0

PESAN DALAM GAMBAR DAN KATA

Posted by gengbeng on Nov 10, 2013 in DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, Tulisan

APA ITU PESAN DALAM GAMBAR DAN KATA?
contohnya seperti ini :
contoh

yakk nama lainnya adalah POSTER ^^
Poster adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar yang berisi pesan – pesan atau informasi kesehatan yang biasanya di tempel di tembok – tembok, di tempat – tempat umum atau di kendaraan umum. Sifat sebuah poster adalah mencari perhatian mata sekuat mungkin. Poster bisa menjadi sarana iklan, pendidikan, propaganda, dan dekorasi. Selain itu bisa pula berupa salinan karya seni terkenal.
Tujuan poster adalah menginformasikan kepada pembaca tentang sebuah informasi yang dikemas dengan kata-kata lebih singkat, padat, jelas dan menarik. Manfaat poster adalah agar para pembaca lebih mengerti apa yang ingin di ungkapkan sang penulis poster dengan menggunakan kata-kata yang lebih singkat dan sederhana.
propaganda, dan protes, serta maksud-maksud lain untuk menyampaikan berbagai pesan.
Dari kedua definisi tersebut diatas, jelaslah bahwa poster adalah salah satu bagian seni grafis yang memiliki gaya, aliran, maupun trend tersendiri yang tidak lepas dari suatu zaman. Oleh karena itu poster dibuat untuk menyampaikan pesan atau informasi, maka poster akan menjadi elemen dalam Desain Komunikasi Visual
A. Syarat sebuah poster:
1. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
2. Kalimatnya singkat, padat, jelas dan berisi
3. Dikombinasikan juga dalam bentuk gambar
4. Menarik minat untuk dilihat
5. Bahan yang digunakan bagus, tidak mudak rusak, sobek.
6. Ukuran disesuaikan dengan tempat pemasangan dan target pembaca.
B. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat poster adalah sebagai berikut:
1. gambar dibuat mencolok sesuai dengan ide yang hendak disampaikan.
2. kata-kata efektif, sugestif, dan mudah diingat.
3. tulisan dibuat besar-besar dan mudah dibaca.
4. poster dipasang di tempat yang strategis.
C. Prinsip Desain poster
1. Keseimbangan/ Balencing
Keseimbangan merupakan prinsip dalam komposisi yangmenghindari kesan berat sebelah atas suatu bidang atau ruang yangdiisi dengan unsur-unsur rupa. Ada dua jenis keseimbangan tataletak desain yang bisa diterapkan: desain simetris/ formal dan tidaksimetris/ asimetris/ non-formal. Keseimbangan dalam bentuk dan ukuran Keseimbangan dalam warna Keseimbangan yang diperoleh karena tekstur Dari kesemuanya itu yang paling terasa adalah keseimbanganyang terbentuk dari dari komposisi
2. Alur Baca/ Movement
Alur baca yang diatur secara sistematis oleh desainer untukmengarahkan “mata pembaca” dalam menelusuri informasi, dari satubagian ke bagian yang lain.
3. Penekanan/ Emphasis
Penekanan bisa dicapai dengan membuat judul atau illustrasi yang jauh lebih menonjol dari elemen desain lain berdasarkan urutanprioritas.Penekanan bisa dicapai dengan, Perbandingan ukuran Latar belakang yang kontras dengan tulisan atau gambar Perbedaan warna yang mencolok Memanfaatkan bidang kosong Perbedaan jenis, ukuran, dan warna huruf
4. Kesatuan/ Unity
Beberapa bagian dalam poster harus digabung atau dipisahsedemikian rupa menjadi kelompok-kelompok informasi. Misalnyanama gedung tempat acara berlangsung harus dekat dengan teksalamat.Kesatuan dapat dicapai dengan, Mendekatkan beberapa elemen desain Dibuat bertumpuk Memanfaatkan garuis untuk pemisahan informasi Dan perbedaan informasi Perbedaan warna latar belakang
5. Kesan/ Specific Appeal
D. Kriteria sebuah poster yang baik:
1. Tulisan didalam poster harus jelas dan terbaca
Tulisan dalam poster itu sangat berguna sekali, karena pokok utama penyampaian pesan atau informasi dari sebuah poster adalah dari tulisan dan gambar.
2. Kombinasi gambar dan tulisan tidak berlebihan
Kekuatan utama dari sebuah poster adalah kombinasi antara tulisan dan gambar , kombinasi warna.
3. Jangan Egois dan hanya mengikuti selera kita
Jika kita ingin membuat sebuah poster untuk umum, tempatkanlah ego dan selera kita sebaik mungkin, maksudnya adalah posisikan diri kita sebagai pembaca bukan pembuat.
4. Kombinasi Warna Yang Tepat

CONTOH POSTER:
AIDS not sexy

hiv-aids

poster

poster_hiv_aids_extra_by_emono36-d569xl3

 
0

Halo dunia!

Posted by gengbeng on Nov 9, 2013 in Tak Berkategori

Selamat Datang di Blog Institut Seni Indonesia Denpasar. Ini adalah post pertama anda. Edit atau hapus, kemudian mulailah blogging!

Copyright © 2017 PROSTITUDE All rights reserved. Theme by Laptop Geek.