Cara Menemukan Fitur Android 10 Terbaikdi Ponsel Lama

This post was written by gayatrisaridewi on September 2, 2020
Posted Under: Tak Berkategori

Cara Menemukan Fitur Android 10 Terbaikdi Ponsel Lama – Google secara resmi telah merilis versi terbaru dari sistem operasi selulernya, yang dikenal sebagai Android 10. Sayangnya, di luar beberapa handset yang langka, mungkin perlu berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk mendapatkan pembaruan. Jika Anda salah satu dari massa yang tidak beruntung, ada cara untuk mendapatkan fitur yang mirip dengan yang ada di Android 10.

Alasan penundaan ini adalah produsen harus mengerjakan pembaruan untuk setiap model ponsel sebelum mereka meluncurkan kepada pengguna akhir. Google mencoba mengatasi masalah ini dengan menambahkan fitur ke aplikasinya atau mendorong pembaruan melalui Layanan Google Play , alih-alih sistem operasi. Namun, itu masih menyisakan beberapa fitur android di luar jangkauan untuk waktu yang lama.

Android 10 hadir dengan mode gelap di seluruh sistem, navigasi gerakan, izin lokasi, Mode Fokus untuk mengurangi gangguan, dan banyak lagi. Banyak dari fitur ini yang dapat direplikasi dengan aplikasi pihak ketiga, atau bahkan dengan menyesuaikan pengaturan Anda. Berikut adalah rilis terbaru yang ditambahkan ke Android, dan cara mendapatkan fitur-fitur ini di ponsel mana pun.

Hapus Gangguan Dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Salah satu fitur baru Android 10 yang paling praktis adalah Mode Fokus yang memungkinkan Anda memblokir aplikasi yang mengganggu saat Anda perlu fokus. Anda tidak akan dapat lagi membuka aplikasi ini, dan telepon tidak akan menerima pemberitahuan dari mereka. Ikon aplikasi berwarna abu-abu dan jika Anda mencoba meluncurkannya, telepon akan mengingatkan Anda bahwa aplikasi ini dijeda.

Anda bisa mendapatkan efek serupa dengan aplikasi seperti FocusMe dan Freedom, keduanya memungkinkan Anda mengatur daftar blokir khusus aplikasi dan situs web. Sehingga Anda dapat memotong akses saat Anda perlu fokus. Jadwalkan blok waktu sepanjang hari untuk menghilangkan gangguan secara otomatis, dan dapatkan pengingat untuk istirahat.

Bagaimana Cara Menemukan Fitur Andorid 10?

Jika bekerja dalam kelipatan 25 menit membantu Anda, FocusMe menyertakan pengatur waktu Pomodoro bawaan yang juga berfungsi di Mac dan PC, sehingga Anda dapat memblokir gangguan di mana saja. Satu-satunya kerugian di sini adalah biaya. Namun, salah satu opsi tersebut adalah harga yang lumayan mahal untuk sesuatu yang Google berikan secara gratis. Karena keduanya bekerja lebih dari sekadar Android, biayanya mungkin sepadan bagi Anda, tetapi jika Anda tidak ingin mengeluarkan uang sama sekali, Anda mungkin harus menunggu Android 10.

Coba Navigasi Isyarat Dengan Aplikasi Gratis

Selama bertahun-tahun, Android telah menggunakan kumpulan tombol navigasi di bagian bawah layar. Dengan Android 10, Google mengeluarkan halaman dari buku iPhone dan menerapkan navigasi gerakan. Sekarang, Anda dapat menggesek dari samping untuk kembali, atau menggesek dari bawah untuk membuka laci aplikasi Anda. Namun, Anda tidak perlu memutakhirkan sistem operasi Anda untuk mencoba gerakan ini.

Komunitas modding perangkat lunak XDA membuat aplikasi bernama Navigation Gestures yang menambahkan bentuk navigasi gerakan yang serupa menggunakan bilah di sepanjang bagian bawah layar. Gerakan aplikasi ini hanya berfungsi di bilah itu, yang membuatnya lebih terbatas dibandingkan dengan Google, yang didukung di mana saja di layar.

Namun, gestur versi XDA jauh lebih sesuai, supaya Anda dapat mengetuk dua kali, atau menekan lama bilah bawah untuk melakukan hal-hal seperti meluncurkan Asisten Google. Anda dapat menggesek bilah untuk kembali, membuka aplikasi terbaru, atau bahkan meluncurkan bayangan pemberitahuan Anda. Setiap gerakan dapat disesuaikan dengan keinginan Anda meskipun beberapa dikunci di belakang add-on Premium.

Apakah Anda Sudah Tahu Fitur Android 10?

Sesuai dengan tema DIY komunitas di belakangnya, Anda harus menghubungkan ponsel Anda ke komputer dan menjalankan perintah konsol untuk menyembunyikan bilah navigasi lama Anda, tetapi bahkan jika Anda tidak siap untuk tantangan itu, Anda masih dapat mencoba keluarkan gerakan untuk melihat bagaimana Anda menyukainya tanpa penyiapan yang rumit.

Aktifkan Mode Gelap Jika Tersedia

Di Android 10, Anda dapat mengetuk satu tombol di pengaturan ponsel untuk mengaktifkan tema gelap untuk ponsel Anda, sehingga Anda tidak lagi terpesona dengan cahaya terang setiap kali memeriksa ponsel. Ini juga akan mengaktifkan tema ini untuk aplikasi Google tertentu yang didukung seperti Kalender dan Foto.

Untungnya untuk semua orang yang tidak menggunakan Android 10, tema mode gelap meluas ke Facebook Messenger, Slack, Twitter, dan banyak aplikasi pihak ketiga lainnya . Ada juga aplikasi tema gelap yang dapat Anda unduh, tetapi kualitasnya mungkin sekali lagi bervariasi.

Pada beberapa versi Android yang lebih lama, Anda juga dapat memaksa tema gelap dengan mengubah wallpaper Anda menjadi sesuatu yang lebih gelap . Fitur ini dapat bekerja secara berbeda tergantung pada perusahaan mana yang membuat ponsel Anda, tetapi ada baiknya untuk mencobanya.

Mengapa Fitur Android 10 Masih Belum Banyak yang Tahu?

Sayangnya, tidak banyak lagi yang dapat dilakukan tentang tampilan hal-hal tingkat sistem seperti pengaturan atau pemberitahuan tanpa solusi root yang rumit , tetapi Anda tetap menghabiskan sebagian besar waktu Anda di aplikasi, jadi ini akan membantu Anda sebagian besar jalan ke sana.

Telepon yang Dapat Anda Beli untuk Mendapatkan Pembaruan Lebih Cepat
Jika terlalu banyak hambatan menggunakan solusi untuk mendapatkan fitur terbaru, ada beberapa ponsel yang dapat Anda beli yang mungkin mendapatkan pembaruan lebih cepat. Yang utama di antara mereka adalah ponsel Pixel Google sendiri dan beberapa lainnya, yang telah menerima pembaruan ke Android 10.

Selain itu, beberapa ponsel disertakan dalam program beta Android 10 awal, termasuk Huawei Mate 20, OnePlus 7 Pro, dan Asus Zenfone 5Z. Meskipun hal ini tidak menjamin pembaruan di masa mendatang, perangkat ini kemungkinan besar akan segera mendapatkan Android 10.

Terkait ponsel Pixel, Google menjamin setidaknya tiga tahun pembaruan dengan Pixel 4 akan dirilis pada bulan Oktober. Jika Anda sedang mencari ponsel baru, ini mungkin cara terbaik untuk mendapatkan Android 10 dan beberapa rilis mendatang.

Comments are closed.