skala septatonic. Hal ini hanya dua senar disetel keempat Barat terpisah yang tidak pernah menyentuh fingerboard unfretted. Hal ini memungkinkan pemain untuk mengubah catatan dengan menekan ke bawah pada string, string membungkuk ke samping, geser, atau mengubah string.

Tidak seperti busur tali Barat, haluan rebab yang lebih dalam dan memegang curang seperti itu dari viola da gamba. Jempol pemain berlaku tekanan langsung pada rambut untuk mengontrol ketegangan.

Kebyar Musik
Kebyar

Senama mengacu bagian, terutama peledak unmetered menandai pengenalan dan beberapa transisi dari komposisi kebyar. Gaya komposisi berasal dari kebyar legong Buleleng, Bali Utara ditandai dengan panjang, maksimal volume catatan bersamaan dipukul oleh seluruh ansambel, glissandi bebas dering, perubahan tempo dramatis, dan triplet berirama.

Gong Siklus

Musik dibagi menjadi 4 kelompok mengalahkan, ini siklus berirama seluruh disebut Gongan tersebut. Gong membagi Gongan menjadi beberapa bagian, gong ageng, gong terbesar, menandai akhir Gongan, gong kecil menandai mengalahkan 4 atau 8 dan gong terkecil garis pulsa.

Tuning

Tidak ada lapangan standar dalam musik Bali. Secara umum, semua instrumen dalam ansambel gamelan gong kebyar dibuat dan disetel pada waktu yang sama. Ensemble Setiap disetel untuk dirinya sendiri, sehingga hampir tidak mungkin untuk menghapus instrumen dari satu ensemble untuk menggunakannya di lain dan memilikinya cocok lapangan. Dalam ensemble apapun, namun, instrumen gender, dan tuning masing-masing tergantung pada  gender instrumen.

Instrumen Gender

Hampir setiap instrumen dalam ansambel kebyar dipasangkan dengan mitra laki-laki dan perempuan. Setiap instrumen dalam sepasang disetel berbeda dari pasangannya, satu lebih tinggi dan satu rendah. Dimainkan pada saat yang sama, instrumen yang lebih tinggi (dikenal sebagai pengisep atau “inhaler”) dan instrumen yang lebih rendah (dikenal sebagai pengumbang atau “exhaler”), menghasilkan efek pemukulan (Ombak), menciptakan kualitas, keseluruhan berkilauan berdenyut. Instrumen perempuan disetel lebih rendah, sedangkan laki-laki instrumen disetel lebih tinggi. Sebagai contoh, salah satu catatan pada pemadé Gangsa perempuan mungkin disetel untuk 220 Hz, sedangkan laki-laki Gansa pemadé mungkin disetel sedikit lebih tinggi untuk 228 Hz. Sebuah ensemble kebyar biasanya disetel sehingga jumlah denyut per detik tetap konsisten sepanjang rentang ensemble, meskipun kadang-kadang ensemble disetel sehingga ketukan yang sedikit lebih cepat untuk frekuensi yang lebih tinggi


 

 

 

 

 

 

 

Keterangan :

  1. Terompong
  2. Kecek
  3. A. kendang wadon

B . kendang lanang

  1. Suling
  2. Rebab
  3. A. Gangsa pemade sangsih

B. Gangsa pemade polos

  1. Ugal mukak
  2. Kajar
  3. A. Gangsa pemade polos

B. Gangsa pemade sangsih

  1. A. Gangsa kantilan polos

B. Gangsa kantilan sangsih

  1. Ugal belakang
  2. A. Gangsa kantilan sangsih

B. Gangsa kantilan polos

  1. A . jublag lanang

B . jublag wadon

  1. A . Penyahcah 1

B . penyahcah 2

  1. Reong
  2. Bende
  3. A . Gong lanang

B .  Gong wadon

  1. Kempli
  2. Kempur
  3. A  jegogan lanang

B . jegogan wadon

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Gamelan_gong_kebyar

55 Responses to “ENSAMBLE”

  1. hollywood casino online Says:

    online casino with sign up bonus https://download-casino-slots.com/

  2. casino games online free Says:

    san manuel online casino login https://firstonlinecasino.org/

  3. four winds online casino promo code Says:

    golden nugget online casino promo code https://onlinecasinofortunes.com/

  4. casino movie online Says:

    mummysgold online casino https://newlasvegascasinos.com/

  5. dover downs online casino Says:

    online casino las vegas https://trust-online-casino.com/

  6. nj online casino promo code Says:

    valley forge casino online https://onlinecasinosdirectory.org/

  7. free casino slots online Says:

    pa online casino apps https://9lineslotscasino.com/

  8. free online casino slot machines Says:

    all michigan online casino https://free-online-casinos.net/

  9. real casino slots online Says:

    online casino nj https://internet-casinos-online.net/

  10. no deposit free bonus online casino Says:

    online casino usa accepted https://cybertimeonlinecasino.com/

  11. 10 dollar minimum deposit usa online casino 2020 Says:

    vegas strip online casino https://1freeslotscasino.com/

  12. caesars online casino customer service phone number Says:

    borgata online casino new jersey https://vrgamescasino.com/

  13. online casino nj Says:

    gta 5 online casino https://casino-online-roulette.com/

  14. best casino online usa Says:

    online casino no deposit bonus keep what you win https://casino-online-jackpot.com/

  15. pala casino online nj Says:

    iowa online casino https://onlineplayerscasino.com/

  16. real money online casino michigan Says:

    win real money online casino https://all-online-casino-games.com/

  17. aladdin online casino Says:

    live casino online real money https://casino8online.com/

  18. cisco vpn client download Says:

    fastest vpn service https://freevpnconnection.com/

  19. hma vpn Says:

    touch vpn https://shiva-vpn.com/

  20. avast vpn review Says:

    best vpn for travel https://freehostingvpn.com/

  21. free new zealand vpn Says:

    vpn service https://ippowervpn.net/

  22. best vpn for porn Says:

    free mexico vpn https://imfreevpn.net/

  23. cloud vpn free and unlimited Says:

    buy pia vpn https://superfreevpn.net/

  24. vpn service Says:

    free vpn for windows 7 https://free-vpn-proxy.com/

  25. best and cheapest vpn Says:

    free vpn for netflix reddit https://rsvpnorthvalley.com/

  26. A片 Says:

    ????

    goodddd thankssss youuuu

  27. gay military dating scam Says:

    superchub gay dating https://gay-singles-dating.com/

  28. dating gay macho Says:

    gay sex dating https://gayedating.com/

  29. sado masoicsm gay dating site Says:

    gay dating web sites https://datinggayservices.com/

  30. spanish dating site free trial Says:

    local dating sites free https://freephotodating.com/

  31. 100% free dating sites Says:

    dating site for free https://onlinedatingbabes.com/

  32. dating sites adult Says:

    fuck2date69 https://adult-singles-online-dating.com/

  33. dating personal Says:

    dating website best https://adult-classifieds-online-dating.com/

  34. singles chat Says:

    free dating website https://online-internet-dating.net/

  35. best dating sites for free Says:

    single dating sites https://speedatingwebsites.com/

  36. casual dating Says:

    free dating services https://datingpersonalsonline.com/

  37. best internet dating sites Says:

    positive single https://wowdatingsites.com/

  38. free online go Says:

    dating chat free https://lavaonlinedating.com/

  39. dating sites into trampling Says:

    dating wites https://freeadultdatingpasses.com/

  40. local personal ads Says:

    online ukraine dating https://virtual-online-dating-service.com/

  41. online love dating flash iframe Says:

    meet site https://zonlinedating.com/

  42. website dating service Says:

    free for online chatting with singles https://onlinedatingservicesecrets.com/

  43. riversweeps 777 online casino download Says:

    real money online casino https://onlinecasinos4me.com/

  44. lincoln online casino Says:

    mgm casino online michigan https://online2casino.com/

  45. winstar online social casino Says:

    vegas casino online https://casinosonlinex.com/

  46. gay video chat sites realty to dirty roulette Says:

    gay teen chat rooms https://newgaychat.com/

  47. gay chat phoenix Says:

    gay boy teen boys webcam chat rooms https://gaychatcams.net/

  48. live gay chat lines Says:

    gay chat cahurbate https://gaychatspots.com/

  49. gay aam chat Says:

    pdx gay chat https://gay-live-chat.net/

  50. free asian gay chat lines Says:

    free gay live chat https://chatcongays.com/

  51. free gay/bi chat Says:

    gay guy chat rooms no registration https://gayphillychat.com/

  52. gay chat cam ramdom Says:

    chat gay https://gaychatnorules.com/

  53. chat to gay Says:

    free gay chat rooms no registration needed https://gaymusclechatrooms.com/

  54. snap chat gay solo Says:

    b gay chat https://free-gay-sex-chat.com/

  55. gay teen chat with nudes Says:

    gay chat rooms no registration needed https://gayinteracialchat.com/

Valid XHTML 1.0 Transitional© 2008 | ibgirimantra
'Twilight' Wordpress theme | Powered by Atillus