gedeyudana

Blog

Sanggar Seni Shanti Werdhi Gita

Filed under: Tak Berkategori — gedeyudana at 1:35 pm on Kamis, April 16, 2020

Sejarah

Sanggar Seni Shanti Werdhi Gita merupakan salah satu sanggar di Bali yang bergerak pada bidang seni dan budaya. Sanggar ini berdiri pada tanggal 30 Januari tahun 2015 dengan jumlah anggota perintis sebanyak 29 orang. Secara etimologi, Shanti berarti damai, Werdhi berarti lestari, dan Gita berarti lagu/nyanyian. Jadi Sanggar Seni Shanti Werdhi Gita berarti melestarikan lagu/musik berlandaskan kedamaian. Pada awalnya Sanggar Seni Shanti Werdhi Gita bergerak hanya pada bidang seni karawitan, khususnya seni tabuh gamelan Bali.

Ide awal terbentuknya sanggar ini yaitu adanya keinginan pendiri untuk mengembangkan sumber daya seni di Kecamatan Selemadeg Barat, khususnya di Desa pendiri yaitu Desa Lalanglinggah. Pada saat itu, peminat seni tabuh di lingkungan pendiri lumayan banyak, serta diimbangi dengan minat yang cukup besar untuk mempelajari seni khususnya gamelan Bali.

Setelah berdiri dan beroperasi selama beberapa tahun, Sanggar Seni Shanti Werdhi Gita telah melalui beberapa tahap kemajuan. Walaupun pada awalnya hanya meminjam gamelan, namun pada tahun pertama Sanggar Seni Shanti Werdhi Gita telah mengisi beberapa event di tingkat Desa. Dilanjutkan pada tahun kedua sanggar ini menciptakan karya baru dalam tingkat Kecamatan dan mengisi acara di tingkat Kabupaten. Tahun ketiga sanggar ini telah mampu mengisi event Pesta Kesenian Bali. Pada tahun keempat, sanggar telah memiliki seperangkat gamelan Semarandana dan mulai mengadakan pelatihan seni tabuh dan tari bagi anak-anak yang terus dilaksanakan hingga saat ini.

Sanggar Seni Shanti Werdhi Gita yang merupakan wadah untuk berkreatifitas dan menuangkan inovasi dalam bidang seni dan budaya, telah menciptakan beberapa buah karya baik dalam seni tari dan tabuh. Beberapa diantaranya ialah, Tabuh Baleganjur Segara Giri, Tabuh Telu Windu Amertadi, Iringan Tari Legong Aswinisutha, Tari Kreasi Subak Selbar Serasi, dan beberapa karya lainnya.

Proyeksi ke depan

Melestarikan seni dan budaya Bali secara menyeluruh pada semua bidang. Saat ini sanggar kami terfokus pada seni tabuh (musik tradisional Bali) dan tari tradisional Bali. Tapi kedepannya kami berharap mampu menggali seni budaya Bali di bidang lainnya, seperti seni rupa murni atau terapan, dan seni pertunjukan lainnya seperti seni pedalangan, maupun drama klasik dan modern. Kami juga berupaya menggali regerasi yang kreatif dan inovatif sebagai pembangunan berkelanjutan dalam berkesenian. Sanggar Shanthi Werdhi Gita memiliki harapan mampu memperkaya seni dan budaya bali melalui pengembangan trobosan baru baik nuansa baru, teknik baru, metode pembelajaran yang baru, serta inovasi dalam kreatifitas penciptaan karya baru.

Keunggulan kompetitif

Sanggar Shanti Werdhi Gita berdiri dengan anggota yang sebagian besar memiliki latar belakang seni secara akademis. Mulai dari lulusan institusi seni ternama di Bali, menempuh pendidikan Strata jurusan seni, dan sekolah kejuruan seni ternama di Bali. Sebagian besar anggota sanggar, telah mengikuti beberapa kompetisi yang cukup bergengsi di Bali

Sanggar Seni Shanti Werdhi Gita juga telah memiliki beberapa karya original yang telah ditampilkan di beberapa event. Adapun event tersebut mulai dari tingkat Kecamatan hingga Provinsi.