Skip to content


Rencana Pemanfaatan INHERENT ISI Denpasar

Rencana pemanfaatan jaringan inherent dalam jangka panjang melalui video conference antara lain akan dipergunakan untuk perkuliahan jarak jauh, peningkatan apresiasi seni, kolaborasi seni, pelatihan jarak jauh, diseminasi, seminar, dan workhsop. Pemanfaatan konten-konten PT yang tersambung dalam Inherent dalam rangka meningkatkan kualitas materi pembelajaran. Rencana pemanfaatan seperti tersebut memerlukan kerjasama dari berbagai PT baik seni maupun bukan seni. Dalam rangka pengembangan aktivitas jaringan inherent, ISI Denpasar merupakan anggota dari BKS PT Seni, dengan demikian keberlanjutan pemanfaatan Inherent pada PT seni dapat dimungkinkan untuk dilaksanakan.

Pemanfaatan kuliah jarak jauh pada PT Seni dapat dilakukan melalui video conference misalnya untuk kelas praktek seni tari. Misalnya ISI Denpasar melakukan kelas praktek tari nusantara dengan materi tari Jawa gaya Surakarta. Walaupun ISI denpasar mempunyai pengajar yang berlatar tari Jawa gaya Surakarta, alangkah lebih baik jika pengajar dari ISI Surakarta turut bergabung melakukan sharing ilmu yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas mahasiswa yang mendapat kuliah praktek tari Jawa gaya Surakarta. Begitu pula sebaliknya bagi ISI Surakarta akan memanfaatkan SDM tari Bali dari ISI Denpasar melalui video conference.

Pemanfaatan fasilitas video confrence bukan terbatas pada pembelajaran jarak jauh tetapi dapat pula dipergunakan untuk kolaborasi seni antar perguruan tinggi seni baik dalam latihan-latihan sebelum pelaksanaan kolaborasi dalam setu tempat atau pemanfaatan video conference tersebut dalam karya seninya. Pemanfaatan fasilitas vicon dalam proses latihan kolaborasi seni pertunjukan misalnya akan memberikan 50% efisiensi dan efektivitas proses, karena para seniman sudah memulai proses latihan gabungannya melalui vicon, maka ketika melakukan latihan bersama mereka tinggal memantapkan proses yang telah didapat melalui vicon. Melihat pemanfaatan tersebut, maka koneksi FO di gedung pertunjukan seperti yang pada bagian 2.3 merupakan hal yang penting.

Jika usulan tersebut diatas disetujui, kemudian proses pengadaan serta  pekerjaan fasilitas Vicon berjalan lancar, maka pemanfaatan Inherent dalam jangka pendek, dapat dipergunakan pada ajang festival kesenian Indonesia (FKI). FKI merupakan sebuah ajang kreativitas PT Seni yang dilaksanakan setiap 2 tahun sekali. FKI tidak hanya aktivitas seni pertunjukan tetapi diwarnai dengan kegiatan pameran, seminar, lokakarya, workshop, dan kolaborasi seni juga dilaksanakan. Ajang aktivitas dan kreativitas tersebut alangkah baiknya jika dapat pula dirasakan oleh sivitas akademika PT Seni yang tidak dapat mengikuti kegiatan FKI secara langsung di ISI Denpasar.

Pengembangan konten yang akan dilakukan untuk sharing dengan perguruan tinggi lain seperti yang merujuk pada bagian 2.4. Konten yang menjadi unggulan dalam kegiatan inherent adalah konten multimedia dalam bentuk video, audio, foto, dan bentuk format lainnya. Konten-konten tersebut merupakan hasil dokumentasi karya cipta  sivitas akademika ISI Denpasar dan dokumentasi lainnya yang dianggap perlu untuk penungjang proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian pada mayarakat. Sambil menunggu peraturan dan fasilitas yang lebih lengkap, konten yang akan di sharing dalam bentuk preview berupa cuplikan-cuplikan dokumentasi pertunjukan menggunakan aplikasi 4image. Sedangkan untuk di dalam kampus ISI menggunakan system aplikasi media portal. Bagi mereka yang ingin mendapatkan data multimedia dalam bentuk CD/VCD/DVD dapat dilakukan melalui pemesanan dengan tentu saja dikenakan biaya ongkos kirim dan cetak. Hal tersebut dilakukan untuk menegakan HAKI.

Posted in Tulisan.