ibgirimantra

Blog

Archive for April, 2013

Alat Musik Rebab

Filed under: Lainnya — ibgirimantra @ 6:02 pm

Alat Musik Rebab

Sebagaimana kita sedia maklum bahawa rebab adalah salah satu daripada antara alat muzik tradisional melayu. Ia termasuk dalam jenis peralatan muzik bertali yg di sebut kodrofon. Disemenanjung Malaysia ada terdapat dua jenis rebab, iaitu rebab bertali tiga dan rebab bertali dua.

Rebab bertali tiga biasanya diguna dalam permainan makyung, selampit dan permainan peteri, rebab jenis ini terdapat di negeri Kedah, Kelantan, selatan Thai dan Trengganu. Rebab bertali dua pula hanya digunakan untuk mengiringi permainan wayang melayu sahaja. Tempat2 yang terdapat wayang melayu ini pada zaman dahulu ialah di negeri Kelantan, Trengganu, Kedah dan selatan Thai (Patani). Oleh kerana perbincangan pada kali ini menjerumus kepada rebab bertali tiga maka segala penerangan akan akan di tumpukan kepada rebab bertali tiga sahaja.

Pada umumnya orang telah menagkui bahawa rebab ini berasal dari Parsi, ini kerana merujuk kepada perkataan rebab itu sendiri yg berasal dari perkataan “Rabab” bahkan di negara2 lain seperti Afghanistan pun masih memakai nama rabab atau rebet lagi.

Bagi mereka yg berkecimpung dalam permainan makyung biasanya, rebab ini ada mempunyai nama yang tersendiri iaitu UMBANG, sebab itu kalau kalau kita lihat di dalam pengucapan2 dan mentera melayu yang yang terdapat di dalam makyun dan peteri, langsung tidak di sebut langsung perkataan rebab, tetapi di sebut umbang. Sebagai contoh jika hendak di gambarkan suasana segala2 alat bunyi2an yang terdengar lalu di sebut “Lalu hamba mendengar sekali dengan umbang sakti nobat jawa canang kelenang muri dandi nafiri…..”.

Pada zaman awalnya rebab ini memakai tali benang, tetapi masa telah berubah menyebabkan rebab sekarang telah memakai tali gitar (Holow guitar). Tali yg sesuai untuk rebab ialah G-3rd D-4th A-5th. Penukaran tali rebab ini kerana tali gitar lebih senang di beli di kedai2 dan bunyinya pun kuat kalau nak di bandingkan dengan tali benang.

Di dalam muzik makyung Khususnya rebab adalah menjadi alat yang terpenting kerana rebablah yang akan menjadi penuntun lagu atau pembimbing lagu hingga sesetengah orang menganggapkan bahawa rebab adalah guru lagu atau pamurba lagu. Kerana di dalam kebanyakan lagu2, rebablah yang akan memulakan intronya dan barulah di ikuti oleh alat muzik lain dan nyanyian. Pemain rebab pula biasanya dipanggil sebagai jong rebab, bukannya Tok minduk yg tertulis di dalam beberapa penulisan yg lain kerana istilah Tok Minduk hanya terdapat dalam permainan peteri sahaja.

Dalam falsafah pemikiran orang melayu, rebab adalah di lambangkan kepada seorang perempuan. Oleh sebab itu nama pada setiap bahagian rebab itu di samping mempunyai makna luaran di sebalik itu ada mengandungi makna di sebaliknya yang abg lokan tidak berhajat nk cerita secara panjang lebar bab ini di sini. Cuma yg boleh di ceritakan secara ringkasnya ialah rebab itu mengandungi kepala, pemulas, batang suna, torak, kemban, batang, tempurung, pacat, susu, kili2, paksi dan kaki. Setiap bahagian (part) ini ada mempunyai tugas masing2.

Tentang tali rebab yang tiga itu adalah lambang kepada tujuh anggota manusia dan tujuh tingkat suara, jumlah tujuh itu di kira dengan mencampurkan jumlah tiga tali dengan empat jari yang memetik.

Cara bermain rebab biasanya kita akan menggesek dengan mengguna kayu penggesek, tali penggesek inilah akan bersentuh dengan tali rebab yang sudah di pasang dengan pacat (bridge) atau kekuda untuk menyangga tali rebab. Apabila tali rebab terkena gesekan, getarannya talinya akan bersambung kekulit muka melalui pacat tadi. Kulit muka yang terpasang pada tempurung rebab ini akan menjadi resonator atau alat penggema bunyi untuk melahirkan bunyi yang lebih kuat. Kulit muka rebab ini di perbuat dari kulit perut lembu/kebau yang di sepat menjadi nipis untuk menghasilkan gema bunyi. Duduk seorang pemain rebab adah mesti dalam keadaan bersila.

Setiap tali rebab juga mempunyai nama dan tiun masing2 iaitu tali no 1 di sebut tali Cin, tali no 2 di sebut tali Tengah dan tali no 3 di sebut tali Bor, tiun tali rebab iaitu jeda antara tali2 tersebut ialah perfect 4th iaitu sama jedanya dengan tiun tali gitar.

Rebab adalah salah satu nama untuk alat musik gesek, bermain dengan busur, yang merupakan bagian dari orkestra gamelan dapat ditemukan di daerah-daerah budaya tertentu di seluruh kepulauan Indonesia, seperti Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera dan Sulawesi.

Alat musik tradisonal rebab adalah jenis alat musik yang di gesek dan mempunyai tiga atau dua utas tali dari dawai logam (tembaga) ini badannya menggunakan kayu nangka dan berongga di bagian dalam ditutup dengan kulit lembu yang dikeringkan sebagai pengeras suara.

Alat ini juga digunakan sebagai pengiring gamelan, sebagai pelengkap untuk mengiringi sinden bernyanyi bersama-sama dengan kecapi.Dalam gamelan Jawa, fungsi rebab tidak hanya sebagai

 

 

 

 

 

Pelengkap untuk mengiringi nyanyian sindhen tetapi lebih berfungsi untuk menuntun arah lagu sindhen.sama juga yang di pake tradisi musik sunda.

Sebagai salah satu dari instrument pemuka, rebab diakui sebagai pemimpin lagu dalam ansambel, terutama dalam gaya tabuh dan lirih. Pada kebanyakan gending-gending, rebab memainkan lagu pembuka gending, menentukan gending, laras, dan patet yang akan dimainkan. Wilayah nada rebab mencakup luas wilayah gending apa saja. Maka alur lagu rebab member petunjuk yang jelas jalan alur lagu gending.Pada kebanyakan gending, rebab juga memberi tuntunan musikal kepada ansambel untuk beralih dari patet yang satu ke yang lain.

 

 

 

Rebab (Arab: الربابatauرباب) adalah alat musik yang berasal dari Timur Tengah dan mulai digunakan di Asia Tenggara setelah penyebaran pengaruh dari Timur Tengah.

 

DaftarPustaka

http://www.proghita.com/read/2011/05/17/2700/alat-musik-tradisional-rebab.php

http://lokanbertepuk.com/2008/05/15/mengenal-rebab/

Comments (54)


ENSAMBLE

Filed under: Karya — ibgirimantra @ 6:00 pm

ENSAMBLE GONG KEBYAR

 

Sejarah
Gamelan Gong Kebyar pertama kali didokumentasikan ada di Bali Utara pada awal 1900-an. Kinerja publik pertama di bulan Desember 1915 di kompetisi gamelan gong di Jagaraga, Bali Utara. Sepuluh tahun kemudian, saya Mario Tabanan dikatakan telah menciptakan tari kebyar untuk mengiringi musik.

Setelah invasi kekerasan mereka pulau, penjajah Belanda menanggapi kritik internasional dengan membangun lembaga kebudayaan. Mereka mensponsori kompetisi ini sampai pasukan Jepang mengakhiri kekuasaan mereka dalam Perang Dunia II.
Agama dan Budaya Signifikansi

Selain seluruh pulau kompetisi seni, Gamelan Gong Kebyar telah menjadi bagian penting dari upacara yang modern Hindu Bali. Mereka diperlukan untuk upacara ulang tahunan untuk kuil, Odalan, serta hari-hari besar sebagai iringan untuk tarian sakral. Mereka juga cocok untuk kelas ritual berpusat di sekitar kehidupan manusia, Putra Manusia, seperti pernikahan.

Instrumen

Instrumen dalam Gamelan Gong Kebyar menawarkan berbagai lapangan dan warna nada, mulai lima oktaf dari gong terdalam ke tombol tertinggi pada Gangsa a. The high end dapat digambarkan sebagai “menusuk,” low end “booming dan berkelanjutan,” sedangkan drum sebagai “renyah.” Instrumen Kebyar yang paling sering dikelompokkan berpasangan, atau “gender.” Setiap pasangan terdiri dari instrumen pria dan wanita, perempuan yang sedikit lebih besar dan sedikit lebih rendah di lapangan. Lihat tuning artikel ini untuk mempelajari mengapa hal ini.

Gangsa Kantilan

Ada empat kantilan di kebyar, dua laki-laki dan dua perempuan. Lihat instrumen gender dalam artikel ini. Instrumen ini adalah yang tertinggi terdengar dalam ansambel kebyar, dengan catatan tertinggi berada di sekitar C7. Ini memiliki sepuluh kunci, dan berbagai dua oktaf, dan dimainkan dengan palu kayu. Pemain sering duduk di lantai untuk memainkan alat musik ini.

 

 

Gangsa Pemadé

Ada juga empat pemadé di kebyar, dua laki-laki dan dua perempuan. Instrumen ini juga memiliki sepuluh kunci, berbagai dua oktaf, dan dimainkan dengan palu kayu, tetapi tepat satu oktaf lebih rendah dari kantilan. Pemain sering duduk di lantai untuk memainkan alat musik ini.

Ugal

Biasanya ada hanya satu uGal dalam ansambel kebyar, dan biasanya perempuan. Hal ini dimainkan oleh salah satu pemimpin dari ansambel. Hal ini lebih tinggi dari Gansa lainnya, dan pemain duduk di bangku pendek, sehingga memungkinkan pemain untuk isyarat visual ansambel dengan mudah. Instrumen ini juga memiliki 10 tombol, memiliki jangkauan dua oktaf, dan dimainkan dengan palu kayu. Ini adalah satu oktaf lebih rendah dari pemadé Gangsa.

Jegogan

Ada dua jegogan (disingkat menjadi “jegog” dalam percakapan sehari-hari) di kebyar, satu laki-laki dan satu perempuan. Instrumen ini memiliki kisaran satu oktaf, dan merupakan salah satu oktaf di bawah calung. Tombol yang jauh lebih besar dibandingkan dengan Gangsa lainnya, dan dimainkan dengan dilapisi kain-, agak besar, karet-empuk palu bola.

 

 

Jublag atau Calung

The bernada tinggi berikutnya dari Gangsa adalah jublag tersebut. Instrumen ini, seperti jegog, juga membutuhkan tabung bambu panjang beresonansi sehingga sering dimainkan sambil duduk di kursi atau bangku. Instrumen ini memiliki kisaran satu oktaf, di antara pemadé dan uGal. Beberapa memiliki lima tombol (1, 2, 3, 5, dan 6) tapi tujuh jublag kunci juga sering ditemukan di Bali. Biasanya bermain di submultiples dari Pokok, tombol dipukul lebih sering daripada jegogan dan biasanya kurang sering daripada uGal (bermain Pokok). Ini adalah salah satu oktaf di atas jegogan dan nada saham dengan uGal tersebut. Nama lain untuk jublag yang calung. Terdapat dua calung (chalung diucapkan) di kebyar, satu laki-laki dan satu perempuan.

Gong gede

Juga disebut hanya sebagai gong, gong gede adalah yang terdalam, dan paling resonan. Gede, kadang-kadang ditulis gde, berarti ‘besar’ di Bali. Karena itu adalah yang terbesar dari gong, itu dianggap sebagai instrumen yang paling suci di kebyar. Hal ini tidak pernah dibasahi, selalu diizinkan untuk membusuk. Karena nada mendalam, menembus melalui ensemble dan dapat didengar untuk mil. Hal ini dipukul dengan palu besar, empuk.

Kempur

Sebuah gong berukuran sedang, kempur ini sangat mirip dengan gong gede karena memiliki kualitas yang sangat mirip, tetapi hanya lebih tinggi di lapangan (sekitar satu oktaf dan seperlima lebih tinggi). Hal ini dipukul dengan palu besar, empuk.

Klentong

Juga dikenal sebagai kemong, ini jauh lebih kecil dan lebih tinggi di lapangan dibandingkan kempur tersebut. Hal ini dipukul dengan palu keras daripada baik gong gede atau kempur, yang memungkinkan untuk memiliki serangan tajam.

Kettle Gong Keluarga

Gong Kettle berbentuk bulat, perunggu, dan bernada. Mereka sering dipasang horizontal pada akord ditangguhkan sebagai bagian dari bingkai. Diposisikan cara ini, ada pembukaan di bagian bawah, sedikit miring busur di atas, dan pusat menonjol disebut bos. Ceret disusun dari rendah ke tinggi, kiri ke kanan. Mereka umumnya dimainkan dengan palu kayu dibungkus dalam string pada salah satu ujungnya (untuk melunakkan serangan) atau akhir dari palu, yang telanjang, selesai kayu. Palu diadakan satu di masing-masing tangan sebagai perluasan dari jari telunjuk menunjuk.

Ada empat pemogokan konvensional:

Pada bos dengan bagian senar dari palu, dan segera dirilis untuk membiarkannya bergetar secara bebas.
Pada bos dengan bagian senar dari palu, tetapi ditekan untuk meredam getaran apapun.
Pada haluan ketel dengan ujung kayu palu, dan diizinkan untuk menelepon bebas.
Pada haluan ketel dengan ujung kayu palu, tetapi ditekan untuk meredam dering apapun.

Bingkai Mounted Gong Kettle Horizontal
Reyong

Juga dieja, reong, instrumen ini terdiri dari 12 ceret dipasang horizontal berturut-turut pada frame. Hal ini dimainkan oleh empat musisi, masing-masing mengambil tanggung jawab untuk 2 sampai 4 dari ceret nya. Para pemain, yang duduk di baris, dibagi menjadi dua kelompok, yang terdiri pertama dari pemain pertama dan ketiga berturut-turut, dan yang kedua terdiri dari para pemain kedua dan sebagainya. Kedua orang dalam kelompok yang sama memainkan bagian yang sama, namun dua kali lipat oktaf terpisah. Bagian-bagian dari kelompok satu dan kelompok dua, saat bermain bersama, yang saling. Reyong memiliki kedua peran perkusi melodi dan non-melodi.

 

Trompong

Di trompong biasanya tidak digunakan dalam kebyar, karena dikaitkan dengan genre yang lebih tua seperti Gde gamelan gong. Ketika digunakan, bagaimanapun, itu diposisikan di depan ensemble, menghadap penonton. Dibangun mirip dengan reyong, terdiri dari 10 ceret, dengan kisaran dua oktaf. Hal ini dimainkan oleh satu orang, dan orang yang mungkin menjadi pemimpin dari ansambel yang duduk di bangku pendek, memainkan melodi utama. Trompong ini juga dimainkan oleh seorang penari dalam potongan tari seperti Kebyar Kebyar Duduk dan Trompong. Karena ukuran instrumen, melodi yang disusun untuk memungkinkan seseorang untuk perlahan-lahan menggeser posisi seseorang untuk mencapai ekstrem jangkauan.

Tangan Horizontal individu Dimiliki Gong kebyar
Tawa

The tawa tawa adalah ketel kecil yang diadakan di lap atau lengan dan memukul pada bos dengan palu dengan kepala bulat yang lembut. Ini memainkan ketukan dari siklus gong dan bertindak agak seperti metronom.

Kempli

Kempli adalah ketel kecil terbenam di atas tali digantung pada berdiri petak. Ini juga merupakan instrumen tempo menjaga. Kempli ini biasanya dimainkan dengan tongkat kabel dibungkus seperti yang dimiliki reyong dan trompong. Hal ini dipukul pada bos, tetapi dibasahi dengan tangan yang lain untuk menghasilkan suara, pengering tajam.

Kelinang

Juga tertulis klinang, itu adalah ketel yang sangat kecil, sekitar 5 inci diameter, baik set pada berdiri sendiri atau dipegang di tangan. Ini juga, dimainkan dengan tongkat dibungkus kabel. Ini memainkan setiap detak kedua tempo, biasanya bergantian dengan kempli atau tawa tawa.

Kajar

kajar adalah ketel kecil dengan bos tersembunyi, yang diselenggarakan di pangkuan dan bermain dengan tongkat keras. The kajar memainkan aksen ke bagian penting dari ritme.

 

Primer Rhythm Instrumen
Kendang

Kendang adalah drum berkepala dua dari kayu nangka dan kulit sapi. Eksterior berbentuk seperti kerucut terpotong sedangkan ruang negatif dari interior terpahat seperti jam pasir. Ini bentuk dan tindakan cinching tali hide menciptakan dua yang berbeda, laras perkiraan dalam satu drum. Seperti instrumen gamelan kebanyakan, kendang yang dipasangkan: lebih besar, bagian perempuan memimpin, wadon, dan laki-laki lainnya, lanang. Permukaan dalam wadon kendang yang diukir tegak dibandingkan lanang, sehingga dalam timbre, lebih resonan booming.
Sama seperti suku kata untuk lapangan yang digunakan untuk instrumen bernada, kendang memiliki satu set suku kata yang diucapkan onomatopoetic untuk stroke masing-masing memproduksi total 14 jenis suara. Kendang yang dimainkan dengan baik tangan kosong saja atau telanjang tangan ditambah satu palu. Pemain kendang wadon biasanya puncak hirarki ensemble, pengaturan tempi dan cuing transisi seperti konduktor.

Bagian kendang adalah yang paling kompleks dalam gong kebyar, menggambar dari leksikon kaya cepat-api, pola sinkopasi agar sesuai dengan mood dan perkembangan musik bernada. Drummer lanang bertanggung jawab untuk mengisi bagian saling sesuai. Pemain kendang dapat duduk menghadap ke arah yang sama, wadon di depan dan belakang lanang.

Ceng-Ceng

Diucapkan / t͡ʃeŋ t͡ʃeŋ /, alat ini terdiri dari beberapa kecil, tumpang tindih simbal terkait dengan bingkai. Frame sering diukir agar terlihat seperti binatang, paling sering kura-kura, penyu sebagai mitis dikatakan untuk membawa pulau Bali di punggungnya. Pemain memegang sepasang cymbal cocok dengan bambu atau menangani tekstil, memukul simbal stasioner dengan cepat berturut-turut, bahkan atau aksen asimetris dengan kendang atau reyong.

Instrumen Musik Lembut
Suling

Salah satu dari dua instrumen mampu menekuk lapangan, suling adalah seruling bambu vertikal. Suling datang dalam berbagai ukuran, dari piccolo seperti <1ft ke 5 ft desah. Ganda Bagian suling dan ornamen melodi, yang suling mendaftar tertinggi memiliki kendali paling bebas untuk berimprovisasi. The melingkar Pemain bernapas untuk memungkinkan lapangan untuk dipertahankan dalam nada konstan. Sebuah kualitas khas Bali suling, berbeda dari suling Sunda, adalah gabungan dari vibrato melenturkan teratur rahang dan bekerja lidah.

Suling telah mempertahankan tuning septatonic lengkap pengadilan gamelan dan dapat mengakses nada di lapangan kesenjangan instrumen mengetik untuk efek.

Rebab

Rebab adalah biola lonjakan dimainkan dengan busur. Hal ini hanya kadang-kadang digunakan dalam kebyar seperti yang sering tenggelam oleh metalofon. Melodi yang mirip dengan suling, kadang-kadang mencapai pitches pada skala septatonic. Hal ini hanya dua senar disetel keempat Barat terpisah yang tidak pernah menyentuh fingerboard unfretted. Hal ini memungkinkan pemain untuk mengubah catatan dengan menekan ke bawah pada string, string membungkuk ke samping, geser, atau mengubah string.

Tidak seperti busur tali Barat, haluan rebab yang lebih dalam dan memegang curang seperti itu dari viola da gamba. Jempol pemain berlaku tekanan langsung pada rambut untuk mengontrol ketegangan.

Kebyar Musik
Kebyar

Senama mengacu bagian, terutama peledak unmetered menandai pengenalan dan beberapa transisi dari komposisi kebyar. Gaya komposisi berasal dari kebyar legong Buleleng, Bali Utara ditandai dengan panjang, maksimal volume catatan bersamaan dipukul oleh seluruh ansambel, glissandi bebas dering, perubahan tempo dramatis, dan triplet berirama.

Gong Siklus

Musik dibagi menjadi 4 kelompok mengalahkan, ini siklus berirama seluruh disebut Gongan tersebut. Gong membagi Gongan menjadi beberapa bagian, gong ageng, gong terbesar, menandai akhir Gongan, gong kecil menandai mengalahkan 4 atau 8 dan gong terkecil garis pulsa.

Tuning

Tidak ada lapangan standar dalam musik Bali. Secara umum, semua instrumen dalam ansambel gamelan gong kebyar dibuat dan disetel pada waktu yang sama. Ensemble Setiap disetel untuk dirinya sendiri, sehingga hampir tidak mungkin untuk menghapus instrumen dari satu ensemble untuk menggunakannya di lain dan memilikinya cocok lapangan. Dalam ensemble apapun, namun, instrumen gender, dan tuning masing-masing tergantung pada  gender instrumen.

Instrumen Gender

Hampir setiap instrumen dalam ansambel kebyar dipasangkan dengan mitra laki-laki dan perempuan. Setiap instrumen dalam sepasang disetel berbeda dari pasangannya, satu lebih tinggi dan satu rendah. Dimainkan pada saat yang sama, instrumen yang lebih tinggi (dikenal sebagai pengisep atau “inhaler”) dan instrumen yang lebih rendah (dikenal sebagai pengumbang atau “exhaler”), menghasilkan efek pemukulan (Ombak), menciptakan kualitas, keseluruhan berkilauan berdenyut. Instrumen perempuan disetel lebih rendah, sedangkan laki-laki instrumen disetel lebih tinggi. Sebagai contoh, salah satu catatan pada pemadé Gangsa perempuan mungkin disetel untuk 220 Hz, sedangkan laki-laki Gansa pemadé mungkin disetel sedikit lebih tinggi untuk 228 Hz. Sebuah ensemble kebyar biasanya disetel sehingga jumlah denyut per detik tetap konsisten sepanjang rentang ensemble, meskipun kadang-kadang ensemble disetel sehingga ketukan yang sedikit lebih cepat untuk frekuensi yang lebih tinggi


 

 

 

 

 

 

 

Keterangan :

  1. Terompong
  2. Kecek
  3. A. kendang wadon

B . kendang lanang

  1. Suling
  2. Rebab
  3. A. Gangsa pemade sangsih

B. Gangsa pemade polos

  1. Ugal mukak
  2. Kajar
  3. A. Gangsa pemade polos

B. Gangsa pemade sangsih

  1. A. Gangsa kantilan polos

B. Gangsa kantilan sangsih

  1. Ugal belakang
  2. A. Gangsa kantilan sangsih

B. Gangsa kantilan polos

  1. A . jublag lanang

B . jublag wadon

  1. A . Penyahcah 1

B . penyahcah 2

  1. Reong
  2. Bende
  3. A . Gong lanang

B .  Gong wadon

  1. Kempli
  2. Kempur
  3. A  jegogan lanang

B . jegogan wadon

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Gamelan_gong_kebyar

Comments (55)


ibgirimantra

Filed under: Lainnya — ibgirimantra @ 5:42 pm

Nama  Saya  Ida Bagus Gede Giri Mantra anak pertama dari 2 bersaudara dari pasangan ayah dan ibu saya yaitu Ida Bagus Mahendra Putra dengan Ida Ayu Made Laksmi Kusuma Dewi. saya lahir pada tanggal 6 juli 1994 di denpasar , dari keluarga yang sederhana, dan saya bertempat tinggal di Desa Angantaka, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Provinsi Bali .

Saya mempunyai keluarga yang lengkap di antaranya ayah, ibu, kakek, nenek,  adik dan saya sendiri.  Ayah saya bernama : Ida Bagus Mahendra  Putra, lahir pada tanggal, 13 september 1963  ,beliau adalah seseorang yang pekerja keras dan menjadi tulang punggung keluarga dan  beliau juga orangny sangat ramah dan humoris dan ,Ibu saya bernama : Ida Ayu Made Laksmi Kusuma Dewi , lahir pada tanggal 7 mei 1973 , adik saya bernama : Ida ayu Made Anggi Pradewi lahir pada tanggal 1 desember 1998 , sekarang dia  kelas 3 SMP di SMP  yang sama dengan saya dulu, dan sekarang dia akan tamat pada tahun 2013 ini, Kakek saya bernama :Ida Bagus Rai, dan yang terakhir nenek saya bernama : Ida Ayu Putu Sugi.

Riwayat pendidikan saya dari dulu sampai  sekarang yaitu :

Saya sekolah TK di taman kanak –kanak kumara windu kencana II Penatih  , yang pada waktu masuk TK saya berumur 6 tahun , yang bertempat di Desa Penatih ,Kecamatan Denpasar Timur , Kabupaten /Kodya Denpasar ,yang jaraknya cukup jauh dari rumah saya.  dan saya tamat pada tahun  2000 ,  dan saya melanjutkan ke sekolah dasar di SD.  No. 1 Angantaka, yang tidak jauh dari rumah  saya.  yang bertempat di Desa Angantaka, Kecamatan Abiansemal , Kabupaen Badung, isana saya menuntut ilmu selama 6 tahun   dan tamat pada tahun 2006. Setelah tamat sekolah dasar atau SD,  saya melanjutkan SMP   di SMP N 2 Abiansemal , yang lumayan jauh dari rumah saya , yang bertempat di Desa Sedang, Kecamatan Abiansemal , Kabupaten Badung  , disana saya menuntut ilmu selama 3 tahun dan tamat pada tahun 2009, Setelah saya tamat SMP , saya pun sebenarnya pada waktu itu saya  ingin melanjutkan hobi saya dan minat saya dalam bidang seni ke  SMK N 3 Sukawati , yang dulu bernama SMKI atau KOKAR  tapi saya kembali berfikir, pada saat itu apakah saya mampu bersaing dengan taemen-teman yang bersekolah disana ,dan saya pun berfikiran saya ingin melanjutkan ke SMA  di SMA N 1 Abiansemal yang bertempat di Jl. Majapahit ,Desa Belahkiuh , Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung , dan dan disana saya mengambil jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial , dan disana banyak yang beranggapan bahwa  kalau anak-anak IPS itu semuanya brandalan , tapi saya ingin memperbaik citra dari anak ips itu sendiri , karena anak IPS juga bisa meraih prestasi dalam bidang krawitan khususnya , dan pada waku itu  banyak anak – anak ips yang ikut atau berpartisipasi dalam lomba balaganjur yang di adakan di PUSPEM badung , dan pada waktu itupun sekolah saya mendapatkan juara 2   SeBadung, dan waktu  kelas 3 atau kelas 12 saya pernah ke malang pada waktu itu dalam rangka stady tour dengan  teman-teman kelas 12 atau dengan rombongan dari SMA N 1 Abiansemal. Dan disana saya menuntut ilmu selam 3 tahun dan saya tamat pada tahun 2012 . setelah saya tamat SMA ,  saya pun melajutkan ke perguruan tinggi negeri  ISI denpasar , yang bertempat di Jl. Nusa Indah Denpasar, dan saya baru hanya sebagai mahasisiwa semester 2  jurusan  karawitan , fakultas seni pertunjukan yang belum mengetahui banyak tentang jurusan yg saya ambil pada saat ini , karena keingin tauan sayalah yang mendorong saya untuk kuliah di ISI Denpasar ini saya ingin  mengasah kemampuan saya dalam memaenkan gambelan  bali atau membuat suatu komposisi tabuh itu sendiri.

Saya pun mempunyai cita-cita ingin menjadi orang yang sukses, membahagiakan orang tua , dan keluarga, dan  untuk meningkatkan ekonomi  keluarga saya di masa yang akan dating , sangatlah tidak mudah bagi saya dalam menjalankan cita-cita saya kedepannya tanpa adanya usaha , dukungan keluarga , teman, sahabat, dan di lingkungan sekitar saya.

Saya  adalah salah satu dari zodiak CANCER(Kepiting) yang lahir pada tanggal 6 juli 1994. Seperti yang tercantum dalam kalender – kalender , zodiac cancer ini lahir dari tanggal 22 juni s/d 22 juli , watak dari zodial cancer pada umumnya adalah perasaannya mudah tersinggung , orangnya tidak sabaran , agak pemalu, suka menyembunyikan perasaannya, memegang kedisiplinan, tertib, oleh karenanya disebut orang cerewet, suka mencari pengaruh,dan kemudian menguasai orang yang bersimpatik kepadanya ,pandai mengatur rumah tangga. Jodoh dari zodiac cancer yang paling tepat adalah dari zodiac capricornus, pisces, Taurus, virgo, dan scorpio. Dari apa yang ada diatas tidak jauh berbeda dengan sifat ataupun watak saya sendiri.

Comments (56)


ibgirimantra

Filed under: Karya — ibgirimantra @ 6:46 am

Nama  Saya  Ida Bagus Gede Giri Mantra anak pertama dari 2 bersaudara dari pasangan ayah dan ibu saya . saya lahir pada tanggal 6 juli 1994 di keluarga yang sederhana, dan saya bertempat tinggal di desa angantaka, kecamatan abiansemal, kabupaten badung, provinsi bali .

Saya mempunyai keluarga yang lengkap di antaranya ayah, ibu, kakek, nenek,  adik dan saya sendiri.  Ayah saya bernama : Ida Bagus Mahendra  Putra, Ibu saya bernama : Ida Ayu Made Laksmi Kusuma Dewi , adik saya bernama : Ida ayu Made Anggi Pradewi  baru sebagai murid kls 3 smp, Kakek saya bernama :Ida Bagus Rai, dan nenek saya bernama : Ida Ayu Putu Sugi .

Saya mengenyam pendidikan sekolah dasar di SD N 1 Angantaka, dan tamat pada tahun 2006. saya melanjutkan Smp di SMP N 2 Abiansemal ,dan tamat pada tahun 2009, terus saya melanjutkan di SMA N 1 Abiansemal , dan tamat pada tahun 2012 . dan saya melajutkan ke perguruan tinggi negeri  ISI denpasar ,  karena saya ingin tau atau mengasah kemampuan saya dalam memaenkan gambelan  bali atau membuat suatu komposisi tabuh itu sendiri

Comments (1)


Valid XHTML 1.0 Transitional© 2008 | ibgirimantra
'Twilight' Wordpress theme | Powered by Atillus