Skip to content


Hasil pengukuran nada-nada gamelan Jawa

Hasil pengukuran instrument gender pada Gamelan Jawa

Gender

Patet barang

Gender

Selendro

Nada

Tuner

interval

Nada

Tuner

Interval

6 A#-20   6 B-40  
    380     250
1 D#-40   1 C#-10  
    120     140
2 E-20   2 D#+30  
    150     245
3 F+30   3 F#-25  
    400     365
5 A+30   5 A#+40  
    110     160
6 A#+40   6 C  
    315     90
1 D#-45   1 C#-10  
    130     315
2 E-5   2 D#+35  
    145     230
3 F+40   3 F#-35  
    400     245
5 A+20   5 G# +10  
    120     235
6 A#+30   6 A#+45  
    330     250
1 D#-40   1 C#-5  
    155     250
2 E-5   2 D#+45  
    135     235
3 F+40   3 F#-20  

 

Hasil pengukuran instrument Saron pelog pada Gamelan Jawa

Saron 1 pelog

Saron 2 pelog

Nada

Tuner

interval

Nada

Tuner

Interval

1 D#-30   1 D#-30  
    130     130
2 E   2 E  
    140     140
3 F+40   3 F+40  
    280     280
4 G#+20   4 G#+20  
    120     125
5 A+40   5 A+45  
    115     115
6 B-45   6 B-50  
    185     180
7 C+40   7 C+30  

 

Hasil pengukuran instrument Demung pelog pada Gamelan Jawa

Demung Pelog

Nada

Tuner

interval

1 D#+10  
    130
2 E  
    140
3 F+10  
     
3+ F#+20 280
     
4 G#+10  
    120
5 A#-40  
    115
6 B-40  
    170
7 C+30  

 

Hasil pengukuran instrument Saron Slendro pada Gamelan Jawa

Saron 1 Slendro

Saron 2 Slendro

Nada

Tuner

interval

Nada

Tuner

Interval

6 A#+45   6 A#+45  
    255     260
1 C#   1 C#+5  
    245     225
2 D#+45   2 D#+35  
    235     250
3 F#-20   3 F#-20  
    240     240
5 G#+20   5 G#+20  
    230     230
6 B-50   6 B-50  
    260     260
1 C#+10   1 C#+10  
           

 

Hasil pengukuran instrument Slentem pada Gamelan Jawa

Slentem

Slendro

Pengumbang

Slentem   Pelog

Pengumbang

Nada

Tuner

interval

Nada

Tuner

Interval

6 B-50   1 D#-30  
    230     125
1 C#-20   2 E-5  
    255     135
2 D#+35   3 F+30  
    235     170
3 F#-30   4 G#  
    230     130
5 G#   5 A+30  
    235     110
6 A#+35   6 A#+40  
    255     170
1 C#-10   7 C+10  

 

Setelah berbagai percobaan yang dilakukan maka beberapa teori seperti teori RMAK yang menyebutkan interval untuk nada 9 nada berjarak 133,3 cent dan  teori skema laras dari R Hardjosoebroto untuk selanjutnya tidak dapat dipergunakan dalam mewujudkan gamelan Nawa Swara. Hal ini dikarenakan dalam 2 teori yang disebutkan di atas telah menunjukan jarak interval nada-nada yang harus digunakan.

Teori yang dipergunakan dalam pembuatan prototipe gamelan Nawa Swara adalah teori linkaran kempyung dari Atik Soepandi dalam pelog panca nada (lima nada). Atik Soepandi tidak menetapkan jarak interval antara setiap nadanya tetapi dengan membuat 4 buah nada sisipan yaitu nada O, A, I, dan U. Nada O dinamakan dengan nada sorog, nada A dinamakan nada panangis, nada I dinamakan dengan nada pamiring, dan nada U dinamakan dengan nada bungur. Dari keterangan teori lingkaran kempyung dan hasil pengukuran nada-nada, maka peneliti mencoba membandingkannya dengan hasil seperti berikut.

 Perbandingan lingkaran kempyung dengan demung gamelan Jawa

Nama Nada Nada Mutlak Interval Demung Gamelan Jawa Interval
B 1   6  
        pendek
A     7  
    panjang    
O       panjang
         
S 5   1  
    pendek   pendek
G 4   2  
    pendek   pendek
P 3   3  
         
I       panjang
    panjang    
U     4  
        pendek
L 2   5  
    pendek   pendek
b 1   6  

 


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

You must be logged in to post a comment.