TARI TIGA TOPENG BETAWI

Kesenian di Indonesia beragam dan sangat berbeda satu dengan yang lainnya. Baik itu dari jenis tarian ataupun musik pengiringnya. Salah satu kesenian yang tampil sebagai tamu kehormatan yang ikut meramaikan Pesta Kesenian Bali tahun 2010 di Bali adalah tim kesenian Batawi.

Kesenian Betawi sebagaimana diketahui adalah seni tradisi yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri. Penampilan yang berdurasi kurang lebih 1 jam dengan berbagai jenis tari memberikan kesan tersendiri bagi penonton karena sangat berbeda dengan tarian yang sering kita lihat di Bali.

Tarian Tiga Topeng yang dibawakan  penari dengan lincah, satu penari dalam kisah tersebut memainkan tiga karakter yang diwakili topeng yang digunakannya. Pertama sang penari melakonkan peran/karakter topeng dengan wajah keras, dan musik pengiring disesuaikan suasananya dengan karakter sang penari, selanjutnya berganti topeng yang ayu, menampilkan kelembutan sosok pemeran dan musik pengiring pun menyesuaikan, terakhir merupakan perpaduan atau kombinasi keduanya ditampilkan dengan lincah dan energik, dan kesan yang ditimbulkan adalah memiliki sifat terbuka serta menunjukkan identitas budaya Betawi secara umum.  Musik pengiring dari gamelan Jawa secara fisik organologinya hampir sama dengan gamelan Bali, hanya berbeda pada jenis, bentuk, ukuran dan warna suara gamelannya. Suara yang bersumber dari musik pengiring dalam pertunjukan itu mewakili nafas Betawi yang dinamiknya diolah, serta diikat dalam satu kesatuan dengan harmonis.hal tersebut sesungguhnya cermin estetik dari budaya Jawa Betawi dimana melibatkan emosi dan pengalaman estetik dan budaya yang melatar belakanginya.

BANJAR KERTHA PASCIMA DESA ADAT TANJUNG BENOA KECAMATAN KUTA SELATAN KABUPATEN BADUNG

Tanjung Benoa merupakan salah satu bagian dari Kabupaten yang terdapat di Pulau Dewata Bali.Kabupaten Badung dibagi menjadi beberapa Kecamatan,Desa dan yang lebih mengkhusus lagi adalah Banjar/Dusun.Lebih jelasnya saya akan tuliskan kedalam sebuah bagan seperti berikut :

Kecamatan Kuta Selatan

    Desa Tanjung Benoa

    Desa Bualu

    Desa Pecatu

Dari Desa-desa tersebut diatas dapat dibagi lagi menjadi beberapa banjar,seperti misalnya bisa diambil contoh di Desa Tanjung Benoa yaitu terbagi menjadi :

    Banjar Kertha Pascima

    Banjar Anyar

    Banjar Tengah

    Banjar Purwa Santhi

Pada kesempatan ini saya akan membahas hal yang khusus mengenai Banjar Kertha Pascima.Banjar Kertha Pascima adalah salah satu dari beberapa banjar yang terdapat di Desa Tanjung Benoa,Kec.Kuta Selatan Kab.Badung.Dengan kata lain Banjar Kertha Pascima berarti organisasi yang terdiri dari sekumpulan orang dari latar belakang yang berbeda namun tetap tergabung menjadi satu kesatuan.

Bangunan Banjar Bungkulan ( balai banjar ) berdiri kokoh diatas tanah seluas 60 meter persegi atau 6 are yang posisi bangunannya menghadap ke timur.Yang namanya banjar di Bali sudah tentu memiliki struktur organisasi yang jelas seperti :

Bendesa Adat Desa Pekraman Bendahara

Kelihan Adat Kesinom

Sekertaris Warga banjar

Susunan kepengurusan di Banjar Kertha Pascima adalah sebagai berikut :

Bendesa Adat : I Nyoman Wana Putra

Kelihan Adat : I Made Ganta

Sekertaris : I Made Rudita

Bendahara : I Putu Saputra

Kesinoman : I Ketut Geram, I Wayan Sudarta

Yang tak kalah penting lagi adalah sekaa,di banjar ini juga terdapat sekaa seperti :

Sekaa Truna ( ST Yowana Pascima )

Sekaa Gong Kebyar

Sekaa Santhi

Sekaa Kecak

Kegiatan masyarakat Tanjung Benoa sebagian besar bergerak dan beraktivitas di alur pariwisata, mengingat kawasan ini adalah kawasan wisata yang penuh dengan hotel,restauran dan komplek sifatnya. Selain itu masih pula ada mata pencaharian tradisional sebagai nelayan.

Pendapatan perkapita penduduk di Tanjung Benoa sangat tergantung pada kondisi prosentase dan kedatangan wisatawan ke Bali, khususnya ke Tanjung Benoa, mengingat mata pencaharian penduduk secara umum bergerak di parwisata

Selain kehidupan wisata di Tanjung Benoa secara berkesinambungan pola kegiatan desa adat dan ritual berjalan dengan baik. Ada beberapa pura yang ada di Tanjung Benoa :

Pura Desa

Pura Dalam Kayhangan dan Prajapati

Pura Dalam Tanjung dan Pura Taman

Pura Segara

Halo dunia!

Selamat Datang di Blog Institut Seni Indonesia Denpasar. Ini adalah post pertama anda. Edit atau hapus, kemudian mulailah blogging!