Masegeh Agung

This post was written by dwipadiartama on April 27, 2019
Posted Under: Tak Berkategori

Bali terkenal sebagai pulau surga karena begitu banyak bangunan suci dan juga tradisi-tradisi yang ada di Bali. Banyaknya tradisi-tradisi yang terdapat di Bali menjadikan Bali terkenal di Indonesia dan juga sampai keluar Negeri. Melasti adalah salah satu tradisi yang terdapat di Bali yang berfungsi untuk penyucian diri untuk menyambut hari raya Nyepi oleh seluruh umat Hindu di Bali, upacara melasti digelar untuk menghanyutkan kotoran alam menggunakan air kehidupan dengan nunas atau mengambil tirtha dari laut.

Tetapi kali ini saya memperlihatkan video pada saat Masegeh Agung yaitu ritual yang dilaksanakan setelah selesai melaksanakan prosesi melasti yang ada di daerah Bangli. Di daerah Bangli Melasti dilaksanakan pada saat ada Pujawali atau Odalan di Pura-pura maupun di Merajan Ageng/Gede. Prosesi ini dilaksanakan biasanya sehari sebelum Pujawali Tersebut dilaksanakan. Seluruh Upakara Pura seperti Lelontek, Canang Sari dan berbagai sarana upacara di tedunkan atau di arak ke tempat pemelastian, serta juga Menedunkan seluruh Pratima, arca-arca dan Juga Pelawatan sungsungan yang ada di Pura tersebut. Dan tempat pemelastian disebut Beji yaitu sumber mata air atau di Bali disebut Kebutan. Air yang keluar dari dalam bumi yang disucikan oleh masyarakat, juga bisanya digunakan untuk tempat melukat, hanya saja tempatnya berbeda.

Setelah sampai ditempat pemelastian pemimpin agama atau disebut pemangku akan melaksanakan puja mantra guna memohon air yang akan digunakan untuk membersihkan pratima, arca, dan sebagainya. Lalu pemangku membersihkan dengan air suci yang didapat dari sumber mata air tersebut. Pemuspaan yg dilaksanakan oleh seluruh masyarakat yang ikut menjadi akhir dari ritual Pemelastian, dan seluruh upakara di arak kembali menuju Pura.

Masegeh Agung, dilaksanakan di Jaba Pura yaitu berfungsi untuk membersihkan segala kotoran alam agar seluruh sungsungan dan juga masyarakat menjadi bersih dan juga mengahrmoniskan isi alam dan dunia ini. Di dalam video ini yaitu bertempat di Pura Hyang Tegal Dalem Lagaan, Bangli. Terlihat sesorang yang mendapat wahyu yang dalam keadaan trance menyolahkan sesuhunan atau menarikan pelawatan Barong. Akhir dari ritual segeh agung yaitu nyembleh ayam hitam. Setelah itu seluruh arca pralingga Ida Sesuhunan di Linggihkan Atau di letakkan di tempat yang sudah tersedia di areal Utama Mandala.

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address

Previose Post: