Musik Indonesia

Studi tentang musik Indonesia secara mendalam dan secara sistematis mulai dilakukan oleh orang-orang barat, dengan catatan orang-orang indonesia sendiri sudah beberapa yang menulis tentang  musiknya sesuai dengan pandangan orang Indonesia sendiri. Jadi orang orang indonesia tidak memandang musik Indonesia sebagai objek, tetapi sebagai harta budaya milik bangsa sendiri, maka tulisan tersebut selalu tampak mengikuti penghayatan sebagai putra bangsa yang memiliki rasa estetik secara naluri.

Gender Wayang contoh gamelan kelas idiofon. (Sumber gambar: Koleksi pribadi Divo Sentana) 

Di Indonesia kita mengenal musik tradisi dan musik non tradisi. Musik Tradisi adalah semua bentuk musik yang lahir dan berkembang di Indonesia. Dan memiliki kurun waktu yang cukup panjang, sehingga dilihat dari naluri, musik tersebut dipandang dan diterima sebagai musik bangsanya sendiri. Indonesia kaya akan musik tradisi, diantara mereka ada yang bergaya klasik, seperti yang kini masih dilestarikan oleh beberapa kalangan masyarakat, baik itu masyarakat bangsawan maupun masyarakat dengan kasta biasa. Kecuali itu ada musik pop yang didasarkan dari musik tradisi. Adapun musik non tradisi adalah musik yang secara historis berasal dari mancanegara terutama musik barat, baik itu berupa musik klasik, jazz, blues, pop dan lainya. Dengan menggunakan tangganada diatonis.

Di dalam dunia musik kita mengenal klarifikasi alat musik mulai dari cordofon, membranofon, aerofon, idiofon, dan pada abad ke 20 ini kita mengenal klarifikasi baru untuk instrumen yang sumber bunyinya berkaitan dengan listrik  yaitu electrofon. Di ruang lingkup musik Indonesia, yang paling menonjol adalah kelas idhiopon mulai dari satu instrumen sampai yang paling kompleks sekalipun.

Seperti cuplikan video dibawah ini. ini adalah salah satu jenis instrumen yang tergolong ke dalam kelas idiophon

Kelompok Idiofon yang paling terebolari disebut gamelan. Ensambel ini terdapat di Bali, Jawa ( dari wilayah Yogyakarta, Jawa Tengah), Jawa Timur, Sunda(Jawa Barat), Lombok, Kalimantan Selatan(Banjar), dan Sumatra Selatan(Palembang). Gamelan Bali, Jawa, Sunda yang sering mewakili dan dianggap sebagai musik Indonesia di mata Dunia.

Sumber :

Hendarto,Sri”Organologi dan Akustika II”,Yogyakarta:Lubuh Agung,2010

Hastanto,Sri,”Organologi”,Diklat Kuliah Umum Jurusan Etnomusikologi ISI Yogyakarta,1998