PERKEMBANGAN DAN JENIS-JENIS MUSIK TRADISIONAL NUSANTARA

images 

Musik Tradisional Nusantara adalah jenis musik daerah atau hasil pemikiran dan budaya daerah yang telah dikenal di seluruh Indonesia serta menjadi ciri bangsa Indonesia di manca Negara seperti contohnya : Angklung , jenis musik yang memiliki karakteristik dan telah dikenal di seluruh wilayah Indonesia dan juga di Negara Asia Eropa . musik tradisional nusantara berkembang berbagai bentuk dan latar belakang sejarah yang sangat beragam . ada tiga kelompok kesenian yang berkembang di masyarakat sampai sekarang yakni seperti : kesenian Nasional , kesenian Tradisional , dan kesenian nontradisional .

Kesenian Nasional adalah jenis kesenian yang secara umum menggunakan bahasa Indonesia , iringanya menggunakan alat-alat musik diatonis serta dapat dipahami oleh semua lapisan masyarakat , salah satu musik tradisional nusantara yang masuk kedalam musik adalah music keroncong .

Kesenian Tradisional adalah jenis kesenian yang tumbuh dan berasal dari suatu daerah tertentu dan berkembang sesuai dengan kondisi daerah tersebut , yang memiliki pakem , bersifat kolektif , tidak dikenal penciptanya dan dilandasi oleh nilai-nilai yang berkembang di daerah tersebut seperti contohnya tembang sunda cianjuran di cianjur , uyeg di sukabumi dan sebagainya .

Kesenian Nontradisional adalah jenis kesenian yang bukan asli daerah setempat yang merupakan campuran antara seni tradisional dengan kesenian dari luar , namun berkembang dengan baik dan bisa diterima pada daerah tertentu oleh masyarakatnya , seperti bentuk music campur sari dijawa tengah dan di jawa timur , jaipongan disunda dan lain sebagainya .

Karakteristik Musik Keroncong .

Musik Keroncong adalah musik khas tradisional Indonesia , yang merupakan warisan berharga dari seniman-seniman terdahulu , jenis musik ini menempati kedudukan tersendiri dalam percaturan musik di tanah air Indonesia . di samping jenis musik hiburan ,music klasik seriosa , dan music jazz . alat yang di gunakan dalam sebuah orkes keroncong , terdiri dari gitar pengiring , melodi gitar , ulele , cello , bass , seruling dan biola . lagu keroncong menggunakan bentuk pola lagu yakni : A-A-B-A , secara musical music keroncong memiliki irama yang mengalir dengan beat yang khas oleh bunyi-bunyi peralatan ukelele dan cello .

Bentuk lagu pada keroncong asli memiliki pola dan ketukan khusus yang tidak boleh dilanggar misalnya ada bentuk stambul l dan stambul 2 .

  • Bentuk musik keroncong yakni : keroncong asli , keroncong stambul dan keroncong langgam .

–          Contoh keroncong asli : keroncong Morisku .

–          Contoh keroncong stambul 2 : Masuk kampong .

–          Contoh langgam : Bengawan solo .

Pahlawan merdeka ciptaan ismail marzuki

Rangkaian Melati ciptaan Arimah .

Keroncong asli .

Lagu keroncong asli memiliki sifat tersendiri yakni unsure melodi dan syairnya sering bersifat improvisasi yang dilakukan pada jenis music keroncong asli ini menyebabkan keroncong asli agak sulit di nikmati dan di pelajari oleh masyarakat awam , sehingga bentuk ini kurang mendapatkan tempat di masyarakat luas dan terbatas pada para penikmat music keroncong asli saja . salah satu lagu dalam bentuk asli adalah” Keroncong Moristku” .

Stambul 2 asli .

Stambul asli 2 cara membawanya sama seperti pada music keroncong asli tetapi lebih halus dan lembut , penuh prasaan , sedih atau mengharukan . jadi untuk membawakan lagu jenis stambul 2 tidak diperkenakan dalam nuansa ceria , gembira dan lincah . contoh lagu stambul 2adalah : Dewa dewi , stambul 2 masuk kampong , keluar kampong yang nama penciptanya tidak dikenal .

Langgam Keroncong .

Langgam keroncong merupakan bentuk alternativ dari jenis music keroncong asli dan stambul 2 . gayanya mengacu pada jenis music hiburan . alat musik yang di gunakan sama seperti alat musik yang digunakan pada keroncong asli . Contoh lagu langgam keroncong diantaranya adalah bengawan solo ciptaan Ismail Marzuki , Rangkaian melati ciptaan Arimah .

Jenis-jenis Musik tradisional nusantara

  • Musik gong luang .

Musik Tradisional ini berasal dari daerah provinsi Bali . seperangkat yang sifatnya sacral yang umumnya dipergunakan untuk mengiringi upacara kematian (ngaben) gong luang terdiri dua kata yakni kata Gong dan Luang . kata gong berarti mengcu pada nama itu sendiri Gong , dan kata Luang berarti ruang atau rong yang mempunyai arti ruang atau bidang untuk menyebutkan nama bidang atau motif ruang-ruang kosong yang akan diberi motif-motif ukiran hiasan dan motif lainya .

  • Musik Gambang Kromong .

Musik Gambang Keronong merupakan musik tradisi terapan yang sudah beradaptasi dengan lingkunganya , karena music ini cikal-bakalnya berasal dari music etnis cina , dan kini sebagaian besar pelakunya seniman betawi dari etnis non cina . adapun fungsi music ini sebagai lagu instrumentalia .

  • Musik Santi Swara dan Laras Madya .

Musik ini adalah salah satu musik tradisional di daerah jawa tengah yang sampai sekarang masih hidup khususnya di daerah pinggiran . musik ini membawakan lagu Slawatan (lagu pujian yang bernafaskan islam) dengan bentuk lagu nada yang bernada selendro dan pelog yang digarap dengan memasukan unsur karawitan , yang lazim dinamakan Santi Swara . laras madya adalah bentuk music yang mempunyai kemiripan dengan santi swara , laras madya bentuknya seperti koor tetembangan yang instrument pengiringnya berupa tembang (pokok), ditambah kendang , kemanak dan bogem .

 

 

 

  • Musik Karang Dodou .

Musik Karang dodou adalah musik tradisional khas daerah tanah siang , wilayah barito utara , Kalimantan tengah , music ini merupakan jenis music ritual yang dapat disaksikan pada saat upacara adat tertentu , misalnya acara memandikan bayi atau memberikan nama anak bayi (upacara noka pati) , mengobati orang sakit keras sehingga rohnya perlu dipelihara atau disimpan , upacara tersebut diberi nama upacara “Nambang Morua” .

  • Musik Tabuh Salimpah

Musik ini merupakan musik tradisional daerah lampung yang hingga saat ini masih hidup dan berkembang di daerah masyarakat pendukungnya . tabuh salimpah ini menggunakan alat musik petik . di dalam penampilanya instrument yang paling menonjol adalah instrument kerenceng dan gambus lunik dan instrument yang lain menjadi pelengkap . fungsi music ini di gunakan sebagai upacara adat , juga sebagai alat komunikasi diantara kaum remaja dalam bentuk lagu yang disebut sesimbatan atau pantun bersahutan , serta dapat sebagai iringan tari .

  • Musik Tradisi Krombi .

Musik krombi ini berasal dari pantai irian jaya , berasal dari Nai krombi , yang artinya memetik atau memainkan , alat musik krombi terbuat dari bambu , di mainkan terpadu dengan alat music tradisional diantaranya piko , nailavos , fu akuika , karapra dan tifa , musik ini berfungsi sebagai hiburan , upacara adat maupun upacara keagamaan .

  • Musik Senandung Jolo .

Musik senandung jolo merupakan salah satu musik tradisional yang ada di provinsi jambi , terutama yang ada di kecamatan muara sabak , kabupaten jabung timur . music ini biasanya diadakan pada saat orang turun ke sawah yang sering disebut sebagai Manunggal Padi . pada saat itu para pemuda pemudi mengungkapkan isi hatinya dengan cara mengucapkan pantun secara bergantian dengan diiringi alat musik kulintang kayu , biola , dua gendang serta gong .

Sumber : Buku Seni Budaya ,

Kordinator : Dra .Ni Nyoman Suci , M.pd

Tim Penyusun : Ni Luh Armini , S.pd ,

Ni Made Suarni , S.pd ,

Ni Made Wardani S.st , S.pd , M.pd ,

Ni Kadek Aryawati S.pd , M.pd ,

I.G.A Sekarini , S.pd ,

Penerbit : UD. Catur Wangsa Mandiri .

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

*
*