Archive for Januari, 2013

Biografi Seniman

Jumat, Januari 25th, 2013

 

“I Wayan Darmawan

Salah satu seniman yang ada di daerah tempat tinggal saya bernama I wayan Darmawan. Beliau lahir di Denpasar, pada tanggal 1 Januari 1968. Alamat beliau di Jalan Hayam Wuruk Gang IV No.1, Banjar Kelandis, Desa Sumerta Kauh. Seniman Alam asli Banjar Kelandis ini pernah mengenyam pendidikan di SD 6 Sumerta yang beralamat di Jalan Hayam Wuruk pada tahun 1972, SMP PGRI 3 pada tahun 1978 yang beralamat di Jalan Jepun , dan pendidikan beliau terakhir di SMA 1 Denpasar pada tahun 1981. Beliau memilih sekolah di SMA 1 Denpasar  karena selain beliau mendapat pengetahuan tentang seni, beliau juga ingin menambah ilmu pengetahuan umum.

Dan setelah beliau lulus dari SMA1Denpasar beliau banyak melakukan kegiatan kesenian antara lain bermain instrument kendang,  sejak tahun 1976  sampai sekarang, beliau masih aktif, instrument – instrument Kendang yang beliau masih bisa mainkan hingga sekarang adalah : kendang Cedugan lanang wadon, kendang Pelegongan, kendang Pengarjan dan kendang Angklung. Beliau biasa bermain instrument – instrument kendang  karena pada waktu duduk di sekolah dasar (SD) beliau meluangkan waktunya untuk kegiatan megambel dan ngayah di pura – pura, dari hobi tersebut beliau terinspirasi dan mencari tahu atau berguru lagi kepada seniman – seniman yang sudah lebih mahir bermain kendang, contoh beliau bagaimana cara mengembangkan pukulan atau pupuh – pupuh kendang.

Di samping beliau belajar dengan seniman – seniman alam yang lebih tua atau mahir dari Nya, kemudian beliau banyak belajar dari pengalaman –  pengalaman dari lingkungan sekitar yang akhirnya beliau pun bisa bermain kendang hingga sekarang. Selain sebagai pemain kendang beliau juga biasa bermain Rindik, Suling, dan Rebab. Meskipun beliau sunguh mahir bermain kendang beliau juga menyempatkan diri mengajar megambel pada anak – anak di banjarnya sendiri atau lebih tepatnya di Banjar Kelandis, sekitar tahun 1978 sampai sekarang. Seniman Kendang ini menikah pada umur 22 tahun, tepatnya menikah pada tanggal 24 april 1995 dan telah di karuniai 2 orang anak laki – laki yang bernama IWayan Eka Darma Putra dan I Made Dwi Darma Budiawan

Seniman dengan nama panggilan Yan Nik ini selain sebagai pemain kendang, beliau juga pernah bekerja sebagai guru privat kendang di rumahnya. Ketika beliau sudah semakin terkenal, bnyak anak – anak dan remaja berguru di  rumah beliau.

Pengalaman mengajar  beliau tidak hanya itu saja namun masih banyak lagi yaitu beliau pernah mengajar megambel pada anak – anak dan ibu – ibu PKK di Banjar Kelandis untuk Parade Gong Kebyar dalam rangka Parade Gong Kebyar Se-Kota Denpasar di Puputan. Selain beliau mengajar anak – anak dan ibu – ibu PKK beliau juga mengikuti kegiatan ngayah- ngayah di pura atau di banjar tersebut.

Dari pengalaman – pengalaman tersebut, beliau juga sempat membuka privat yaitu mengajar memainkan Suling, Rebab, Gangsa, dan Kendang. Seniman asli Banjar Kelandis ini sempat megambel hingga keluar pulau Bali yaitu ke Solo pada saat acara pertukaran budaya dan beliau juga sempat mengajar megambel di Surakarta dan  ngayah di pura – pura yang terdapat di Surakarta selama 6 bulan.

Pekerjaan saat ini yang masih terus digeluti oleh seniman yang bernama I Wayan Darmawan yaitu sebagai guru privat Kendang.