Skip to content


Manajemen Mutu

Dari Berbagai Sumber


Apa itu Mutu?

Mutu adalah persepsi stakeholder mengenai sebuah barang atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan memberikan pernyataan kepuasan dan spesifikasi secara lengkap.

Mutu dalam sebuah organisasi paling baik dapat dicapai dengan cara manajemen membentuk Sistem Manajemen Mutu (SMM). SMM adalah sistem formal yang mendokumentasikan struktur institusi, tugas dan tanggung jawab karyawan dan manajemen, prosedur-prosedur yang dipersyaratkan untuk mewujudkan mutu produk atau jasa.

Empat alat mutu harus dipakai ketika membuat sebuah SMM: Manual Mutu, Prosedur Operasi Standar, Instruksi Kerja dan dokumen-dokumen pendukung seperti diagram alir dan catatan mutu. Keempat alat itu harus konsisten, saling berhubungan dan bekerja bersama untuk meningkatkan nilai dari barang atau jasa.

Bagaimana Mengelola Mutu?

Manajemen mutu secara efektif mengelola SMM  institusi untuk mencapai kepuasan stakeholder yang maksimal pada tingkat biaya terendah secara keseluruhan. Manajemen Mutu (MM) adalah sebuah proses berkesinambungan yang memerlukan masukan waktu, usaha dan komitment dari semua sumber daya institusi.

Prinsip MM yang  efektif:

  1. Fokus Stakeholder – Pahami keinginan stakeholder Anda. Ukur kepuasan Stakeholder, dan berusaha untuk melampaui harapannya.
  2. Kepemimpinan – Manajemen menetapkan startegi dan memimpin perusahaan dalam mencapai tujuannya. Manajemen membuat sebuah lingkungan yang mendorong staffnya untuk secara terus-menerus melakukan peningkatan dan bekerja untuk memberikan kepuasan stakeholder.
  3. Keterlibatan Orang – Latih staff institusi dengan efektif. Kerja tim dan keterlibatan karyawan secara penuh menjadikan mutu sebuah kenyataan.
  4. Peningkatan Terus-Menerus – Secara terus-menerus membuat segala sesuatu lebih baik.
  5. Pendekatan Proses – Pahami dan atur sumber daya dan kegiatan perusahaan untuk mengoptimalkan operasional organisasi.
  6. Pengambilan Keputusan Berdasarkan Fakta – Mengambil keputusan berdasarkan fakta.
  7. Pendekatan Sistem Manajemen – Tentukan urutan dan interaksi proses dan kelola semuanya sebagai sistem.
  8. Hubungan yang Saling Menguntungkan.

Posted in Tulisan.