dangsil

This post was written by dwipadiartama on April 27, 2019
Posted Under: Tak Berkategori

            Karya Panca Wali Krama di Pura Kehen Bangli, bertujuan untuk mendoakan alam beserta isinya agar diberikan keselamatan serta dijauhkan dari segala bentuk bencana. Dikatakannya bahwa karya Panca Wali Krama dan Pangusabaan Ida Betara  turun Kabeh yang baru pertama kali dilaksanakan di Pura Kehen, dengan mengambil tingkatan utamaning utama.

            Rangkaian upacara Panca Wali Krama yang dilaksanakan kemarin diawali dengan Ida Sulinggih mapuja, dilanjutkan dengan ngadegang Sanggar Tawang, mecaru, dan persembahyangan bersama. Saat prosesi berlangsung, juga dipentaskan tarian sakral seperti baris gede, rejang dewa, tari topeng, pendet, dan rejang renteng.

            Sebagaimana yang diketahui, rangkaian Karya Panca Wali Krama lan Pangusabaan Ida Betara Turun Kabeh di Pura Kehen diawali dengan prosesi melasti di segara watu klotok pada sukra pahing shinta, dan mepepada Agung dan mendak dangsil pada redite wage landep.

            Dangsil merupakan bebanten yang dirangkai sedemikian rupa dilengkapi dengan dedaunan, berbagai jenis jajanan tradisional Bali serta beberapa sesajen yang dibuat bertingkat seperti meru (gunung).

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address

Next Post: