Skip to content


Hasil Penerapan

Penerapan metode group investigation dalam proses pembelajaran mata   kuliah metode penelitian, pada dasarnya merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dilakukan dalam usaha pencapaian target/sasaran materi perkuliahan. Di samping itu, penerapan metode group investigation

merupakan salah satu strategi dalam usaha pemberian rangsangan (stimulus) untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Cara ini diharapkan dapat berpengaruh secara signifikan pada minat belajar mahasiswa dan sekaligus dapat meningkatkan mutu hasil belajar.  Tujuan dan sasaran akhir yang ingin dicapai adalah peningkatan standar kompetensi mahasiswa dalam menguasai metode penelitian, di samping peningkatan kualitas hasil belajar.

Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan, penerapan metode group investigation dalam proses pembelajaran mata  kuliah metode penelitian, ternyata mampu meningkatkan motivasi dan responbilitas mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan. Kegiatan investigasi yang dilakukan secara berkelompok, ternyata dapat menggairahkan mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan. Demikian juga halnya dengan pelaksanaan  prersentasi hasil investigasi yang berlangsung dalam suasana ‘hangat’ dan ‘seru’. Masing-masing anggota kelompok saling adu agrumentasi tentang hasil investiagsi yang telah dilakukan. Kemauan dan kemampuan mereka dalam mengeluarkan pendapat merupakan catatan yang perlu digarisbawahi, karena sebelumnya para mahasiswa cenderung lebih pasif.  Fenomena ini betul-betul sesuatu yang baru dalam proses pengajaran mata kuliah Metode Penelitian. Sebelum diterapkannya metode group investigation, minat mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan cukup rendah. Demikian juga dengan responbilitas dalam proses pembelajaran, kurang terjadinya umpan balikan (feed back). Secara konstruktif, proses pembelajaran masih berupa implementasi paradigma lama atau bihovioristik, sebuah proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru (instructur centered learning).


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

You must be logged in to post a comment.