Pengertian Username & Kata Sandi – Cara Membuat yang Baik

Menurut statistik dari agensi We Are Social, pada tahun 2019, audiens Internet berjumlah 4,39 miliar orang, yaitu lebih dari 50% populasi dunia. Tetapi tidak semua pengguna tahu apa itu kata sandi, browser, cara mendaftar di situs web, dan tentang apa sebenarnya Internet Anda ini.

Sekelompok istilah yang tidak diketahui menunggu pengguna baru, yang tampaknya dasar untuk orang muda dan orang dewasa lanjut, tetapi menyebabkan kesulitan bagi pemula. Kami telah membahas apa itu browser dan mengapa Anda membutuhkannya , dan saya juga memberi tahu Anda apa itu email dan bagaimana cara mendaftarkannya . Pada artikel ini, saya ingin memberitahu Anda lebih banyak tentang pendaftaran di berbagai situs, di mana Anda pasti perlu membuat nama pengguna dan kata sandi .

Tanpa sepasang login dan kata sandi, Anda tidak akan dapat sepenuhnya menggunakan Internet, yaitu: memesan barang di toko online, memulai email, berkomunikasi dengan teman di jejaring sosial, meninggalkan posting di forum, dan sebagainya.

Pada artikel ini, saya akan memberi tahu Anda dalam bahasa sederhana apa itu nama pengguna dan kata sandi. Anda akan belajar di mana mereka digunakan dan bagaimana menghasilkannya. Tidak ada yang rumit dalam hal ini – pertama kami akan mempertimbangkan sedikit teori, dan kemudian kami akan menerapkan pengetahuan dalam praktik ketika kami mendaftar di berbagai situs. Saya juga akan menganalisis situasi yang cukup umum ketika seseorang ingin mengubah nama pengguna dan kata sandi, atau benar-benar lupa. Saya pasti akan menyentuh topik penipuan dan bagaimana Anda dapat mengamankan data Anda.

Apa itu login dan kata sandi

Istilah masuk berasal dari frasa bahasa Inggris “Masuk”, yang diterjemahkan sebagai “Masuk” atau “Masuk ke sistem”. Jika Anda menggali lebih dalam, kata “Log”, dalam konteks ini, diterjemahkan sebagai “log pendaftaran”.

Faktanya adalah bahwa setiap situs tempat kita perlu mendaftar dan masuk dengan nama unik kita adalah database di mana setiap pengguna diberi nama masing-masing. Dengan membuat pengguna baru di situs, kami membuat seluruh infrastruktur yang selanjutnya mencatat setiap tindakan pengguna ini, agar tidak membingungkannya dengan orang lain. Tindakan ini dicatat dalam log database. Majalah itu sendiri, sebagai suatu peraturan, hanya tersedia untuk spesialis teknis (programmer). Dengan menggunakannya, pengembang dapat melacak kesalahan yang terjadi di situs dan memperbaikinya.

Memposting foto di jejaring sosial, komentar, membuat topik baru di forum, menerima layanan di portal Layanan Negara, mentransfer uang melalui Sberbank Online, dll. – semua ini tidak mungkin tanpa terikat pada pengguna tertentu. Untuk mengidentifikasi pengguna, Anda memerlukan login. Jadi, login adalah nama pengguna unik yang diperlukan untuk mendaftar di situs dan menindaklanjutinya.

Setiap situs memiliki aturannya sendiri untuk membuat login. Secara umum, login dapat terdiri dari karakter apa saja. Namun dalam praktiknya, paling sering diizinkan untuk membuat login menggunakan huruf latin, angka, serta beberapa simbol, seperti titik (.), Tanda hubung (-) dan garis bawah (_). Karakter lain, misalnya, titik koma (;) atau tanda dolar ($), dilarang, karena dapat menimbulkan kesalahan dalam database situs.

Login telah lama memiliki seluruh daftar sinonim, sebagian besar terdiri dari kata-kata bahasa Inggris lainnya – ini adalah nama panggilan (nickname, dari nama panggilan bahasa Inggris), nama panggilan (kependekan dari username), pengguna (pengguna, dari pengguna bahasa Inggris), nama pengguna (nama pengguna , dari nama pengguna bahasa Inggris). Ini juga termasuk sinonim seperti nama panggilan, nama samaran.

Di beberapa situs, login dan nickname bisa menjadi dua entitas yang berbeda. Login bertindak sebagai catatan unik dalam database, dan nama panggilan mungkin berbeda dan diperlukan untuk menampilkan Anda di situs untuk pengguna lain (lebih lanjut tentang ini di bawah).

Tidak seperti login, kata sandi tidak mencerminkan atau menunjuk pengguna di Internet dengan cara apa pun, tetapi berfungsi untuk keamanannya. Kata sandi adalah kumpulan rahasia dari berbagai karakter. Seharusnya tidak terbaca, syarat utamanya adalah membuatnya mudah diingat dan kompleks sehingga peretas dan penipu tidak dapat menemukannya dengan seleksi.

Selanjutnya, kita akan melihat contoh login dan kata sandi.

Seperti apa tampilan login dan kata sandi

Beberapa situs, setelah pendaftaran, menawarkan opsi masuk siap pakai berdasarkan nama Anda. 

Login seperti ini terlihat panjang dan sulit untuk diingat. Saya tidak menyarankan memilih sesuatu seperti itu, karena Anda akan sering harus mengisi data ini secara manual nanti. Yang terbaik adalah membuat login yang singkat, mudah diingat, dan mudah diketik.

Paling sering, login ditemukan dalam bahasa Inggris. Dalam permainan komputer online, saya sering melihat login yang tidak masuk akal, seperti: Nagibator56, VashyaMama, FuckYou dan sebagainya. Dan jika dalam permainan orang dengan login seperti itu hanya menyebabkan senyuman, maka, misalnya, di forum serius tentang keuangan, seseorang dengan login seperti itu akan terlihat konyol.

Tentu saja, Anda dapat menemukan opsi yang memadai agar tidak melupakannya, tetapi untuk keandalan yang lebih besar, pengguna hanya datang dengan opsi seperti itu.

Jadi, kami menemukan seperti apa tampilan login dan kata sandi – sekarang mari kita cari tahu untuk apa mereka di Internet.

Untuk apa nama pengguna dan kata sandi?

Beberapa layanan di Internet tidak benar-benar memerlukan pendaftaran dan tersedia untuk semua orang. Tetapi untuk memulai email, meninggalkan komentar di forum atau YouTube yang sama, melakukan pembelian di toko online, mendaftarkan dompet elektronik, dll., Anda harus mendaftar .

Pendaftaran di Internet adalah proses pembuatan akun di database (akun, akun, akun) dari sebuah situs web. Akun memungkinkan Anda untuk melakukan aktivitas penuh di situs dan menggunakan semua fungsinya. Di banyak situs, akun itu disebut berbeda – halaman, profil, akun pribadi.

Anda akan memerlukan login dan kata sandi untuk mendaftar! Registrasi standar melibatkan memasukkan data berikut:

  • Kombinasi;
  • Kata sandi;
  • Alamat email. Saya membicarakan ini secara rinci di artikel Cara membuat email di Mail.ru, Yandex dan Gmail.

Setelah pendaftaran, login dan kata sandi akan digunakan untuk otorisasi , yaitu untuk masuk kembali ke akun.

Beberapa situs mungkin memerlukan informasi lain saat mendaftar. Misalnya, nama lengkap, kota tempat tinggal, tanggal lahir, dan sebagainya. Biasanya, data ini tidak ditampilkan di mana pun, kecuali jika itu adalah jejaring sosial (dan kemudian dengan izin pengguna).

Pilihan lain – alih-alih login, alamat email atau nomor telepon dapat digunakan. Itu semua tergantung pada persyaratan situs!

Misalnya, saat mendaftar di Skype, sistem akan meminta Anda untuk membuat login, serta menunjukkan nama lengkap Anda. Login harus terdiri dari huruf dan angka Latin, dan nama lengkap dapat ditentukan dalam Cyrillic. Saat berkomunikasi dengan pengguna, mereka akan melihat Nama Depan dan Belakang, sedangkan login diperlukan untuk masuk ke program.

Beberapa layanan membuat akun Anda secara otomatis setelah pendaftaran. Login dikirim kepada Anda melalui surat, atau email digunakan sebagai login.

Misalnya, untuk masuk ke akun pribadi Sberbank Online Anda, Anda perlu mencetak tanda terima di ATM, di mana nama pengguna dan kata sandi pribadi Anda akan ditunjukkan (setelah masuk, mereka dapat diubah):

Terkadang, alih-alih login, mereka mungkin mengirimi Anda ID – serangkaian angka unik.

Jadi, kami menemukan apa nama pengguna dan kata sandi itu dan untuk apa data ini. Sekarang mari kita mulai membuatnya!

Cara membuat login unik

Di bagian ini, Anda akan belajar cara membuat login yang bagus dan unik.

Sebagai login, orang paling sering memilih:

  • Nama dan nama keluarga Anda ;
  • Nama sastra, karakter fiksi dari film atau aktor. CONTOH Nama-nama Amerika juga populer, seperti John, David, Henry, Robert, James, dan sebagainya.
  • Kata – kata bahasa Inggris dan Rusia yang terkenal ;
  • Nama perusahaan, merek dagang, merek . Contoh – Pepsi, Coca, Mers, Samsung, dan sebagainya;
  • Nama-nama geografis . Kanada, Australia, Las_Vegas, Eropa.
  • Nama-nama peristiwa apa saja (fenomena alam, bencana, dan sebagainya). Contoh – Badai, Gempa, Pelangi
  • Nama-nama binatang . Contoh – Anjing, Kucing, Burung Beo
  • Kata-kata lain.

Login tergantung pada imajinasi orang tersebut dan keinginannya untuk membuatnya unik, tak ada bandingannya. Anda tidak dapat memaksakan diri dan menambahkan tanggal lahir ke nama lengkap Anda, atau Anda dapat membuat sesuatu sendiri, tidak biasa.

Mengapa pengguna membutuhkan login yang baik dan mudah dibaca? Alasan utamanya adalah sebagai berikut:

  • Itu mudah – agar tidak lupa . Jika kombinasinya ternyata terlalu rumit, Anda bisa melupakannya pada waktu yang tepat, yang akan menyebabkan kesulitan tambahan;
  • Penciptaan kesan pertama di depan pengguna internet . Jika Anda berencana untuk berkomunikasi dengan orang lain di Internet, maka login harus mudah diingat dan mengatakan sesuatu tentang Anda. Misalnya, jika ini adalah nama karakter sastra, maka mereka akan menganggap Anda sebagai orang yang banyak membaca, dan mereka yang mengenali karya ini mungkin ingin mendiskusikannya dengan Anda;
  • Akun Anda mungkin berfungsi . Anda bisa mendapatkan pekerjaan di perusahaan mana pun yang menawarkan pekerjaan dari rumah atau mulai menghasilkan uang secara online. Untuk bidang kerja, nama panggilan yang solid penting, yang akan dilihat oleh calon pelanggan dan klien.

Artinya, jika Anda memiliki login Nagibator_2001, Easy_mani dan lainnya, maka kemungkinan besar mereka tidak akan memperhatikan Anda. Tentu saja, seseorang dapat menjadi seorang profesional di bidangnya, tetapi dengan julukan seperti itu tidak mungkin langsung ke intinya.

Persyaratan masuk standar

Sudahkah Anda memutuskan pilihan login? Beberapa tips sederhana akan membantu Anda membuatnya unik. Sebagai contoh, kita akan menggunakan nama depan dan belakang saya dalam bahasa Inggris (SapykinSergey).

Sebelum itu, saya ingin menyebutkan persyaratan standar yang diterapkan situs pada login pengguna:

  • Saat membuat login, pengguna dapat menggunakan huruf latin az, angka 0-9 dan pemisah tanda hubung (-) atau garis bawah (_);
  • Setidaknya 6 karakter, tidak lebih dari 20 karakter;
  • Karakter berikut tidak diperbolehkan: @, spasi;
  • Login tidak boleh diakhiri dengan titik atau koma.

Sebenarnya, tidak ada standar khusus, tetapi situs mematuhi aturan ini. Hal ini dilakukan agar beberapa va & sya $#!19.4 tidak mengembalikan login beberapa kali berturut-turut, karena kombinasi seperti itu bermasalah untuk diingat.

Berikut ini beberapa kiat lainnya untuk membuat login unik:

  • Tambahkan angka . Jika login yang diinginkan sedang sibuk, maka Anda dapat menambahkan kombinasi angka apapun ke dalamnya, misalnya, tanggal lahir. Misalnya, saya akan menambahkan SaprykinSergey16 ke login. Saya memilih nomor ini karena tanggal lahir saya terkait dengannya;
  • Potong kembali. Anda tidak dapat menulis SaprykinSergey16, tetapi SaprSerg16 atau Serg16. Lebih pendek dan lebih baik dibaca! Tetapi opsi terakhir tidak terlihat sangat solid. Untuk beberapa forum cukup cocok, tetapi untuk alamat email yang mungkin Anda gunakan untuk menghubungi calon pemberi kerja atau pelanggan tidak terlalu bagus. Lebih baik kemudian meninggalkan versi panjang pertama.
  • Jenis kegiatan. Misalnya, saya seorang pelajar dan saya dapat mengonversi login menjadi stud-serg. Saya juga seorang copywriter. Maka julukannya adalah Sergwriter.

Cara membuat kata sandi yang baik

Bagian ini adalah tentang membuat kata sandi yang baik dan kuat. Setelah Anda melakukan ini, Anda akan mengamankan akun Anda dengan andal dan dapat tidur nyenyak. Tetapi pertama-tama, mari kita bahas mengapa Anda perlu mendekati masalah ini dengan hati-hati.

Mengapa membuat kata sandi yang kuat

1. Melalui Internet, penipu dan peretas dapat mengambil alih data pribadi Anda, misalnya, data paspor, berkat itu mereka nantinya dapat mengajukan pinjaman atau pinjaman mikro.

Kasus seperti itu baru – baru ini terjadi pada seorang Moskow yang sedang hamil, yang mengetahui bahwa dia memiliki pinjaman yang telah jatuh tempo dari para kolektor. Tapi bagaimana dengan pinjaman yang jatuh tempo dibandingkan dengan ruang hidup yang hilang? Pada pertengahan 2019, para penyerang mencuri data paspor seorang Romawi tertentu, dengan curang mengeluarkan tanda tangan digital dan, dengan bantuannya, mendaftarkan ulang apartemen tersebut. Pemerintah memerangi penipuan jenis ini, tetapi cara terbaik untuk melindungi diri Anda sendiri adalah dengan bermain aman secara pribadi.

2. Setelah mendapatkan akses ke jejaring sosial Anda, penipu dapat menipu kenalan Anda demi uang, memberi tahu mereka atas nama Anda bahwa Anda dalam masalah dan sangat membutuhkan uang. Saya sendiri pernah menjadi korban dari kejadian seperti itu. Suatu kali saya didekati oleh seorang teman di VK, yang mengatakan bahwa ibunya ada di rumah sakit, tidak ada uang di telepon untuk menelepon dan meminta 300 rubel. Mengapa saya jatuh untuk ini? Karena dalam percakapan mereka menyebutkan ibu dari seorang gadis yang saya kenal baik dan hal pertama yang saya pikirkan adalah: “Bagaimana scammers bisa tahu tentang ibu?” Secara umum, itu sangat meyakinkan dan ada banyak contoh seperti saya.

Kasus lain – peretas berhasil meretas instagram Moskow lain dan menerbitkan pesan yang sangat meyakinkan, karena itu kenalan dan teman gadis itu mulai mentransfer uang kepadanya. Tentu saja, mereka masuk ke kantong scammers.

3. Setelah mendapatkan akses ke komputer, ponsel, dan foto Anda yang tersimpan di sana, scammers dapat mulai memeras Anda.

Kisah serupa terjadi pada seorang gadis berusia 23 tahun dari wilayah Moskow , yang, setelah menjadi korban peretas, terpaksa merenungkan foto-foto intimnya di halaman Vkontakte-nya sendiri. Sebelum dan sesudah perbuatan, penjahat meminta uang dan mencapai tujuannya, tetapi setelah transfer dia tidak ketinggalan dan mulai mengejar tidak hanya gadis itu, tetapi juga pacarnya.

4. Setelah mendapatkan akses ke akun pribadi Sberbank Online atau bank lain yang Anda gunakan, penipu dapat mengambil alih uang yang disimpan di sana.

Selain itu, sebagian besar penjahat menerima data bukan hanya satu orang, tetapi seluruh database. Situasi yang tidak menyenangkan seperti itu terjadi pada akhir 2019 – data pribadi pelanggan (sekitar 60 juta kartu kredit) bocor ke “pasar gelap Internet”. Tentu saja, kebocoran ini berasal dari bank, tetapi setelah berita seperti itu, saya lebih suka mengubah kata sandi.

5. Setelah meretas akun Anda di forum mana pun, peretas, menggunakan reputasi Anda dan pengalaman berkomunikasi dengan peserta lain, dapat “menipu” orang lain demi uang.

Contoh-contoh seperti itu dapat dikutip untuk waktu yang lama, saya harap ini cukup bagi Anda untuk menyadari pentingnya data pribadi dan serius untuk membuat kata sandi.

Kata sandi buruk yang pasti tidak dapat digunakan

Di bagian “Seperti apa tampilan login dan kata sandi”, saya mencantumkan beberapa contoh kata sandi, dan pembaca yang cermat dapat memahami mana yang buruk. Menurut statistik, kata sandi yang paling populer adalah: 123456789, qwerty, 123456, 11111111, 123456qwerty. Biasanya kombinasi ini digunakan karena nyaman untuk mengetik di keyboard:

Dan jika Anda menggunakan yang seperti ini – saya punya kabar buruk! Peretas dapat dengan mudah meretas email, akun jejaring sosial, dompet elektronik, akun layanan pemerintah, atau akun perbankan pribadi Anda.

Kata sandi yang buruk juga termasuk:

  • Tanggal lahir;
  • Nomor telepon;
  • Kata-kata standar seperti pengguna, kata sandi, admin, default, tamu. Kata-kata ini sering muncul di depan mata Anda ketika Anda menjelajahi Internet. Misalnya, ketika situs menawarkan untuk mendaftarkan login, Anda tidak dapat melihat bahasa Rusia, tetapi nama bahasa Inggris dari kata ini, yaitu nama pengguna;
  • Kata sandi dua kata seperti sergeysergey, saprykinsaprykin, dan sebagainya;
  • Nama keluarga (nama) + tahun lahir. Contoh: sergey1997, saprykkin1997 dan sejenisnya. Anda dapat menggunakan opsi serupa untuk masuk, tetapi tidak untuk kata sandi.

Tentang Muji Hutami

Just call me Tami. Fashions and Arts is my passion.
Tulisan ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan