Skip to content


Tips Jadi Fotografer Sukses dan Handal

JAKARTA - Berangkat dari sebuah hobi, fotografi dapat dikembangakan menjadi sumber penghasilan. Namun tidak semua fotografer bisa meraih kesuksesan dan mampu bertahan dalam persaingan di dunia fotografi.

Menjadi freelance jika diolah dengan baik ternyata dapat memberikan penghasilan yang menjanjikan. “Freelance itu fleksibel,” kata Fotografer Sueswit April, dari Sentra Digital, Surabaya, dalam Seminar Fotopreneur, seperti dikutip dari ITS online Senin (23/5/2011).
Fleksibel dalam hal ini dalam arti waktu dan penghasilan. Jadwal fotografi dapat dilakukan sesuka hati sementara untuk meningkatkan penghasilan cukup meningkatkan order fotografi.
Selain itu, fotografer freelance cenderung lebih kreatif karena ia sendiri menentukan eksekusi akhir hasil fotonya. “Kita juga bisa menentukan branding nama,” tambah Sueswit.
Dengan bekerja sebagai freelance, dapat membesarkan nama sang fotografer secara pribadi. Berbeda jika bekerja di bawah naungan studio karena yang semakin tenar adalah nama studio tersebut.
Melihat hal ini, Pers mahasiswa Teknik Mesin (Dimensi) bersama salah satu tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat (PKMM) ITS mengadakan
Berikut beberapa tips untuk menjadi fotografer handal dan sukses menurut Sueswit April, yang diundang sebagai pembicara dalam seminar tersebut.
1. Tingkatkan kemampuan, sebab fotografi bukan hanya asal jepret tapi penilaian terhadap hasil foto.
2. Eksplorasi teknik fotografi melalui kursus, online, atau komunitas fotografi lain.
3. Bergabung dengan banyak komunitas fotografi. Hal ini berguna untuk bertukar pengalaman maupun alat-alat fotografi, seperti lensa.
4. Tentukan konsep sebelum memotret untuk mencegah kebingungan dan efisiensi waktu dalam bekerja.
5. Manfaatkan media baik cetak maupun elektronik sebagai tempat untuk memamerkan hasil karya (foto).
6. Bentuk dan jaga citra positif terhadap klien. Tepat ketika janji temu maupun penyerahan hasil foto.
7. Sediakan backup foto lebih dari satu.
8. Jangan takut menjadi freelance.

Sumber:  okezone.com

Posted in Uncategorized.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

You must be logged in to post a comment.